26 Agu 2018

Jenis-jenis Asuransi Kesehatan Yang Perlu di Pahami

Pengertian Asuransi Kesehatan

Masalah yang sering dikeluhkan oleh masyarakat yang berada di Indonesia adalah masalah ekonomi. Banyak sekali masyarakat yang tidak sanggup ke dokter untuk berobat, semua itu dikarenakan tingginya harga pengobatan dan perawatan di Indonesia. Walaupun pemerintah telah menggalakan program jaminan kesehatan namun program tersebut tidak mencakup masyarakat secara merata. Seringkali masyarakat tidak menerima pelayanan maksimal karena menggunakan program pemerintah. Dengan begitu asuransi kesehatan hadir untuk menjamin kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Jenis-jenis Asuransi Kesehatan

Apa itu Asuransi Kesehatan ?

Asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang bergerak dalam bidang kesehatan dan ditunjukan untuk mengantisipasi biaya pengobatan. Tujuan utama dari asuransi kesehatan adalah meminimalisir pengeluaran mendadak yang mengancam kesehatan.

Konsepnya untuk memperoleh layanan, peserta diwajibkan untuk membayar dana atau sering disebut premi kepada perusahaan. Sebagai gantinya perusahaan akan menganggu dana pengobatan apabila tejadi kecelakan yang tak teduga.

Artikel terkait:  Memahami Lebih Jauh Apa Saja Keuntungan Bisnis Asuransi

Jenis-Jenis Asuransi

Perusahaan akan menawarkan asuransi dalam beberapa jenis yang tentunya mempunyai perbedaan dalam fasilitasnya. Jenis-jenis asuransi kesehatan dapat anda lihat berdasarkan, Jenis perawatan, Jumlah dana yang ditanggung, Pengelola dana, Pihak tertanggung, Keikutsertaan anggota dan pengajuan ganti rugi

Berdasarkan jenis perawatan

a. Asuransi Rawat Inap

Perusahaan akan menanggung biaya apabila peserta melakukan perawatan rawat inap. Mulai dari perawatan biaya layanan darurat, biaya dokter, biaya obat, dll.

b. Asuransi Rawat Jalan

Perusahaan akan menananggung biaya perawayan yang meliputi biaya konsultasi, biaya obat yang sesuai dengan resep dokter, dan biaya lain mengenai pelayanan rawat jalan

Berdasarkan Pengelolaan dana

a. Asuransi Pemerintah

Suplai dana program ini dikelola oleh pemerintah. Hal ini merupakan salah satu upya untuk masyarakatnya menerima pengobatan. Dilihat dari segi pelayanan yang didapatkan tidak sebaik pelayanan dari asuransi swasta.

b. Asuransi Swasta

Berbeda dengan asuransi yang diatas. Asuransi ini dikelola oleh swasta, maka dalam pengelolaannya akan mencari keuntungan dari peserta. Oleh karena itu pelayanan kesehatan dengan menggunakan asuransi ini akan lebih baik jika dibandingkan dengan asuransi pemerintah.

Berdasarkan Pihak Tertanggung


a. Asuransi kesehatan Individu

Pada program ini perusahaan akan menjamin kesehatan untuk satu orang saja atau individu. Oleh karena itu yang bisa mengclaim asuransi hanya pemegang asuransi.

b. Asuransu Kesehatan Kelompok

Program ini kebalikanya dari poin a. Pada program ini perusahaan akan menanggung biaya kesehatan apabila ada yang sakit dalam anggota kelompok tersebut. Biasayan yang menggunakan asuransi ini yakni perusahaan, organisai dan keluarga. Dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Berdasarkan Jumlah data yang ditanggung


a. Asuransi kesehatan Standar

Asuransi ini hanya menanggung biaya tertentu yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Biasanya pihak asuransi akan menanggung biaya pengobatan yang tinggi saja, sedangkan yang lainya ditanggung sendiri oleh peserta

b. Asuransi kesehatan full

Asuransi ini menawarkan jaminan yang lengkap. Jika poin a hanya menganggung pengobatan yang mahal, sedangkan poin b menanggung seluruh biaya pengobatan baik itu murah ataupun mahal.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Perusahaan Asuransi Syariah

Berdasarkan Keikutsertaan Anggota

a. Asuransi Kesehatan Wajib

Seperti dengan namanya, program ini mewajibkan seluruh karyawan tanpa terkecuali mengikuti layanan asuransi kesahatan tersebut. biasanya asuransi ini akan diurus oleh perusahaan dan biayanya akan dipotong dengan gaji karyawan.

b. Asuransi Kesehatan Sukarela

Asuransi ini berdasarkan sukarela tanpa ada paksaan untuk ikut asuransi tersebut. Dalam asuransi ini peserta bberhak memilih layanan asuransi apa yang mereka butuhkan.

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF