16 Okt 2016

Pengertian, Tujuan dan Proses Manajemen Strategi

Proses Manajemen Strategis

Mungkin ada penerimaan umum dari gagasan bahwa manajemen strategis prihatin dengan proses strategis yang menghasilkan respon yang diinginkan untuk perubahan lingkungan organisasi.

Proses manajemen strategis berkaitan dengan perspektif jangka panjang. Horison waktu yang terlibat sering minimal 3 tahun dan biasanya mungkin 5 atau 10 tahun ke depan. Namun, dalam industri yang sangat dinamis tertentu, proses manajemen strategis mereka bisa peduli dengan frame waktu yang jauh lebih singkat.

Proses Manajemen Strategis

Manajemen strategis adalah manajemen perubahan. Ini melibatkan sistem nilai-nilai perusahaan, budaya perusahaan, dan semua proses manajerial perubahan, seperti kepemimpinan, perencanaan, pengendalian, dan manajemen sumber daya manusia.

Oleh karena itu, manajemen strategis dapat dilihat sebagai serangkaian langkah dimana manajemen puncak harus mencapai setidaknya lima tugas yang C. West Churchman menyarankan di Pendekatan Sistem (1968):
  1. Mengidentifikasi nilai-nilai fundamental bisnis, tujuan dan sasaran yang timbul dari mereka.
  2. Menilai lingkungan bisnis - kekuatan luar bisnis itu sendiri yang mungkin peluang atau ancaman.
  3. Menilai sumber daya bisnis dan kemampuan - hal-hal dalam kendali bisnis, seperti orang, mesin, fasilitas, kontrak, gambar, dan goodwill - yang akan dapat dialokasikan untuk mencapai tujuan dan sasaran.
  4. Mengidentifikasi atau membentuk komponen organisasi ini (a) unit internal yang menerima alokasi sumber daya dan melaksanakan pekerjaan bisnis dan (b) struktur organisasi yang meliputi unit sendiri dan hubungan wewenang, tanggung jawab, dan komunikasi yang mereka miliki dengan satu sama lain.
  5. Mengembangkan manajemen dan pengambilan keputusan struktur: proses yang digunakan untuk mengalokasikan sumber daya bisnis untuk komponen sehingga dapat mewujudkan tujuan dan mempertahankan nilai-nilai dalam batasan lingkungan.
Di tengah model yang tertanam penting pertama Churchman: untuk mengidentifikasi nilai-nilai organisasi. Tanpa pengetahuan tentang nilai-nilai, suatu organisasi tidak dapat mengembangkan misi, tujuan, dan sasaran. Gerejawan tersisa empat imperatif dapat ditemukan dalam empat kotak dalam lingkaran. Panah pada Gambar 2-3 menunjukkan saling ketergantungan penting di antara empat faktor manajemen strategis: perencanaan strategis, kebutuhan sumber daya, struktur organisasi, dan pengendalian strategis.

Baca juga :  Pengambil Keputusan Manajemen Strategis

Perencanaan strategis adalah kunci penghubung antara manajemen strategis dan lingkungan eksternal organisasi. Persyaratan sumber daya adalah faktor yang menghubungkan manajemen strategis untuk sumber daya organisasi, termasuk keuangan, fasilitas dan peralatan, tanah, akses ke informasi, goodwill, dan personil.
  • Pengendalian strategis berkaitan dengan pelaksanaan strategi.
  • Struktur organisasi menghubungkan manajemen strategis untuk realitas organisasi.
Menurut model ini, tuntutan lingkungan terpenuhi melalui proses perencanaan strategis, yang melibatkan perumusan misi, tujuan, dan sasaran.

Manajemen strategis dapat dipandang sebagai "total" perspektif sistem dan tidak hanya sebagai proses memilih dari antara rencana jangka panjang alternatif. Hal ini mencerminkan "kemampuan strategis" organisasi untuk menyeimbangkan tuntutan yang dikenakan oleh kekuatan eksternal dan internal dan untuk mengintegrasikan fungsi keseluruhan organisasi sehingga dapat mengalokasikan sumber daya dengan cara yang dirancang dengan terbaik untuk memenuhi tujuan dan sasaran (Alan Rowe, Richard O. Mason , dan Karl E. Dickel).

Manajer saat ini dihadapkan dengan tingkat percepatan perubahan dalam kekuatan teknis, sosial, politik, dan ekonomi. Sebagai hasil dari kekuatan-kekuatan perubahan, proses manajemen telah menjadi lebih sulit, membutuhkan keterampilan yang lebih besar dalam perencanaan, analisis, dan kontrol. Dengan demikian, konsep manajemen strategis masih melibatkan dan akan terus mengalami perubahan.

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF