29 Jul 2018

Panduan Lengkap Cara Bermain IGTV yang Harus Anda Ketahui

Panduan Lengkap Cara Bermain IGTV

Masih baru, dan mungkin banyak yang tidak mengetahui apa itu IGTV. Adalah sebuah aplikasi yang dirilis Instagram dalam tujuan mengajak kreator dan penonton ambil bagian di dalamnya. Dengan aplikasi ini, Anda bisa melihat video yang diciptakan kreator, juga bisa menjadi pemberi video di sana. Sedikit banyaknya ini mirip YouTube, namun jelas mereka berbeda. Panduan lengkap cara bermain IGTV berikut ini pasti Anda butuhkan, sebab Anda tak akan melewatkan aplikasi ini begitu saja bukan?

Cara Bermain IGTV

Dengan IGTV ini pula Anda bisa mengupload, atau menonton video dalam bentuk vertikal lebih dari satu menit. Karena di Instagrm sendiri maksimal durasi hanya satu menit, namun di IGTV, itu tidak.

Di sini Anda bisa mendapatkan bermacam-macam kategori video. Contohnya seperti video yang sedang populer, video orang yang Anda ikuti, yang cocok untukmu dan lain sebagainya. Dan untuk bisa masuk ke sini, Anda tidak perlu daftar. Gunakan saja akun Anda yang sudah terdaftar di ios, lalu masuk dari sana.

Artikel terkait: Download Video Favorit dari Instagram Secara Online Gratis

Berikut ini adalah beberapa panduan cara bermain IGTV. Panduan dasar yang akan membawamu pada keahlian dengan kepahaman tinggi.

Cara Unggah Video ke IGTV

Mungkin inilah yang sedang Anda bingungkan. Ingin menjadi kreator tapi tak tahu caranya mengunggah.

Sebelum mengunggah, pastikan dulu video Anda berbentuk vertikal. IGTV menerima rasio video mulai dari 4:5 sampai 9:16.

Bagi Anda yang akunnya belum terverifikasi, maksimal ungahan video hanya berdurasi 10 menit. Sementara yang sudah terverifikasi bisa mengunggah durasi sampai 60 menit.

Sebelum masuk ke cara mengunggah video, ada dua cara melakukannya.
Pertama lewat I-Phone, dan kedua lewat komputer.
  • Lewat I-Phone
  1. Klik ikon profil Anda lalu pilih tombol + (tambah)
  2. Anda akan masuk ke galeri, silakan pilih video mana yang ingin Anda unggah
  3. Klik opsi selanjutnya
  4. Isi keterangan video dari mulai judul, dan deskripsi. Setelah Anda isi semua, kemudian posting video tersebut.
  5. Selesai
  • Lewat Komputer
  1. Masuk ke Instagram lewat komputer Anda
  2. Kemudian kunjungi laman ‘New IGTV Video’
  3. Klik tombol + (tambah). Caranya hampir sama dengan cara masuk I-Phone.
  4. Lalu isi judul video, deskripsi, Anda juga bisa mengatur cover video kemudian posting.
Cara Melihat Statistik Video di IGTV

Setelah mengunggah video, pastinya Anda penasaran dengan jumlah tontonan, komentar dan like bukan?

Caranya sangat mudah. Anda buka video yang ingin Anda lihat jumlah tanyangannya, lalu klik ikon titik tiga. Kemudian klik opsi ‘view insight’ untuk melihat statistik tersebut.


Cara Menonton Video di IGTV

Panduan lengkap cara bermain IGTV ini tak jauh beda saat Anda nermain Instagram strories. Tinggal klik video yang Anda ingin lihat, lalu Anda bisa ganti ke video lain dengan cara men-swipe, atau diketuk untuk melihat deskripsi.

Untuk melihat komentar, Anda cukup tekan balon teks dan otomatis video akan mengecil dan akan tampil komentar-komentar para pengunjung. Anda juga dapat ikut berkomentar sembari video terus berjalan.

Cara Mencari Video di IGTV

Caranya mudah, Anda kembali ke tampilan awal IGTV. Karena di sana Anda bisa menemukan tombol ‘cari’. Isikan kata kunci yang ingin Anda jelajahi. Setelah itu video akan tampil secara berturut-turut.

Dan selamat, Anda sudah bisa menemukan video yang Anda cari tersebut.

Sebelum benar-benar bermain dengan aplikasi itu, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui.

Karena IGTV masih cenderung dapat dibilang aplikasi baru, jadi penonton mungkin tidak terlalu banyak. Dan belum tentu penggunanya tidak sebanyak pengguna Instagram. Untuk itu ajak pengikutmu untuk masuk ke IGTV.

Baca juga:  Instagram Munculkan Fitur Baru Dengan Filter Face Bisa Tambah Kece

Jika dilihat dari konten, IGTV mungkin tak jauh beda dengan YouTube. Mungkin perbedaan yang jelas terlihat adalah bentuk video IGTV yang vertikal. Dan bagi para kreator sangat tidak dianjurkan mengunggah video dengan bentuk horizontal.

Video yang panjang juga bisa Anda manfaatkan untuk nge-vlog, atau membahas sesuatu, seperti pemikiran, opini, atau pun barang.

Benar-benar tak jauh beda dengan YouTube.

Kendati demikian pilihan ada di tangan Anda. Memilih menonton video secara vertikal atau horizontal? Meilih mengunggah video secara horizontal atau vertikal? Semua ada tempatnya yang layak sendiri-sendiri.

Sementara kontennya sendiri pun tak jauh beda.

Itu lah beberapa panduan lengkap cara bermain IGTV.

Dengan hadirnya aplikasi ini, Anda tak cuma sebatas kreator di YouTube. Jika bisa di IGTV, kenapa tidak?

Cukup sekian pembahasan kali ini tenytang Cara Bermain IGTV. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukkan terkait Cara Bermain IGTV lainnya, jangan ragu untuk meninggalkan komentar melalui form yang tersedia. Dapatkan juga artikel terbaru kami langsung di inbox email Anda dengan cara Subscribe pada form yang sudah disediakan.

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF