21 Agu 2018

9 Tips Ngeblog untuk Blogger Pemula yang ini Jarang diperhatikan

Tips Ngeblog untuk Blogger Pemula

Ngeblog berhubungan dengan tulis menulis. Ngeblog bisa diisi dengan berbagai macam tulisan; boleh artikel, cerita fiksi, berita, atau curhatan hati. Apapun bisa Anda curahkan ke Blog asal itu positif. Ada yang main blog karena hobi, ada yang ingin memiliki penghasilan, ada pula yang ingin memiliki tempat abadi untuk menuangkan karyanya. Namun dari banyaknya macam alasan ngeblog, kebanyakan lebih ke mencari penghasilan. Tips ngeblog untuk para blogger pemula ini mungkin tidak terlalu berguna, sebab yang kita bahas di sini bukan cara mendapat penghasilan tinggi dari blog.

Tips Ngeblog untuk Blogger Pemula

Ngeblog untuk mencari penghasilan bukanlah kesalahan. Banyak yang menjadikan aktivitas ngeblog sebagai pekerjaan sampingan atau malah pekerjaan utama mereka. Anda yang baru gabung pada dunia kami, sebaiknya ketahui dulu bagaimana cara yang baik dan benar memulai ngeblog.

Artikel terkait: Langkah-Langkah Pembuatan Blog untuk Pemula yang Tidak Boleh ditinggalkan

Yang pemula masih belum terlalu tahu, maka dari itu kami akan memberitahukan pada kalian.

Apa itu?
  • -tips 1
Tentukan terlebih dahulu, topik, platform blog sebelum memulai ngeblog.

Biasanya yang paling banyak dipilih blogger pemula adalah blog yang membahas topik campuran. Sebelum semakin jauh melangkah, blog campuran tidaklah salah, hanya saja kalau tujuan Anda untuk penghasilan, maka blog campuran akan membayar publishernya dengan bayaran rendah dibanding blog yang hanya membahas satu jenis topik.
  • -tips 2
Jangan membuat blog terlalu banyak. Karena masih pemula, buatlah satu blog dulu. Tekuni dengan hati, update artikel setiap hari.

Daripada bikin banyak blog tapi sepi konten, lebih baik satu saja tapi kontennya banyak.
  • -tips 3
Jangan terlalu fokus ke tampilan blog. Biasanya Blogger pemula terlalu ribet dengan urusan template. Tak jarang mereka sampai berkali-kali ganti template hanya karena merasa tidak sesuai.

Ada juga yang copot pasang widget. Hal tersebut terjadi berkali-kali sampai kuota habis.

Tidak ada salahnya mengatur tampilan, tapi lebih baik fokus saja pada konten.

Pilihlah template yang ringan dan pasang widget seperlunya saja. Jangan membuat blog Anda menjadi berat saat dibuka karena isi dari tampilan blog yang indah namun tidak penting.
  • -tips 4
Tips ngeblog untuk blogger pemula selanjutnya, Anda tidak usah ribet soal visitors. Mungkin ini juga Anda alami, di saat baru saja membuat blog, Anda berkali-kali mengecek pengunjung. Sebenarnya tidak ada salahnya melakukan hal tersebut. Tapi itu terlalu menguras waktu. Lebih baik membuat konten dan konten daripada mengecek pengunjung.
  • -tips 5
Buat konten dengan berkualitas. Kalau Anda adalah blogger profesional, pasti di kamusmu sudah ada yang namanya SEO, KW, LSI, dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut tak lain adalah cara yang ditambahkan agar artikel yang mereka buat menjadi yang nomor satu di Google.

Anda yang masih pemula tidak usah memedulikan hal itu. Tulis saja apa yang kalian suka. Tulis dengan baik dan benar, kualitas juga diperhatikan.

Kuasai cara menulis artikel yang baik, dan agar lebih lengkap tiap posting artikel jangan lupa untuk menambahkan gambar.
  • -tips 6
Share artikel Anda, blogwalking, membaca artikel orang lain, belajar dari blog orang lain dan seterusnya.

Di masa awal ini Anda akan lebih banyak belajar. Tapi jangan lupa untuk praktek. Apalah gunanya kebanyakan teori jika praktek saja nol.

Kelebihan blogwalking pun bisa menaikkan visitors Anda. Yang penting saat blogwalking, Anda berperilaku sopan serta tidak memasang link blog untuk dikunjungi sembarangan.
  • -tips 7
Kebanyakan yang masih pemula domain blog mereka masih bawaan platform yang dipilih untuk ngeblog. Tapi itu tidak apa-apa. Kalian baru awal, tidak usah buru-buru membeli domain jika uang tidak ada. Nikmati saja prosesnya dulu.

Yang penting itu konten. Soal domain urusan belakangan. Bahkan ada blogger asal Nigeria, memiliki penghasilan 300 juta/bulan dari blognya yang masih berdomain blogspot.com

Domain bukan penentu kesuksesan ngeblog kalian, tapi konten yang menentukan.

Baca juga: Apa Yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Blog Baru
  • -tips 8
Anda menginginkan blog Anda terdapat iklan hingga Anda bisa memperoleh penghasilan? Maka daftarkan blog Anda ke Google Adsense.

Caranya tentu tidak mudah, Anda harus siap rohani dan jasmani karena banyak yang mencoba daftar tapi kebanyakan itu ditolak.

Mungkin Anda bisa mencoba alternatif adsense, sebab penyedia iklan bukan hanya berasal dari Adsense. Tapi hati-hati dalam memilih, jangan sampai Anda mengikuti memasang iklan yang tidak terbukti membayar atau sebutan lainnya scam. Sebelum memilih menjadi publisher iklan, cari tahu dulu tempat yang akan Anda pilih agar tidak tertipu nantinya.
  • -tips 9
Jika blog Anda sudah memiliki penghasilan, tetap jaga kualitas konten Anda.

Namun, sebenarnya kalian sadar atau tidak? Biasanya blog atau website yang paling bagus kontennya, bagus kualitasnya, adalah blog/website yang tidak ada iklan di sana.

Sadar?

Dan itulah 9 tips ngeblog untuk blogger pemula. Semoga bermanfaat.

2 komentar

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF