28 Okt 2016

Membandingkan Rencana Pemasaran, Perencanaan Strategis, dan Rencana Bisnis

Membandingkan Rencana Pemasaran, Perencanaan Strategis, dan Rencana Bisnis

Sebuah rencana pemasaran adalah dokumen tertulis yang merinci tindakan yang diperlukan untuk mencapai satu atau lebih ditentukan tujuan untuk menjual produk atau layanan, merek, lini produk, atau suatu korporasi secara keseluruhan. rencana pemasaran dapat berkisar dari satu sampai lima tahun panjangnya.
Pemasaran Rencana, Perencanaan Strategis, dan Rencana Bisnis

Orang kadang-kadang membingungkan rencana pemasaran dengan perencanaan strategis karena keduanya begitu erat terjalin.

Rencana Pemasaran, Perencanaan Strategis, dan Rencana Bisnis

Ada contoh ketika proses perencanaan pemasaran organisasi berasal dari strategi bisnis secara keseluruhan. Jadi, ketika manajemen puncak merancang arah strategis perusahaan atau misi, kegiatan pemasaran yang diusulkan dimasukkan ke dalam strategi. Di lain waktu, rencana pemasaran dibuat yang mendorong perencanaan strategis perusahaan.

Artikel terkait: Unsur-Unsur Rencana Pemasaran Dan Hubungan Mereka Dengan Operasi Perusahaan

Hal ini penting untuk menyadari, meskipun, bahwa perencanaan strategis dan rencana pemasaran adalah dua hal yang berbeda.

Mungkin cara termudah untuk mengingat perbedaan antara perencanaan strategis dan rencana pemasaran adalah untuk mempertimbangkan titik awal mereka. perencanaan strategis mendefinisikan strategi perusahaan atau arah, dan keputusan bagaimana mengalokasikan sumber daya penting untuk mengejar strategi. Perhatikan bahwa strategi belum sudah ditentukan.


Sebuah rencana pemasaran mengimplementasikan tujuan dan rencana tindakan yang telah diidentifikasi dan dimasukkan ke dalam tulisan.

Bagaimana dengan pemasaran dan rencana bisnis?

Sebuah rencana pemasaran dapat menjadi bagian dari rencana bisnis secara keseluruhan. Sebuah rencana bisnis adalah berbasis luas dan menggabungkan fungsi berbagai departemen dalam suatu organisasi, termasuk IT, keuangan, operasi, sumber daya manusia dan pemasaran. Meskipun digariskan dalam rencana pemasaran, departemen ini tidak fokus dan hanya disebutkan dalam hal bagaimana mereka akan membantu mencapai tujuan pemasaran ditetapkan.

Apa yang Membuat Rencana Pemasaran Efektif

Rencana pemasaran yang efektif menyampaikan strategi bisnis yang sehat yang ditujukan untuk khalayak yang besar dan beragam. Rencana harus:

  • Jelas - menyatakan apa yang harus dilakukan dalam hal ambigu.
  • Diukur - memprediksi hasil dari setiap kegiatan sehingga itu sebagai diukur mungkin dan kinerjanya dapat dipantau.
  • Terfokus - menghindari dan realistis mengendalikan proliferasi kegiatan, di luar angka.
  • Realistis - menawarkan tujuan dan sasaran dicapai.
  • Setuju - memiliki konsensus dan komitmen dari orang-orang yang bertugas pelaksanaan dan kesepakatan mereka bahwa tujuan rencana ini dapat dicapai. Rencananya adalah dokumen kerja yang memandu kampanye pemasaran untuk jangka ditunjuk waktu dan seluruh organisasi. Dengan mempertanyakan dan memantau semua pengecualian rencana itu, organisasi menangkap informasi berharga yang dapat dimasukkan ke dalam rencana pemasaran mendatang.
  • Ditindaklanjuti - tujuan jelas dan kursus diuraikan tindakan.
  • Ringkas -clearly mengungkapkan tujuan dan rencana yang diperlukan untuk mencapai mereka, mengurangi kekacauan informasi pembaca mungkin sudah menghadapi.
Kunci Rencana Baik

Banyak individu yang berbeda dari disiplin ilmu bisnis yang berbeda berkontribusi untuk penulisan rencana pemasaran untuk memastikan gaya yang konsisten dan suara versi final biasanya ditulis oleh satu orang. Fungsi ini dapat dari outsourcing atau dieksekusi oleh seorang karyawan dari bisnis. Tim ini terdiri dari:
  • Seseorang yang bertanggung jawab atas upaya pemasaran - seorang manajer produk, manajer merek, atau manajer produk-line.
  • Anggota manajemen - dari berbagai departemen dalam organisasi seperti IT, pemasaran, pembelian, tenaga penjualan, atau operasi.
  • "Influencer" - pembuat rasa tidak dipekerjakan oleh organisasi, yang, melalui preferensi dan rekomendasi mereka, mempengaruhi pemasaran produk atau jasa.
  • Gatekeeper - mereka yang meninjau rencana untuk pemenuhan ketentuan dan peraturan seperti departemen-departemen hukum, perusahaan nasihat, peraturan atau spesialis perizinan industri.
  • Manajemen atas - mereka dengan kata akhir yang harus menandatangani rencana dan "lampu hijau" pelaksanaannya. Mereka harus mendukung rencana tersebut.

Target Pemirsa Marketing Plan

Setiap rencana pemasaran ditulis dan dibuat dengan, target pemirsa didefinisikan dengan baik tertentu dalam pikiran. Rencana biasanya target:
  • Para karyawan;
  • Kolaborator (entitas eksternal); dan
  • Pemangku kepentingan.

Sekian pembahasan kali ini tentang Rencana Pemasaran, Perencanaan Strategis, dan Rencana Bisnis. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF