21 Okt 2016

Mendefinisikan Peran Konsultan Pemasaran

Mendefinisikan Peran Konsultan Pemasaran

Seorang konsultan pemasaran adalah pemasaran profesional dengan keahlian dalam strategi untuk melibatkan pelanggan dan meningkatkan peluang bisnis, baik melalui mempertahankan klien yang sudah ada dan menarik pelanggan baru. Melalui kampanye berkembang dengan baik dan ditargetkan, strategi pemasaran yang sukses dan rencana akan membantu perusahaan mencapai tujuan yang ditetapkan dan terukur. Ini ditentukan melalui analisis yang cermat dan menyeluruh dari situasi saat ini dan status perusahaan, mengingat posisinya di industri atau jasa dan mengevaluasi keberhasilan, tantangan dan sumber daya yang tersedia.

Peran Konsultan Pemasaran

Karya seorang konsultan pemasaran yang terampil merupakan perpaduan hati kepemimpinan dan peran penasehat, dengan kemampuan untuk menjadi sangat analitis dan kreatif secara bersamaan. Seorang konsultan pemasaran memiliki tantangan dengan cepat dan akurat menilai unsur-unsur internal dan eksternal yang unik yang mempengaruhi bisnis, mulai dari kepuasan pelanggan dan kebutuhan untuk pesaing, tren pasar, inovasi teknologi dan faktor lingkungan. Sementara menentukan strategi jangka pendek dan jangka panjang untuk mencapai tujuan pemasaran, konsultan pemasaran harus memastikan bahwa target terpenuhi dan pernyataan misi perusahaan tidak menjadi hilang dalam proses.

Pelaksana strategi pemasaran adalah operasi yang sulit dan membutuhkan seseorang yang mampu untuk memantau kemajuan dan menyesuaikan rencana dan berinovasi yang diperlukan. Sekali lagi, hampir paradoks, konsultan pemasaran adalah hibrida yang paling terorganisir, detail-berorientasi perencana yang juga dapat menavigasi dari peta sehingga untuk berbicara, memulai perubahan berdasarkan intuisi ahli dan keputusan penelitian-informasi. Ini seperti mempekerjakan seorang peneliti ilmiah yang tahu kapan harus mempercayai perasaan.

Menyewa konsultan pemasaran memberikan akses ke bisnis otak-kepercayaan dan skillset yang luar biasa untuk biaya jauh lebih sedikit dari itu akan mempertahankan seorang profesional pemasaran pada staf. Kontrak dengan konsultan pemasaran untuk bekerja di pilih proyek secara mandiri atau bekerjasama dengan di-rumah karyawan bekerja sangat baik untuk perusahaan kecil dan besar.

APA YANG HARUS DI CARI DARI KONSULTAN PEMASARAN

Konsultan pemasaran harus sangat baik dengan orang-orang dan mampu menunjukkan kedalaman pengetahuan tentang perilaku konsumen, komunikasi dan proses pemasaran. Mereka biasanya pewawancara ahli yang cerdik dapat menganalisis tidak hanya bagaimana sebuah perusahaan diposisikan dalam niche, tetapi juga apa yang akan mendorong konsumen untuk membeli produk atau jasa. Seorang konsultan pemasaran yang baik akan memiliki ide tentang bagaimana untuk memperluas bisnis sementara tinggal di anggaran dan bekerja dengan baik dengan manajemen dan staf yang ada.

Konsultan pemasaran yang terbaik dalam bisnis ini sangat terampil dalam komunikasi, psikologi dan bisnis. Mereka adalah inovator dan kepribadian kreatif yang tidak terintimidasi oleh teknologi baru dan mencoba pendekatan yang berbeda untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Tak usah dikatakan bahwa konsultan pemasaran yang sukses adalah self-starter yang mendorong proses untuk mencapai hasil yang terukur. Menurut definisi konsultan pemasaran harus menawarkan keahlian dalam strategi pemasaran dan proses.

Baca juga : Apa Yang Bisa Dilakukan Oleh Seorang Konsultan Pemasaran

Hal ini tidak biasa bagi konsultan pemasaran untuk spesialisasi di bidang tertentu atau industri astravel seperti, real estate, hiburan, dll Berikut adalah beberapa jenis umum dari konsultan pemasaran:
  • Konsultan bisnis kecil  - Bekerja dengan keluarga atau usaha kecil milik pribadi seperti spa atau restoran, ini konsultan pemasaran akan membantu rencana bagaimana meningkatkan penjualan pada anggaran terbatas. Mereka akan mencari peluang untuk bekerja dengan sumber daya yang ada untuk membangun bisnis dan mempertahankan loyalitas pelanggan.
  • Konsultan pemasaran online  - ini profesional pemasaran difokuskan pada menggunakan internet untuk memasarkan bisnis online. Seringkali mereka mengkhususkan diri dalam membayar per klik (PPC) iklan atau optimasi mesin pencari (SEO) untuk mengarahkan pelanggan ke situs klien mereka. Klien berkisar dari usaha kecil untuk perusahaan besar.
  • Konsultan branding perusahaan - Ketika perusahaan ingin menentukan terlihat profesional, atau merek, dan misi, konsultan branding adalah orang yang diperlukan untuk pekerjaan itu. konsultan pemasaran ini berpengalaman dalam memastikan perusahaan telah kehadiran didefinisikan dalam pasar yang mengidentifikasi sebagai unik, dari logo dan materi cetak untuk kop surat, website dan signage.
  • Konsultan media sosial - perbatasan ini baru untuk konsultan pemasaran membantu dengan menyiapkan dan mengelola media sosial - segala sesuatu dari Facebook dan Twitter untuk HootSuite dan Pinterest. Mereka akan membantu dalam desain halaman dan mendaftarkan nama domain untuk situs web untuk menulis blog, posting Facebook dan Tweet yang mengarahkan lalu lintas ke situs web. Sekali lagi, konsultan ini disewa oleh semua orang dari ibu mulai usaha kecil untuk perusahaan Fortune 500.
  • Konsultan akuisisi klien - Jika bisnis bergantung pada klien baru untuk menghasilkan pendapatan, mereka menyewa konsultan yang mengkhususkan diri dalam menggambar bisnis baru. Umumnya disewa oleh perusahaan rintisan, agen perjalanan, hotel & resort, pengacara, profesional keuangan atau agen real estate, para profesional pemasaran tahu bagaimana untuk menarik lead segar.
Ketika menyewa konsultan pemasaran, memutuskan apa yang Anda butuhkan dan kemudian menemukan seseorang yang memiliki pengalaman dan keterampilan di daerah itu dan sebaiknya untuk industri niche atau layanan Anda. Meminta untuk melihat portofolio konsultan dan mencari tahu tentang bagaimana puas klien mereka terbaru adalah dengan pekerjaan yang dilakukan.

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF