26 Jul 2018

3 Tren Digital Marketing Saat ini yang Perlu Anda Ketahui

Perkembngan Tren Pemasaran Digital

Perkembangan internet saat ini memang terbilang sangat cepat dan pesat. Hal ini membuktikan bahwa memang kebutuhan manusia akan teknologi semakin besar. Internet sendiri merupakan teknologi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia baik itu dalam menjalani kehidupan sehari-hari, bersosial, mencari informasi yang dibutuhkan, bahkan dalam kegiatan berbisnis. Bisnis sendiri saat ini cenderung lebih mudah dan cepat karena dengan adanya internet memungkinkan semua orang bisa berbisnis online. Nah bisnis online ini sangat menarik untuk terus dibahas karena akan selalu ada tren-tren yang bermunculan setiap tahunnya bahkan setiap saat.

Tren Digital Marketing

Jadi dengan Internet berkembang sangat cepat, jika Anda ingin terus mengembangkan situs web atau bisnis online Anda, maka Anda perlu untuk terus update dan terus memantau pemasaran terbaru seperti apa yang sedang menjadi tren saat ini. Lantas apa saja sih yang sedang menjadi tren saat ini? Di bawah ini Anda akan menemukan tiga tren pemasaran digital yang benar-benar perlu Anda ketahui, kemudian selanjutnya bagaimana Anda dapat memanfaatkannya untuk menarik lebih banyak pengunjung dan pelanggan potensial yang akan meningkatkan penjualan dari produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Artikel terkait:  10 Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Google Adwords

Berikut tren digital marketing yang bisa membantu bisnis Anda:

1). Retargeting

Penargetan ulang, juga dikenal sebagai pemasaran ulang, adalah bentuk periklanan online yang dapat membantu produk atau merek yang Anda miliki tetap meyakinkan pengguna agar terus kembali ke website Anda setelah mereka meninggalkan situs web tersebut. Untuk sebagian besar situs web, hanya 2% lalu lintas web yang dikonversi pada kunjungan pertama. Penargetan ulang adalah alat yang dirancang untuk membantu perusahaan menjangkau 98% pengguna yang tidak langsung terkonversi. Ide dasarnya adalah membuat kampanye iklan yang hanya menargetkan pengunjung yang sudah mengunjungi situs web Anda. Jaringan periklanan tahu ini berdasarkan cookie Internet yang ditempatkan di browser mereka.

Untuk menggunakan penargetan ulang, Anda dapat memanfaatkan alat seperti retargeter.com. Jaringan iklan besar seperti iklan Facebook juga menawarkan fungsi penargetan ulang ini.

Bagaimana Cara Penargetan Ulang Bekerja?

Retargeting adalah teknologi berbasis cookie yang menggunakan kode Javascript sederhana untuk secara anonim ‘follow’ audiens Anda di seluruh Web.

Berikut ini cara kerjanya: Anda menempatkan potongan kode yang tidak mengganggu di situs web Anda (kode ini terkadang disebut sebagai piksel). Kode, atau piksel ini biasanya tidak terlalu mencolok atau terihat bagi pengunjung situs Anda dan tidak akan memengaruhi kinerja situs Anda. Setiap kali pengunjung baru datang ke situs Anda, kode bekerja dengan memberikan cookie browser anonim. Kemudian, ketika pengunjung menjelajahi Web Anda, cookie akan membiarkan penyedia penargetan ulang.

2). Video Sosial

Seperti yang Anda mungkin tahu media sosial mendominasi Internet. Miliaran orang menggunakan situs web seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dan sebagainya setiap hari. Untuk alasan ini, setiap bisnis harus memiliki dan memanfaatkan kehadiran jejaring sosial tersebut. Namun, mempublikasikan posting teks pada platform tersebut tidak cukup. Konten video jauh lebih menarik dan cenderung dibagikan lebih dari sekadar posting teks. Misalnya, sebuah penelitian menemukan bahwa pos yang berisi video dibagikan 10 kali lebih banyak daripada posting teks di Facebook.

Produksi video mahal dan memakan waktu, tetapi saat ini Anda dapat menggunakan alat online seperti VideoShout.com untuk membuat video dengan mudah, bahkan jika Anda memiliki belum memiliki keterampilan untuk membuat video sekalipun.

Baca juga:  11 Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan

3). Chatbots

Chatbot adalah perangkat lunak yang dapat berbicara dengan pengguna di aplikasi perpesanan seperti Facebook Messenger. Lebih dari 70% pengguna ponsel cerdas mengatakan bahwa mereka lebih suka berkomunikasi menggunakan pesan teks. Itulah sebabnya chatbot dapat menjadi alat pemasaran digital yang hebat. Orang-orang cenderung bosan menerima pemasaran email, tetapi menerima pesan teks dari chatbot lebih menyenangkan dan interaktif. Rata-rata tingkat terbuka pesan pemasaran email adalah 20%, sedangkan tingkat pengguna membuka pesan obrolan lebih dari 60%.

Anda dapat menggunakan alat seperti ChatFuel.com untuk membuat chatbot dengan mudah yang secara otomatis akan mengirimkan informasi tentang bisnis Anda kepada pengguna di Facebook. Anda dapat mengirim pesan teks, gambar, video, dan bahkan dokumen seperti file PDF.

 Sekian pembahasan kali ini tentang Tren Digital Marketing. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF