10 Okt 2017

Cara Mengatasi Tidak Bisa Edit HTML Blogger Panduan Lengkap

Mengatasi Tidak Bisa Edit HTML Blogger

Baru-baru ini saya mengalami kejadian yang cukup menjengkelkan karena belum pernah mengalaminya sejak menjadi blogger. Dan ini cukup membuat pusing karena memang seharian tidak menemukan solusinya. Mungkin rekan-rekan blogger juga pernah mengalami hal ini atau yang baru menjumpai seperti saya ini. Apa masalahnya? Yaitu tidak bisa edit HTML di template blog karena redirect otomatis atau sejenisnya bahkan ketika mengedit ketika di save atau simpan dan kembali tidak mau malah selalu muncul pesan pemberitahuan bahwa 'Anda masih memiliki perubahan yang belum disimpan dan akan hilang. Kemudia ketika di klik OK malah tidak terjadi apa-apa tidak berubah sedikitpun masih sama seperti sebelum di edit dan inilah yang membuat saya terheran-heran seharian.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Edit HTML Blogger
Ketika saya coba lagi ternyata sama seperti itu, Oh Tuhan dosa apa dengan blog ini hehehe. Kemudian sayapun terus cari referensi cara mengatasi tidak bisa edit html pada blog ini, macam-maca caranya buka sana sini masih belum ketemu solusinya. Sampai ada artikel yang mengarahkan ke google forum yang gak jelas pakai bahasa inggris terus pindah lagi situs lain. Alhasil ketemu saran yang seperti berikut ini

Kalau sobat menggunakan template blogger pihak ketiga, saran saya kembalikan saja ke template bawaan blogger.
  • Jika sobat telah menambahkan widget yang kurang penting, coba hapus satu persatu mungkin itu bisa mengatasi masalah tsb.
  • Coba Paksa penyegaran atau refresh halaman (Ctrl + F5).
  • Gunakan mode penyamaran di browser Chrome.
  • Jika sobat ingin menggunakan browser yang berbeda, buka jendela penjelajahan pribadi.

Nah disini sudah dapat gambaran cara mengatasi namun ada juga yang menyuruh hapus code scrip yang aneh tapi kasusnya kan tidak bisa di simpan dan terus kembali kesemula.

Ada juga yang sama menemui permasalahan tidak bisa upload template sehingga muncul pesan seperti berikut ini:

Ketika mau ganti template yang lain kadang muncul pesan error seperti bX-8qp9ay,bX-2pb4x0, bX-iu1owj, bX-ay9kgv dan lain sebagainya. Mungkin rekan-rekan menemui permasalahan ini mau edit HTML blog gak bisa malah muncul seperti gambar diatas. Jika seperti demikian maka ketika kalian mencari di google maka akan di arahkan ke group bantuan Blogger/forum Google, malah disini saya juga tidak ketemu, ternyata juga banyak yang mengalami kasus serupa.

Dari kasus-kasus di atas sebenarnya ketika sudah tahu caranya cukup sepele dan simple namun mencari caranya itu yang lama dan cukup ribet hehe. Bagaimana kalian juga mengalami hal yang sama dengan yang saya alami yaitu tidak bisa menyimpan dan edit HTML pada blogger. Berikut cara yang saya simpulkan dari pengalaman diatas semoga berguna dan bermanfaat untuk kalian rekan-rekan blogger.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghapus widged yang telah kalian tambahkan sebelumnya ini yang menyebabkan template saya tidak bisa edit HTML nya juga tidak bisa di simpan. Untuk menghapus widgets tersebut masuklah ke bagian, Blogger Dashboard > klik pada Tata letak > hapus widgets yang baru ditambahkan kalian tambahkan sebelum error. Cukup mudah bukan mengatasinya. Dibawah ini hasil kerja saya hehe saya hapus semua witged yang ada dan hanya tersisa blog post dan di atas menu sedikit sebelumnya ful dengan iklan dan macem-macem.

Tidak Bisa Edit dan Save HTML Blogger

Untuk permasalahan yang saya alami adalah saya sering menggonta-ganti tema blog dan pasang widgets yang sebetulnya tidak penting. Kemudian juga saya sering menambahkan script code dari pihak ketiga seperti iklan dan lain sebagainya. Saran saya jangan sering mengganti tema atau template blog kalian karena ini akan berpengaruh pada visitor dan SEO kalian yang pengaruhnya cukup masiv loh. Saya sudah coba pasang iklan yang aneh-aneh malah jadi lambat dan visitor turun di cek di Gtmatrix kecepatan akses pun turun derastis. Bagi rekan-rekan yang mau menggunakan tema saran saya gunakan yang simple dan cepat sekarang saya malah suka bawaan blogger atau tema defaultnya malah kenceng visitor pun meningkat namun jika ingin yang lebih keren ya pilih yang fast loading dan responsive tentu jugan gonta-ganti lagi. Intinya permasalahan yang saya alami adalah tentang widgets yang harus di hapus.

Baca juga: Ingin Menjadi Blogger Pemula Sukses Hindari Kebiasaan Buruk Ini

Sekian semoga artikel yang sedikit ini bisa membatu rekan-rekan yang mengalami kesulitan atau masalah yang sama terima kasih mohon maaf jika ada kekeliruan atau kekurangan jika rekan-rekan sekalian mau menambahi solusi tinggalkan komentar kalian untuk membantu sahabat blogger yang lain jika menemui kejadian yang serupa. Terimakasih.

6 komentar

Sudah saya praktekkan tapi belum berhasil gan :(

Mungkin ada faktor yang lain saya awalnya juga kesulitan dengan masalah ini, tapi solusi yang diatas telah saya lakukan untuk mengatasinya dengan menghapus semuanya kecuali bagian postingan dan akhirnya berhasil. Mungin permasalahannya berbeda saya yakin pasti ada solusinya. Terimakasih Semoga bermanfaat.

cara hapus nya gimana gan kok malah widget saya gabisa dihapus

Melalui tataletak terus di hapus aja semua widgets Yang ada kalau bisa hapus semua tinggal yang postingan aja kemudian simapan. Nah jika sudah silahkan ganti tamplet ke default. Selamat mencoba.

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF