27 Sep 2017

Tips Sukses Dalam Kewirausahaan Dan Kiat Sukses Dalam Berwirausaha

Sukses Dalam Kewirausahaan

Jumlah pengusaha di Indonesia sekitar 3 juta dan mutunya masih rendah ada 41 juta pengangguran indeks kualitas SDM urutan ke 102 dibawah Vietnam (101) dan Aljazair (100) Negara terkorup di Asia. Jepang memiliki 2% pengusaha menengah dan 20% pengusaha kecil. Berarti Indonesia membutuhkan 3 juta pengusaha besar dan menengah dan 40 juta pengusaha kecil. Faktor yang mempengruhi kurangnys minat masyarakat terhadap berwirausaha sangat kecil sehingga mereka lebih memilih mencari pekerjaan yang berpendapatan tetap.

Dari gambar diatas terlihat bahwa pengangguran di Indonesia sendiri sangan besar sehingga persaingan dalam melamar pekerjaan begitu banyaknya. Di sisi lain sedikitnya pengusaha muda dalam merintis usaha sangat kecil sehingga dalam berwirausaha seringkali terkendala dalam banyak hal contohnya modal, pengetahuan tentang berbisnis dan lain sebagainya.

sukses dalam kewirausahaan

Mengapa kebanyakan orang enggan untuk berwirausaha ? Mereka tidak melihat daya tariknya, merasa tidak punya modal, tidak tahu bagaimana memulainya, merasa tidak berbakat bisnis, takut rugi, takut repot, takut malu kalau bisnisnya tidak prestisius atau kalau gagal, tidak mau kehilangan kenyamanan hidup yang ada, tidak mau melepaskan cita-cita non-bisnisnya.

Mengapa banyak yang gagal dalam bisnisnya ? Banyak orang yang sudah berani terjun ke dunia bisnis dan tidak sedikit dari mereka yang terus terbentur-bentur dan terseok-seok dalam kesulitan dan bahkan tidak yang terjerumbab kegagalan. Sering kali kegagalan menjadi label yang kita hubungkan dengan suatu yang tidak berhasil. Saat diterapkan, label ini membuat kita dikatakan orang yang tidak mampu, sehingga hal ini dapat menurunkan semangat kita muntuk menjadi pebisnis yang kuat dan sukses.Pada saat kita masih kecil kita tidak mempunyai konsep " kegagalan " andai kita memiliki konsep ini maka yang terjadi adalah kita tidak akan bisa berbicara, menulis, membaca, dan berjalan karena tidak mau mencobanya kembali. Untuk menjadi pebisnis yang tangguh maka kegagalan itu penting sebagai pembelajaran agar kedepanya tidak terulang kembali sehingga pebisnis akan mampu menjadi pengusaha yang sukses.

Entrepreneur adalah :
  • Orang yang mencari peluang,bukan yang menuntut keamanan yang mapan,ia menceburkan diri dlm resiko dan berangan-angan dan mengembangkan
  • Ia lebih melihat tantangan ketimbang jaminan
  • Ia tidak takut pada Boss
  • Tidak tunduk pada ancaman
  • Kebanggaannya adalah berdiri tegak mandiri,berfikir,dan bertindak untuk dirinya
  • Ia menikmati keberhasilan dari daya ciptanya
  • Menghadapi dunia dengan keyakinan

Dalam membangun bisnis Entrepreneur harus memiliki modal awal bukan berupa uang akan tetapi berani bermimpi, berani mencoba, berani gagal, berani sukses.

Mimpi adalah citak biru (Blue print) Bill Gattes bermimpi personal komputer akan tersedia de setiap rumah dengan menekuni Microsoftnya. Jeff Bezos bermimpi menjadi pengusaha sukses didunia, mulai tahun 1995 mulai masuk di dunia maya dengan Amazon.com akhirnya mimpinya terwujud.

Berani mencoba adalah awal dari kesuksesan karena seandainya kita berani mencoba dan kita lebih tekun dan ulet maka pastinya yang namanya kegagalan itu tak akan pernah ada karena orang yang mencoba pasti ada sisi kegagalanya akan tetapi bila tidak mau mencoba maka orang tersebut sudah pasti gagal. Orang gagal adalah orang yang tidak berani mencoba atau berhenti mencoba.

Kita harus punya keyakinan bahwa sesungguhnya seseorang itu tidak ada yang gagal dalam bisnisnya, mereka hanyalah berhenti mencoba dan berhenti mencobanya. Oleh karena itu kita harus menumbuhkan jiwa ulet dan tekun, serta berfikir positif dan tidak mudah putus asa.

Kegagalan itu penting karena kegagalan itu datang untuk memuliakan hati nurani kita, membersihkan pikiran kita dari keangkuhan dan kepicikan, memperluas wawasan, untuk lebih mendekatkan diri kita kepada Tuhan dan juga mengajarkan kita menjadi gagah tatkala lemah, menjadi berani ketika kita takut.

Baca juga: Cara Menjadi Orang Sukses Dalam Banyak Hal Ini Rahasianya

Beberapa penyebab kegagalan :
  1. Kita sering menilai kemampuan kita rendah dan merasa pesimis sebelum memulai
  2. Setiap bertindak sering terpengaruh oleh mitos yang berkembang di masyarakat
  3. Kita cenderung tidak mau tahu dari mana kita harus memulainya.
Hanya seorang yang memiliki impian tinggi yang bisa dan mampu menciptakan dan membuat sebuah terobosan dalam produk, jasa ataupun ide yang bisa sukses. Pengusaha sukses pasti kebenyakan dari mereka tidak mengenal kata tidak bisa atau tidak mungkin karena memang semua menjadi mungik jika kita meyakini dan percaya bahwa kesuksesan itu bisa diraih oleh siapa saja. Untuk menjadi Sukses carilah motivasi usaha kita itu dengan mempelajari perjuangan pengusaha-pengusaha yang telah sukses pendahulu kita.

Demikian artikel ini semoga menambah informasi yang bermanfaat. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan tinggalkan komentar di bawah ini Terimakasih. 

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF