26 Sep 2017

Tutorial Terlengkap Bagaimana Cara Membuat Blog Dengan Blogger Untuk Pemula

Bagaimana Cara Membuat Blog Dengan Blogger

Selamat datang, calon blogger! Dari berbagai kegiatan ada salah satu  kegiatan yang cukup menyenangkan bahkan bisa jadi menjadi hobi kalian ketika sedah mengenal yang namanya menjadi seorang Blogger ini. Terebih ketika kalian gemar menulis apa salahnya mencoba berbagi wawasan, pengetahuan, dan pengalaman kalian di sebuah media yaitu blog dengan demikian kalian akan berbagi juga ilmu yang bermanfaat untuk pembaca yang tertarik dengan blog kalian.

Tidak sampai disitu saja blog ini bisa jadi sumber penghasilan kalian ketika sudah bisa di daftarkan ke google adsands nah menarik bukan.Tentu saat ini banyak tutorial yang membahas bagaimana membuat blog dengan baik dan benar oleh karena itu bagi kalian pemula yang ingin membuat blog ini saya akan sedikit membagikan tutorialnya. kali ini yang akan menjadi pembahasan saya saat ini adalah bagaimana cara membuat blog dengan platform Blogger  / Blogspot yang mudah bagi pemula.


Bagamana Cara Membuat Blog Dengan Blogger

Kemungkinan sudah banyak para blogger saat ini sudah tahu cara bagaimana membuat blog dengan mudah ini tetapi saya akan menjelaskannya khusus untuk kalian bloger pemula yang ingin mengenal dan memahami bagamana cara membuat blog yang mudah dan baik yuk kita simak berikut ini:

1. Langkah pertama kalian tetntukan topik yang akan kalian tulis karena biasanya jika topik utama yang sesuai minat kalian maka blog tersebut akan bertahan lama beda dengan blog yang asal-asalan faktanya pengguna blog saat ini perhari sudah berkontibusi jutaan per hari jadi dengan minat yang kalian sukai pasti sangat menarik bagi pembaca.

2. Kemudian nyalakan koneksi internet kalian karena kalau gak ada internet tentunya tidak bis terhubung ke blogspot hehe. Nah kemudian buka situs web blogspot nya disini Blogger . klik CREATE YOUR BLOG untuk membuat blog baru.

Cara Membuat Blog Dengan Blogger Pemula

 3. Nah kalian akan dia arahkan untuk login dengan Masukkan alamat dan password gmail yang kalian miliki. Jika kalian belum memiliki buatlah terlebih dahulu akun gemail. Jika sudah kalian tinggal masuk ke tahap berikutnya.

Artikel terkait: Jangan Menyerah Untuk Menjadi Blogger Sukses Dan Berhasil

4. Kalian akan diminta memilih profil google plus mana yang akan kalian gunakan. Disini kalian bisa memilih akan menggunakan profil Google+ atau profil Blogger kemudian ikuti langkah-langkah yang cukup mudah untuk di terapkan.


5. Setelah itu masuk ke halaman utama blog maka akan muncul tombol blog baru, pilih tombol BUAT BLOG BARU  Lebih jelasnya, kalian bisa melihat gambar dibawah ini sebagai contoh ketika sudah klik tombol tersebut maka akan mucul tampilan berikut.


Isikan Judul dan Alamat blog kalian yang menurut kalian menarik dan unik . Pada bagian Judul isikan apa judul blog kalian, misal Blog Seputar Teknologi Terkini. Kelanjutnya pada Alamat isikan nama situs blog kalian yang kalian suka tapi mudah di ingat, misal gomarketingstrategic.blogspot.com. Perhatikan notifikasi di samping jika ada tanda centang warna orange berarti cari alamat lain jika biru berarti alamat blog tersebut tersedia. Selanjutnya pada bagian menu tema pilih mana tema yang menurut kalian bagus dan menarik pilih template yang anda sukai untuk blog baru kalian. Setelah semuanya sudah cukup untuk kalian lalu klik Buat blog!.

6. Selamat blog baru anda selesai dibuat cukup mudah bukan. Sampai disini jangan keburu kabur dulu sob ini baru buat blog kalian hehe, sejenak bikin kopi biar tambah semangat untuk ngeblognya, mau tahu langkah berikutnya kan..? mari sekalian belajar tentang apa saja sih yang terdapat pada  menu-menu blogger ini, dan bagaimana sih cara menulis konten di blogger dan lain sebagainya. Sekarang kalian sudah bisa mulai menulis artikel atau konten topik minat yang kalian inginkan. Untuk mulai menulis artikel baru caranya pilih bagian Pos dan klik Entri baru.



Berikut penjelasan menu-menu pada blogspot:
  • Postingan: menu ini berfungsi untuk menampilkan semua postingan blog kalian, baik itu postingan yang sudah kalian terbitkan atau masih berbentuk draft. Pada menu ini kalian bisa meng edit atau menghapusnya ddan masih banyak lagi fungsinya.
  • Statistik: pada statiska ini tujuannya adalah menampilkan informasi baik pengunjung maupun trafic yang di peroleh blog kalian, seperti jumlah penayangan hari ini, kemarin, dan bulan lalu.
  • Komentar: komentar ini akan menampilkan daftar komentar yang masuk pada blog anda dari pengunjung.
  • Kampanye: dengan adanya kampanye ini kalian bisa mempromosikan blog anda dengan layanan yang di berikan oleh google dengan fasilitas Adwords, akan tetapi kalian harus membayarnya jika ingin menggunakan fasilitas ini.
  • Laman: sama halnya dengan postingan halaman ini fungsinya untuk membuat halaman baru seperti about, sitemap, kontak dll yang dibutuhkan blog kalian.
  • Tata Letak: menu ini untuk kustomisasi tampilan atau menambahkan widget (gadget) pada blog yang akan memberikan navigasi dan kemudahan pengunjung blog kalian.
  • Tema: dengan tema ini kalian bisa mengganti tampilan dengan template blog  baik itu bawaan google atau download secara gratis dan juga menambahkan script atau code html yang kalian inginkan perlu di ingat mengubah html harus hati-hati untuk keamanan usahakan di backup terlebih dahulu.
  • Setelan: menampilkan pengaturan lanjutan pada blog anda, seperti pengaturan dasar, pos dan komentar dan lain sebagainya bisa anda lakukan disini.
  • Daftar Bacaan: menampilkan postingan terbaru dari blog-blog yang kalian ikuti.
  • Bantuan: menampilkan beberapa artikel bantuan mengenai bagaimana cara menggunakan blog di Blogger dan jika kalian mengalami kesulitan kalian bisa menggunakan menu ini.

7. Bagaimana menulis artikel pada blog kalian:


Kalian tinggal isi judul unik yang kalian inginkan kemudian isi artikel yang menarik minimal 300 kata. Kalian bisa menyisipkan gambar, link yang kalian butuhkan.

8. Terakhir jika kalian sudah selesai maka tinggal klik publikasi maka artikel pertama kalian sudah jadi lalu cobalah lihat halaman blog kalian selamat blog kalian sudah jadi.

Akhir kata cukup mudah bukan untuk membuat blog kalian sendiri semoga artikel ini bermanfaat untuk bloger pemula selamat mecoba. Semoga artikel ini bermanfaat dan membatu untuk kalian blogger yang baru membuat atau memulai ngeblog. Salam sukses untuk kalian semua. Gomarketingstrategic

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF