1 Agu 2018

Cara Ngeblog di HP Tutorial Lengkap Mudah dan Praktis

Panduan Gratis Cara Ngeblog Lewat HP

Ada beberapa alasan kenapa tidak menggunakan Laptop untuk ngeblog. Seperti tidak memiliki Lapotop, ukuran Laptop yang besar dan berat, serta alasan lainnya. Ngeblog bisa di mana saja, dan kadang keinginan ngeblog muncul dengan tiba-tiba dan itu akan memberatkan kalian yang menggunakan Laptop sebagai alat ngeblog. Tapi sebenarnya ngeblog bisa menggunakan media HP. Dengan satu syarat, HP Anda adalah android, atau setidaknya yang canggih. Namun mungkin bagi kalian banyak yang tidak tahu Cara ngeblog lewat HP. Padahal sebenarnya bisa, dan lebih simple menggunakan HP untuk ngeblog dibanding Laptop.

Panduan Gratis Cara Ngeblog Lewat HP

Selain alasan ukuran, HP juga selalu ada untuk Anda. Jadi jika sewaktu-waktu keinginan ngeblog datang, Anda langsung bisa menulis saat itu juga.

Artikel terkait: Menulis Artikel Melalui Blogger Android Dengan Mudah

Berikut ini beberapa tips ngeblog lewat HP yang patut Anda ketahui.
  • Daftar blog menggunakan browser Chrome
Ada banyak sekali browser yang bisa Anda gunakan. Namun di sini lebih mudah menggunakan Chrome. Atau jika ponsel Anda tidak didukung browser tersebut, Anda juga bisa menggunakan UC Browser Mini.

Chrome berguna buat Anda mendaftar atau membuat blog, mengatur blog; seperti melihat statistik, pengaturan tata letak, mengganti template, dan masih banyak lagi.

Namun untuk HP yang RAM-nya rendah, yang keadaannya tidak lebih dari 1 RAM saat diguanakn bermain blog, jangan harap Anda dapat mengatur CSS.

CSS berhubungan dengan tampilan blog. Biasanya beberapa kegiatan membuat Anda mengharuskan mengatur CSS Anda.

Dan sayangnya jika Anda melakukannya di HP itu akan sulit.
  • Posting dengan bantuan aplikasi
Aplikasi membantu Anda dalam mengepost konten menjadi lebih mudah. Meskipun tidak disalahkan ngepost artikel lewat fasilitas yang disediakan di blog langsung (saat membuka dengan Chrome), tapi lebih mudah lagi saat Anda menggunakan aplikasi.

Sebab tampilannya yang tampak seperti saat Anda menulis memo memudahkan Anda dalam mengetik.

Untuk platform Blogspot atau Wordpress, di Play Store sudah tersedia aplikasi tersebut. Anda tinggal mengunduhnya dan jalankan blog seperti biasanya lewat ponsel.

Khusus pengguna platform blogspot, mungkin Anda sempat dibingungkan dengan update artikel dengan gambar lewat aplikasi blogspot tapi gambarnya muncul di bawah. Hal itu sama sekali tidak indah. Banyak penggunanya yang kesal sebab gambar selalu muncul di bawah meski sudah terlebih dahulu menaruh gambar di bagian atas.

Jangan bingung lagi, ini lah cara ngeblog di HP bagi Anda yang menggunakan aplikasi blogspot untuk update artikel.
  1. Pertama-tama, tulis dulu konten artikel kalian
  2. Setelah tertulis tambahkan foto
  3. Jangan langsung dipublikasikan, tahan dulu dengan membuatnya menjadi draft
  4. Ingat! Langkah ini dilakukan dalam posisi data seluler tersambung ke Internet
  5. Setelah itu buka artikel yang menjadi draft tersebut
  6. Edit bagian artikelnya
  7. Kalian scroll ke bawah pada bagian artikel, nanti di sana akan muncul gambar yang akan menjadi foto tambahan artikel Anda
  8. Di situ posisinya berada di bawah, untuk mengubahnya berada di atas tekan dan tahan foto itu lama sampai foto tersebut ter-blok.
  9. Lalu salin gambar itu
  10. Hapus gambarnya yang berada di posisi bawah
  11. Lalu letakkan foto tadi di tempat manapun yang kalian suka dengan cara menekan dan menahan sampai muncul opsi ‘tempel’
  12. Klik ‘tempel’ kemudian foto tersebut akan tampil di tempat tersebut
  13. Setelah itu klik publish
  14. Lihat hasilnya
Dengan cara itu foto di artikel Anda tidak lagi tampil di bagian bawah artikel.
Tampilannya menjadi lebih indah dan tentunya tidak kalah seperti saat Anda menulis artikel di Laptop.

Baca juga: 5 Tips Terbaik untuk Membuat Konten Situs Web Luar Biasa
  • Memasang script iklan lewat HP
Di cara ini, kami tidak memberitahukan cara memasang script iklan Adsense di blog lewat HP. Tapi yang kami beritahukan adalah script iklan dari alternatif adsense seperti Adnow, Zooteromedia, dan script iklan yang bukan Pop up.

Cara mendaftar di penyedia iklan tersebut bisa Anda lakukan lewat HP. Berbekal browser Chrome, semuanya menjadi lebih mudah.

Setelah mendaftar dan blog Anda disetujui, sekarang Anda menuju bagian tata letak atau layout.

Di sana ambil widget tambahan bernama java script. Beri judul kemudian di bagian deskripsi masukkan script iklan yang telah Anda copy dari website penyedia iklan.

Lalu simpan.

Lihat blog Anda, setelah itu iklan sudah tampak di blog. Dan pelan-pelan blog Anda bisa mendapatkan penghasilan lewat pemasangan iklan tersebut.

Untuk pemasangan iklan jenis pop up, jika dilakukan di HP masih tidak bisa. Karena akan ribet sekali, juga HP akan bisa menjadi lambat. Dan lebih baik Anda melakukannya di Laptop saja untuk kegiatan satu itu.

Itu lah Cara ngeblog di HP yang bisa Anda lakukan. Buktikan kalau keterbatasan alat tak membuat Anda berhenti berkarya.

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF