17 Apr 2018

Keterampilan yang Diperlukan Agar Pemasaran Sukses

Keterampilan dalam pemasaran Sukses

Dalam sebuah bisnis tentu pemasaran ini sangat diperlukan untuk menunjuang keberhasilan bisnis dari perusahaan tersebut. Pemasaran sendiri memiliki komponen utama yaitu yang sering disebut dengan Marketing mix 4P yaitu tentang penawaran produk (Product), struktur harga (Price), kegiatan promosi (Promotion) dan sistem distribusi (Place). Yang kemudian konsep dasar tersebut mengalami ekspansi atau perluasan menjadi 7P yaitu penambahan elemen baru seperti People, Process, dan Physical Environment.

Pemasaran adalah proses atau upaya yang dilakukan oleh perusahaan atau bisnis dalam hal perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi, produk atau jasa yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, pelanggan atau organisasi individual.

Pemasaran Sukses

Pemasaran sendiri adalah alat yang penting dalam membangun kesadaran pelanggan atau kansumen baik yang baru maupun lama dan untuk membangun hubungan yang langgeng terhadap perusahaan tersebut. Oleh karena itu setiap bisnis harus berhasil memasarkan produk atau jasa yang mereka miliki. Kegiatan pemasaran ini saat dilakukan dengan cara yang efektif maka pemasaran dapat yang telah Anda lakukan akan dapat membantu meningkatkan penjualan juga membangun keunggulan dari kompetitif yang ada.

Saat ini dalam hal pemasaran telah banyak teknik komunikasi dan periklanan yang tujuannya tidak lain untuk membujuk konsumen untuk memilih produk atau jasa yang perusahaan tawarkan yang sesuai dengan konsumen butuhka. Meskipun banyak upaya yang dilakukan dalam menawarkan produk atau jasa (merek) yang Anda pasarkan pada konsumen, namun perlu di ingat bahwa setiap aspek dari strategi pemasaran Anda harus fokus pada memuaskan kebutuhan pelanggan Anda saat ini dan masa depan.

Artikel terkait: Pengertian Marketing Mix Untuk Meningkatkan Penjualan

Untuk memaksimalkan strategi pemasaran yang Anda miliki maka perlu adanya komunikasi dan kolaborasi dalam tim Anda hal ini sangat penting untuk menunjuang kesuksesan dari pemasaran yang perusahaan Anda miliki. Disini pemasaran adalah aspek yang penting dalam bisnis Anda dan membutuhkan perhatian meliputi penelitian, waktu, perencanaan, dan alokasi anggaran yang tepat.

Dari uraian diatas kita telah tahu seberapa penting pemasaran dalam perusahaan ini. Berikutnya kita akan membahas tentang ketrampilan apa saja sih yang perlu dimiliki agar pemasaran itu sukses? Berikut ulasan lengkapnya.

Kampanye pemasaran yang efektif memerlukan berbagai keterampilan dan pengetahuan. Untuk berhasil memasarkan produk atau jasa yang perusahaan Anda miliki,  hal ini mungkin perlu untuk meningkatkan diri Anda sendiri atau anggota tim Anda.

Pertimbangkan apakah anggota individu tim Anda memiliki keterampilan bisnis yang diperlukan untuk menjalankan kampanye pasar yang sukses. Luangkan waktu untuk mengidentifikasi di mana Anda perlu memberikan pelatihan staf lebih lanjut, pengembangan pribadi atau mentoring untuk diri sendiri dan staf Anda.

Meskipun Anda dapat terus meningkatkan keterampilan tim Anda di beberapa area, ada 3 area utama pemasaran di mana Anda harus merasa yakin dengan kemampuan staf pemasaran Anda saat ini.

1). Berkomunikasi, bernegosiasi, dan jaringan

Komunikasi adalah hal yang sangat berpengaruh dalam banyaj hal. Pemasar yang baik adalah komunikator yang kuat dan operator bisnis yang cerdik. Keterampilan komunikasi tim Anda akan membantu mereka membuat kesepakatan dengan pemasok dan penyedia layanan, menjaga hubungan dengan pelanggan Anda, dan membangun jaringan yang berharga di pasar Anda.

Dalam bisnis yang lebih besar, Anda mungkin juga harus menavigasi diskusi internal yang rumit; keterampilan komunikasi Anda akan membantu Anda menegosiasikan sasaran pemasaran dengan tim penjualan Anda.

2). Berkolaborasi dengan tim penjualan Anda

Jika Anda memiliki bisnis yang lebih besar, Anda mungkin memiliki tim penjualan dan pemasaran yang terpisah. Tim penjualan Anda adalah bagian penting dari kesuksesan pemasaran Anda dan melibatkan mereka dalam mengembangkan strategi pemasaran Anda yang akan membantu Anda memotivasi dan memfokuskan tenaga penjualan Anda untuk mencapai tujuan pemasaran Anda.

Dalam bisnis yang lebih kecil dengan anggota tim yang lebih sedikit, Anda masih perlu bekerja untuk memastikan bahwa sasaran pemasaran Anda lebih konsisten dengan target penjualan Anda dan sasaran bisnis secara keseluruhan.

Baca juga:  8 Strategi Pemasaran Untuk Mendukung Usaha dan Bisnis

3). Ketahuilah kekuatan dan kelemahan Anda

Mengevaluasi dan memahami kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bisnis Anda (analisis SWOT) akan membantu Anda untuk membuat keputusan berdasarkan informasi dan menyampaikan pemasaran Anda secara efektif. Ketahui pro dan kontra dari sistem operasi bisnis Anda, komitmen keuangan, kewajiban hukum, dan keterampilan tenaga kerja.

Melakukan analisis SWOT sebelum memulai kampanye pemasaran dapat membantu Anda mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan membuat keputusan pemasaran yang baik di sepanjang jalan, termasuk:
  • mengembangkan kampanye email langsung yang ditargetkan dalam kemampuan database pelanggan potensial Anda
  • menghabiskan anggaran pemasaran Anda dengan tepat
  • menggunakan staf dalam kampanye penjualan pribadi yang unggul dalam keterampilan komunikasi yang diperlukan
  • mematuhi peraturan privasi dalam kampanye telemarketing.
Sekian pembahasan kali ini Keterampilan yang Diperlukan Agar Pemasaran Sukses. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF