Definisi Alat-Alat Promosi Pemasaran
Promosi merujuk pada seluruh rangkaian kegiatan yang mengkomunikasikan produk, merek atau layanan kepada pengguna. Idenya adalah untuk membuat orang sadar, menarik dan mendorong untuk membeli produk, dalam preferensi atas orang lain.Ada beberapa jenis promosi. Di atas garis promosi termasuk iklan, siaran pers, promosi konsumen (skema, diskon, kontes), sedangkan di bawah garis termasuk diskon perdagangan, gratis, perjalanan insentif, penghargaan dan sebagainya. Promosi penjualan adalah bagian dari upaya promosi secara keseluruhan.
Ada juga:
- Personal selling: salah satu cara yang paling efektif hubungan pelanggan. jual seperti bekerja terbaik ketika hubungan kerja yang baik telah dibangun selama periode waktu.
- Hal ini juga bisa mahal dan memakan waktu, tetapi yang terbaik untuk nilai tinggi atau produk premium.
- Promosi penjualan: ini termasuk gratis, kontes, diskon, layanan gratis, melewati, tiket dan sebagainya, yang berbeda dari iklan, publisitas dan hubungan masyarakat.
- Public relations: PR adalah disengaja, direncanakan dan berkelanjutan upaya untuk membangun dan memelihara saling pengertian antara perusahaan dan masyarakat.
1.) Periklanan (Advertising)
Semua bentuk penyajian dan promosi nonpersonal atas ide, barang atau jasa yang dilakukan oleh perusahaan sponsor tertentu. Karena banyaknya bentuk dan penggunaan periklanan, sangat sulit untuk membuat generalisasi yang merangkum semuanya. Namun sifat-sifat berikut dapat diperhatikan :
- Generalisasi umum, periklanan yang bersifat umum memberikan semacam keabsahan pada produk dan menyarankan tawaran yang terstandarisasi. Karena banyak orang menerima pesan yang sama, pembeli mengetahui bahwa motif mereka untuk membeli produk terebut akan dimaklum oleh umum.
- Tersebar luas. Periklanan adalah medium yang berdaya sebar luas yang memungkinkan penjual mengulang pesan berkali-kali. Iklan juga memungkinkan pembeli menerima dan membandingkan pesan dari berbagai pesaing.
- Ekspresi yang lebih kuat. Periklanan memberikan peluang untuk mendramatisasi perusahaan dan produknya melalui penggunaan cetakan, suara, dan warna yang penuh seni.
- Tidak bersifat pribadi. Audiens tidak merasa wajib untuk memperhatikan atau menanggapi. Iklan hanya mampu melakukan monolog, bukan dialog, dengan audiens.
- Periklanan persuasif yaitu periklanan yang digunakan untuk membangun permintaan selektif akan suatu merek dengan cara meyakinkan konsumen bahwa merek tersebut adalah merek terbaik dikelasnya.
- Iklan informatif yaitu periklanan yang digunakan untuk memberi informasi kepada konsumen mengenai suatu produk atau kelengkapan baru atau membangun permintaan awal.
- Iklan perbandingan yaitu iklan yang secara langsung atau tidak langsung membandingkan satu merek dengan merek satu atau sejumlah merek yang lain.
- Iklan pengingat yaitu iklan yang digunakan untuk manjaga agar konsumen tetap berfikir mengenai suatu produk.
Artikel terkait: 11 Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan
2.) Penjualan Personal (Personal Seling)
Interaksi langsung dengan satu calon pembeli atau lebih, guna melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, dan menerima pesanan. Tahap yang dilakukan oleh perusahaan dalam mengelola tenaga penjual adalah :
- Merancang strategi dan struktur armada penjualan.
- Merekrut dan menyeleksi tenaga penjual.
- Melatih tenaga penjual.
- Memberi kompensasi tenaga penjualan.
- Mensuvervisi tenaga penjual.
- Mengevaluasi tenaga penjual.
- Konfrontasi personal. Penjualan personal mencakup hubungan yang hidup, langsung dan interaktif antara dua orang atau lebih. Masing-masing pihak dapat mengobservasi reaksi dari pihak lain yang lebih dekat.
- Mempererat. Penjualan personal memungkinkan timbulnya berbagai jenis hubungan mulai dari hubungan penjualan sampai hubungan persahabatan. Wiraniaga biasanya sudah benar-benar mengetahui minat pelanggan yang terbaik.
- Tanggapan. Penjualan personal membuat pembeli merasa berkewajiban untuk mendengarkan pembicaraan wiraniaga.
Penggunaan surat, telepon, faksmil, e-mail, dan alat penghubung nonpersonal lain untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan dan calon pelanggan tertentu. niaga. Meskipun beragam bentuknya, karakter umum dari pemasaran langsung adalah sebagai berikut (Philip Kotler dan Gary Armstrong, Manajemen Pemasaran, alih bahasa Hendra Teguh (2002:645)) :
- Nonpublik, pesan biasanya ditujukan kepada orang tertentu.
- Disesuaiakan, pesan dapat disiapkan untuk menarik orang yang dituju.
- Terbaru, pesan dapat disiapkan dengan sangat cepat dan sesuai kondisi.
- Interaktif, pesan dapat diubah tergantung pada tanggapan orang tersebut
Berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa. Jenis-jenis alat promosi penjualan mnurut Philip Kotler dan Gary Armstrong dalam buku Manajemen Pemasaran alih bahasa Hendra Teguh (2002:684) yaitu :
- Kupon yaitu sertifikat yang memberi pembeli potongan harga untuk pembelian produk tertentu.
- Kontes, undian, permainan yaitu kegiatan promosi yang memberi konsumen peluang untuk memenangkan sesuatu seperti uang atau barang, entah dengan keberuntungan atau dengan usaha ekstra.
- Sampel yaitu sejumlah kecil produk yang ditawarkan kepada kosnsumen untuk dicoba.
- Tawaran pengembalian uang (rabat)
- Paket harga yaitu pengurangan harga yang dicantumkan oleh produsen langsung pada label atau kemasan
- Hadiah yaitu barang yang ditawarkan secara cuma-cuma atau dengan harga sangat miring sebagai insentif untuk membeli suatu produk.
- Penghargaan atas kesetiaan
- Barang promosi memberikan barang secara cuma - cuma yang berkaitan dengan produk yang dijual
- Promotion point of purchase yaitu menyediakan titik/pusat pembelian yang tidak permanen untuk produk yang sedang dipromosikan.
- Komunikasi. Promosi penjualan menarik perhatian dan biasanya memberikan informasi yang dapat mengarahkan konsumen keproduk bersangkutan.
- Insentif. Promosi penjualan menggabungkan sejumlah kebebasan, dorongan, atau kontribusi yang memberi, nilai bagi pelanggan.
- Ajakan. Promosi penjualan merupakan ajakan untuk melakukan transaksi pembelian sekarang.
5.) Hubungan Masyarakat dan Publisitas (Public Relation and Publicity)
Berbagai program untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau masing-masing produknya. Departemen hubungan masyarakat biasanya melakukan fungsi-fungsi dibawah ini (Philip Kotler dan Gary Armstrong, Manajemen Pemasaran, alih bahasa Hendra Teguh (2002:644) ):
- Hubungan pers dan aktivitas pers. Menciptakan dan menempatkan informasi bernilai berita dalam media untuk menarik perhatian terhadap orang, produk, atau jasa.
- Publisitas produk, yaitu mempublikasikan produk tertentu (terutama produk baru) kepada masyarakat.
- Kegiatan masyarakat., memupuk dan mempertahankan hubungan komunitas nasional atau lokal.
- Melobi, yaitu membangun dan mempertahankan hubungan dengan anggota birokrasi/pemerintahaan.
- Hubungan investor yaitu mempertahankan hubungan dengan pemegang saham dan relasi bisnis lainnya.
Daya tarik hubungan masyarakat dan publisitas didasarkan pada tiga sifat khusus, yaitu :
- Kredibilitas yang tinggi. Cerita dan gambar mengenai beritanya lebih otentik dan dipercaya oleh pembaca dibandingkan dengan iklan.
- Kemampuan menangkap pembeli yang tidak dibidik sebelumnya. Hubungan masyarakat dapat menjangkau banyak calon pembeli yang cenderung menghindari wiraniaga dan iklan.
- Dramatisasi. Hubungan masyarakat memiliki kemampuan untuk mendramatisasi suatu perusahaan atau produk.
2 komentar
Makasih infinfo gan
Sama-sama semoga bermanfaat
Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon