25 Okt 2017

Contoh Product Research Kaos Distro Untuk Menentukan Peluang Usaha

Contoh Product Research Kaos Distro

Riset pemasaran adalah suatu upaya untuk meriset atau mengumpulkan data pasar yang akan memberikan informasi tentang karakteristik suatu produk atau jasa yang diinginkan hal ini bisa disebut penelitian produk. Dengan adanya riset produk ini diharapkan pelaku usaha dan bisnis dapat menemuka target pasar yang mereka inginkan. Riset produk membantu perusahaan memahami apa yang benar-benar diinginkan pelanggan, sehingga produk dapat disesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Product Research Kaos Distro Untuk Menentukan Peluang Usaha
Peluang usaha kaos distro ini memang akan selalu ada karena minat pasar yang terus tumbuh juga trend pasar yang selalu berkembang. Saat ini anak muda yang ingin selalu tampil trendi, gaya, dan berbeda membuat peluang usaha dalam bidang busana ini memiliki peminat yang akan selalu ada. Baju merupakan salah satu kebutuhan orang jadi kaos distro ini memiliki segmen pasar yaitu anak muda.

Product Research Kaos Distro Untuk Menentukan Peluang Usaha


Artikel terkait: 4 Strategi Produk Dan Cara Menciptakan Peluang Produk

Berikut Adalah Contoh Riset Produk dari Kaos Distro Yang Saya Buat :

1). Tentukan Market Demand

Banyaknya generari muda saat ini memungkinkan Permintaan pasar dari kaos distro ini cukup banyak yang membutuhkan dengan pasar yang terus ada. Kaos sebagai kebutuhan sehari-hari dan juga anak muda yang mengutamakan gaya busana tentunya akan membuka peluang yang terus ada. Di situs jual beli maupun marketplace cukup banyak yang menjual dengan harga yang bervariasi antara 70-150 ribu an.

2). Menentukan Market Slack

Market slack bisa diartikan ceruk pasar atau celah pasar juga cukup signifikan di bidang busana ini biasanya penampulan adalah yang paling utama bagi mereka, banyak dikalangan anak remaja dan dewasa membutuhkan kaos yang unik dan memiliki kreativitas desain dengan harga yang terjangkau juga bergaya masa kini  tentunya banyak yang mengiinkan kaos yang memiliki desain yang terus berkembang.

3). Menganalisis Competition

Di market place online maupun tradisional persaingan atau Kompetisi yang menjual kaos distr ini sudah cukup banyak akan tetapi dengan kreatifitas juga promosi yang tepat saya yakin bisa bersaing menembus pasar tersebut. Jadi, kompetisi dibilang cukup ketat atau besar namun masih ada peluang untuk menjual produk ini tergang seberapa kuat promosi saya dalam menjual dan menawarkannya di berbagai media maupun non-online.

4). Membuat Uniqueness

Untuk mampu bersaing tentunya harus memiliki keunikan dari product tersebut. Keunikan dari produk ini adalah dari segi desain yang sesuai dengan kalangan remaja masa kini juga dari segi harga yang cukup murah sehingga memiliki daya saing.

5). Bagaimana Supply

Untuk supplier saya bekerjasama dengan pemilik jasa sablon tinggal saya menyediakan desain yang saya inginkan, untuk bahan mereka yang menyediakan sampai jadi kaos tersebut untuk harga setelah saya konfirmasi seharga Rp 45.000 per potong baju.

6). Bagaimana Membuat Packing

Paking biasanya memakai plastik atau koran sebagai pembungkus. Packing yang saya gunakan juga tidak jauh berbeda dengan seller lainnya yang penting aman dan tidak rusak. Jika di mungkinkan dengan kardus supaya lebih aman. Kedepannya akan memakai plastic buatan sendiri dan ada nama tokonya dan kontak saya agar pembeli tau di toko mana dan penjual nya siapa ini juga termasuk langkah branding saya.

7). Bagaimana broduk bisa memberikan Value Add

Nilai tambah dari kaos distro ini selain harganya murah ada sovenir bonus atau aksesoris yang akan menambah menrik sperti stiker dan lain sebagainya jadi ini saya jadikan nilai tambah agar pembeli merasa puas dan senang.

8). Menentukan Pricing

Dari segi harga kaos distro ini pas di kantong remaja  yaitu atara 70-80 ribu.

9). Bagaimana Tentang Profit

Karena ini merupakan produk awal saya untuk perkiraan penghasilan atau keuntungan Pendapatan tergantung minat dan cara saya memasarkan nanti saya berharap dengan media online juga sosial media mampu mendingkrak penjualan kaos karena persaingan yang ketat mungkin saya akan menekankan harga dan kualitas produk untuk mampu bersaing. Perkiraan keuntungan antara 20-35 ribu per potong baju.

10). Link Product Market Place

Untuk tambahan adalah URL atau link jika menggunakan market place seperti shopee, lazada, bukalapak, tokopedia dan lain sebagainya.

Baca juga: Pengertian Merek (Brand) Atau Merek Dagang, Merek jasa, Merek kolektif

Jadi meriset produk sangatlah penting untuk sebuah usaha atau bisnis dengan ini maka pelaku usaha dapat menentukan seberapa kuat persaingan dan seberapa besar peluang usaha tersebut. Sebenarnya masih banyak contoh yang bisa Anda gunakan sebagai referensi reset produk ini intinya sama yaitu untuk menganalisis seberapa besar peluang dari produk atau jasa yang ingin Anda jual.

Demikian artikel ini Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengujung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

2 komentar

bang kalo butuh saya buka jasa sablon WA 089668639881

Terimakasih sodara ALAN NURLIANDI Semoga ada pengunjung lain yang tertarik dengan jasa Anda, Salam sukses.

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF