27 Agu 2018

Jenis-Jenis Asuransi Mobil di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui

Jenis-Jenis Asuransi Mobil di Indonesia

Saat ini asuransi sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat Indonesia. Banyak sekali jenis-jenis asuransi yang bermunculan mulai dari asuransi kesehatan, sampai asuransi kendaraan, dari setiap asuransi tersebut tentunya memiliki titik fokus yang berbeda-beda. Salah satu asuransi yang populer di masyarakat adalah asuransi mobil. Mau gimana lagi seiring dengan kemajuan zaman semakin banyak pula masyarakat yang menggunakan alat transportasi yang satu ini.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil di Indonesia

Jenis asuransi mobil ini sangatlah penting bagi anda yang memiliki mobil. Kenapa harus menggunakan asuransi ? Hal ini disebabkan oleh angka kecelakaan yang yang tinggi. Bahkan Indonesia masuk ke urutan ketiga kecelakaan terbesar. Banyak juga ya, Tentunya anda harus lebih berhati-hati dalam menggunakan kendaraan bermobil.

Dari seluruh kecelakaan yang terjadi rata-rata disebabkan karena kelalainan dari pengemudi. Mungkin resiko cidera yang dialami oleh pengemudi dapat di minalisir dengan keamanan, namun kerusakan yang terjadi paa kendaraan tidak bisa dihindarkan.

Artikel terkait:  Daftar Asuransi untuk Mobil Terbaik di Indonesia

Oleh karena itu beta pentingkanya asuransi kendaraan bagi anda yang memiliki kendaraan bermobil. Tidak hanya karena kerusakan pada mobil saja, asuransi ini juga memberikan perlindungan pada kendaraan anda terhadap tindak kejahatan seperti begal, pencurian, dll.

Jenis-Jenis Asuransi Kendaraan Mobil Di Indonesia

Asuransi mobil memiliki beberapa jenis yang tentunya mempunyai fasilitas yang berbeda-beda. Berikut adalah jenis asuransi mobil yang ada di Indonesia :

1. Asuransi Mobil Total Lost Only

Asuransi Total Lost Only atau disingkat TLO merupakan asuransi yang memberikan jaminan kepada anda apabila mobil anda mengalami kerusakan karena kecelakaan atau mengalami kehilangan karena pencurian, asuransi ini akan memperikan nilai perbaikan sebesar 75% dari harga kendaraan yang anda asuransikan. Tetapi jika anda mengalami kerusahakan lalu memperbaikinya dengan biaya yang kurang dari 75% harga mobil. Maka pihak asuransi hanya bisa memberikan biaya perbaikan walaupun kurang dari 75% harga mobil.

Jenis asuransi ini merupakan jenis asuransi yang memiliki nilai premi yang murah jika dibandingkan dengan asuransi lainya. Karena fasilitas yang diberikan oleh asuransi ini tidak lengkap. Berdasarkan standar polis di Indonesia, usia asuransi ini hanya mencapau 15 tahun.

2. Asuransi Mobil All Risk

Asuransi yang kedua adalah ALL RISK, asuransi ini bisa dikatakan sebagai asuransi lebih bagus dari TOTAL LOST ONLY. Bedanya dengan asuransi pertama, asuransi ini memberikan perlindungan serta penggantian biaya sepenuhnya. Maksudnya, asuransi ini menjamin seluruh resiko yang terjadi pada kendaraan anda, mulai dari kerusakan ringan, kerusakan sedang, ataupun berat, hingga resiko kehilangan mobil. Perusahaan asuransi akan menanggunng seluruh biaya yang yang dibutuhkan terkait dengan resiko yang terjadi pada kendaraan anda.

Karena fasilitas yang ditawarkan oleh asuransi ALL RISK cukup bagus. Banyak sekali jenis mobil penumpang yang menggunakan asuransi ini. Mengapa banyak digunakan oleh kendaraan penumpang ? karena kendaraan penumpang membawa banyak orang dan tentunya resiko kecelakaan juga besar. Asuransi ALL RISK di indonesia berlaku hingga 8 tahun.

Baca juga: Berikut Jenis Asuransi Mobil yang Dapat Anda Pilih

3. Kombinasi Asuransi Total Lost Only dengan All Risk

Asuransi yang satu ini sangat menarik, dia menggabungkan asuransi Total Lost Only dengan All Risk. Maksudnya adalah anda bisa mengubah jenis asuransi sesuai yang anda butuhkan. Contohnya anda mempunyai mobil baru dan mengambil asuransi All Risk, setelah 2 atau 3 tahun berjalan tentunya mobil anda sudah tidak dikategorikan baru lagi, nah anda bisa mengubah jenis asuransi anda dari All Risk menjadi Total Lost Only

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukkan terkait Jenis-Jenis Asuransi Mobil lainnya, jangan ragu untuk meninggalkan komentar melalui form yang tersedia. Dapatkan juga artikel terbaru kami langsung di inbox email Anda dengan cara Subscribe pada form yang sudah disediakan.

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF