8 Des 2017

6 Aplikasi Pendukung Bisnis Online Yang Perlu Anda Miliki

Aplikasi Pendukung Bisnis Online

Saat ini semakin berkembang nya teknologi informasi yang terus maju dengan pesat juga terus bermunculannya aplikasi yang memudahkan semua pengguna dalam segala hal. Media-media interaktif inilah yang sangat bermanfaat untuk semua orang baik itu dalam hal sosial, bisnis, marketing, promisi, Dan lain sebagainya yang juga menunjang aktivitas sehari-hari. Begitu juga dalam hal bisnis online yang saat ini merupakan trend yang memiliki peluang sangat besar salah satunya yaitu dengan membuka online shop.

Aplikasi Pendukung Bisnis Online

Dengan banyaknya pengembang market place seperti OLX, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Shopee dan lain sebagainya memberikan kemudahan bagi pengguna media online. Kehadiran online shop saat ini semakin memudahkan pelaku usaha untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar juga denga semakin banyak berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh pengembang media online.

Tak jarang pelaku usaha dan bisnis misa menikmati manfaat dari aplikasi-aplikasi yang sudah ada dan bahkan bisa di-install secara gratis di handphone berbasis Android maupun iOS. Dalam menunjang dan mempermudah bisnis online ini ada banyak Aplikasi smartphone yang bisa dimanfaatkan seperti aplikasi instant messaging, media sosial, atau photo editor dan lain sebagainya. Anda bisa mencari dan menginstal dengan mudah melalui Google Play Store untuk pengguna Android atau lewat Apple Store untuk pengguna iOS tentunya disediakan secara gratis untuk Anda. Aplikasi-aplikasi tersebut nantinya akan bisa dimanfaatkan untuk mempermudah Anda berbisnis online.


Dengan adanya teknologi inilah sekarang tidak perlu repot-repot menyewa outlet di pusat perbelanjaan atau ruko di pinggir jalan yang harganya sangat mahal dalam berjualan atau menyewa jasa marketing promosi untuk mempromosikan produk Anda cukup menggunakan aplikasi yang ada sudah bisa menjangkau pelanggan potensial. Apa manfaat dari membuka toko online ini? Sebenarnya banyak manfaatnya dari segi modal yang murah, mudah digunakan, jangkauan pelanggan yang luas, bisa dilakukan kapanpun dimanapun dan masih banyak lagi yang bisa Anda dapatkan.

Nah ketika Anda berjualan online ini tentu membutuhkan dukungan aplikasi yang lain untuk memaksimalkan penjualan dan bisa lancar tanpa kendala. Aplikasi handphone ini bisa Anda cari dan instal secara gratis asal memory handphone Anda mencukupi untuk menginstalnya. Lalu apa saja aplikasi yang berguna bagi pemilik online shop ini? Untuk lebih jelasnya ikuti terus ulasanya berikut ini.

1). Aplikasi Toko Online

Saat ini telah banyak jenis situs e-commerce atau market place seperti OLX, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Shopee dan lain sebagainya yang menyediakan fitur unggulan dan memudahkan pebisnis online untuk berjualan bahkan banyak yang telah menyediakan fitur gratis ongkos kirim (ongkir) yang sangat menguntungkan, jaminan keamanan bertransaksi, jangkauan pelanggan yang lebih luas, dukungan periklanan yang kuat dan masih banyak fitur lainnya yang tentunya akan menarik pembeli lebih banyak.

Untuk penggunaanya pun sangat mudah tinggal daftar, mengikuti kebijakan, dan pasang produk yang akan dijual. Dalam mengelolanya pun sangat mudah yang terpenting adalah jangan lupa untuk terus meng-update barang yang dijual dari informasi, harga dan juga memberi respon pada calon pembeli agar toko terlihat aktif dan memberikan kepercayaan kepada pelanggan hal ini akan memberikan kesempatan yang lebih besar untuk meningkatkan penjualan.

2). Aplikasi Media Sosial

Pengguna sosial media yang terus tumbuh dengan jutaan pengguna aktif setiap harinya tentu akan memberikan kesempatan dan peluang besar untuk menarik minat pembeli. Aplikasi media sosial ini salahsatu komponen penting untuk bisnis online Anda. Ada beberapa yang paling populer dari media sosial saat ini yaitu Instagram, Facebook, Twitter, Pinterest dan lain sebagainya. Banyak kelebihan dari masing-masing aplikasi tersebut seperti bersifat interaktif, sebagai media promosi, bahkan bisa juga untuk berjualan dan tentu saja masih banyak fitur yang bisa dimanfaatkan.

Melalui media sosial ini Anda bisa memberikan gambar produk, deskripsi, cara pembelian, informasi kontak dan lain sebagainya yang akan memudahkan dalam transaksi penjualan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tentang kontak tujuannya agar pembeli dengan mudah menghubungi Anda sewaktu-waktu ketika mereka ingin mengetahui prodak Anda lebih jauh ini pun penting untuk membangun komunikasi dengan pelanggan potensial Anda.

3). Aplikasi Chat Messenger

Aplikasi pesan atau messenger ini memang selalu dibutuhkan dalam bisnis online ini. Sebagai pemilik online shop komunikasi dengan pelanggan adalah hal yang penting bahkan berkomunikasi secara langsung dengan pembeli untuk membangun komunikasi dan meyakinkan pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan. Biasanya konsumen ketika mau membeli produk mereka terlebih dahulu konsultasi dengan penjual, mereka ini akan lebih memilih menghubungi melalui instant messaging misalnya BlackBery Messenger (BBM), WhatsApp, Line, Skype, SnapChat, Telegram dan lain sebagainya.

Dengan adanya aplikasi instant messaging ini pembeli akan menanyakan informasi tentang barang ready stock atau tidak, total harga, sistem pengiriman, cara pembayaran. Yang perlu diperhatikan adalah tentang respon penjual, memberi jawaban atau merespon dengan cepat adalah bagian terpenting saat ada orang yang bertanya karena pelanggan akan merasa dihargai. Jika Anda tidak menanggapi bukan tidak mungkin pelanggan akan mencari toko online yang lain.

4). Aplikasi Jasa Pengiriman

Aplikasi pengiriman memungkinkan Anda mengetahui estimasi ongkos kirim ke kota yang di tuju. Dengan aplikasi inilah Anda bisa mengecek harga atau ongkos kirim dengan cepat. Jasa pengiriman yang bisa di-install misalnya dari JNE atau Pos Indonesia yang bisa mengecek status pengiriman dan juga dilengkapi dengan fitur-fitur lengkap lainnya.

5). Aplikasi Screenshots

Ketika orang membeli produk Anda pasti akan meninggalkan komentar-komentar yang akan memberikan nilai tambag pada toko online Anda hal ini bisa dimanfaatkan sebagai testimoni terhadap produk Anda agar pembeli lain percaya dengan kualitas online shop yang Anda miliki. Sebenarnya biasanya sudah ada bawaan dari smartphone saat ini namun jika terjadi masalah pada ponsel Anda apa salahnya untuk men-instalnya. Ada banyak apalikasi yang tersedia seperti Screen Capture Shortcut Free, Screenshot, Screenshot Ultimate Pro dan lain sebagainya.

6). Aplikasi Photo Editor

Untuk memberikan kesan tampilan produk dan barang dagangan terlihat menarik dan bagus maka aplikasi ini akan bermanfaat untuk meng-edit gambar produk yang Anda miliki. Biasanya pembeli akan melihat pertama kali dari gambar produk yang di tampilkan pada toko online tersebut maka dengan gambar yang lebih bagus dan tertata dengan rapi maka pembeli akan merasa yakin akan produk yang ditawarkan juga barang dagangan yang dipajang di online shop Anda akan memiliki kualitas yang baik dimata pembeli.

Dari beberapa aplikasi ponsel diatas akan memberikan manfaat dan nilai tambah pada toko online yang Anda miliki. Dengan memanfaatkan berbagai aplikasi penunjang inilah memungkinkan yoko online Anda akan lebih terlihat dan memiliki peluang untuk memikat minat pembeli. Selain bisa di unduh secara gratis aplikasi ini akan memudahkan pekerjaan dan berguna sebagai sarana promosi yang membuat online shop Anda akan makin dikenal oleh banyak orang dan dagangannya laris manis dengan keuntungan yang semakin besar.

Sekian pembahasan kali ini tentangAplikasi Pendukung Pebisnis Online. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengujung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF