8 Sep 2017

8 Usaha Kecil Menengah Penggerak Ekonomi

Usaha Kecil Menengah Penggerak Ekonomi

Desa merupakan pemukiman penduduk yang sangat nyaman. Desa sendiri sangat berbeda dengan kota. Apabila kota merupakan tempat yang penuh dengan kesibukan, ramai, tidak pernah sepi dan suhu udara yang panas maka desa merupakan tempat yang sebaliknya. Di desa kita bisa mengirup udara segar baik di siang hari maupun malam hari. Di desa juga kita bisa menikmati ketertraman dan ketenangan karena jauh dari keramaian.

Usaha Kecil Menengah Penggerak Ekonomi

Namun bukan rahasia umum lagi jika di desa sangat sulit mencari pekerjaan, bahkan sangat jarang peluang usaha atau lowongan pekerjaan yang ada di desa. Tak heran pula jika banyak orang desa yang berbondong-bondong merantau ke kota demi mencari uang. Jalan terbaik apabila kita berada di desa dan tidak ingin pergi merantau ke kota maka kita harus memulai suatu usaha. Kita harus berani menjadi seorang wirausaha baik bekerjasama dengan orang lain maupun berwirausaha secara pribadi.

Banyak sekali sebenarnya usaha yang bisa di jalankan di desa. Prospeknya pun hampir sama dengan yang ada di kota, hanya saja apabila usaha di jalankan di kota maka lebih cepat berkembang mengingat kota lebih ramai dari pada desa. Berikut ini kami akan membagikan beberapa contoh usaha di desa yang bisa anda coba jalankan. Siapa tahu beberapa contoh di bawah ini bermanfaat dan menjadi inspirasi usaha dalam meraih kesuksesan.

Artikel terkait: Usaha Jajanan Anak Sekolah Modal Kecil

Contoh Usaha di Desa Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan :

1. Usaha Ternak Ayam 

Beternak ayam petelur atau ayam pedaging

Usaha di desa pertama yang banyak di geluti orang adalah ternak ayam. Sebenarnya usaha ini bukanlah usaha yang baru karena beternak ayam sudah menjadi kebiasaan orang desa. Kebanyakan ayam yang di ternak adalah ayam kampung. Namun apabila ada ingin cepat mendapatkan penghasilan, maka anda bisa beternak ayam petelur atau ayam pedaging.

Yang perlu di perhatikan, usaha peternakan ayam cukup mengeluarkan bau yang tidak sedap, usahakan anda mendirikan kandang ayam yang jauh dari pemukiman. Prospek usaha bidang budidaya seperti budidaya ikan cukup menjanjikan. Saat ini hampir semua jenis ikan laris di pasaran baik di kota maupun di desa. Ikan seperti lele, mujahir, bawal, ikan hias, ikan nila dan lain sebagainya sangat di cari orang. Apabila anda tertarik usaha ini, yang perlu di perhatikan ialah jenis ikan yang anda budidaya. Apakah ikan hias atau ikan untuk di makan. Setelah itu carilah ikan yang mudah perawatannya, banyak di cari orang dan yang paling cepat menguntungkan.

3. Usaha Budidaya Tanaman Hias 

usaha budidaya tanaman hias

Tanaman hias memang tidak begitu dicari saat ini. Di tahun 2010 kebawah tanaman hias sangat di cari bahkan harganya sangat mahal, hingga ratusan juta rupiah. Kini harga tanaman hias cukup murah di pasaran namun tidak menutup kemungkinan suatu saat harga tanaman hias kembali meroket. Sehingga apabila anda berani mengambil kesempatan yang satu ini, anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat suatu saat nanti. Selain usaha budidaya tanaman hias, anda juga bisa menyediakan bibit tanaman hias dan juga sebagai penyedia jasa dekorasi taman atau halaman rumah.

4. Membuka Toko Kelontong

Prospek usaha membuka toko kelontong

Usaha yang satu ini sangat cocok di jalankan di desa maupun di kota. Modal awal yang di butuhkan cukup bervariasi, bisa di sesuaikan dengan dana yang ada. Apabila anda tidak sanggup membuka toko, maka anda bisa mendirikan usaha ini di rumah anda sendiri. Anda rubah ruang tamu atau teras anda menjadi toko kelontong kecil-kecilan. Nantinya apabila modal sudah bertambah, anda bisa mendirikan toko kelontong dengan skala yang leboh besar.

5. Jasa Menjahit Pakaian 

Prospek usaha jahit sangat menjanjikan

Bagi anda yang memiliki kemampuan menjahit maka jangan menyia-nyiakan kesempatan ini. Prospek usaha jahit sangat menjanjikan bahkan sangat jarang usaha jahit yang sepi. Bahkan di musim anak daftar sekolah, antara bulan juni hingga agustus menjadi puncak kejayaan penjahit. Selain itu menjelang lebaran juga banyak orang yang membutuhkan jasa menjahit. Memulai usaha ini jelas sangat murah, karena anda bisa membeli mesin jahit dengan harga 1-2 jutaan saja dengan kualitas yang standar.

6. Usaha Bidang Jasa

Usaha potong rambut bidang jasa yang bisa di jalankan di desa

Selain usaha menjahit, banyak sekali usaha bidang jasa yang bisa di jalankan di desa. Beberapa contohnya adalah jasa perbaikan rumah atau bangunan, jasa perbaikan sepatu, payung dan sebagainya, jasa potong rambut, semir rambut atau salon. Banyak sekali usaha bidang jasa yang bisa anda coba meskipun anda berada di desa.

7. Usaha Bidang Pertanian

usaha bidang pertanian yang menjanjikan

Desa tentu tidak asing dengan yang namanya pertanian. Hampir di atas 70% bidang pertanian di jalankan dari desa atau kota kecil. Mengingat tempatnya yang sangat mendukung, maka usaha bidang pertanian bisa anda jadikan pilihan usaha yang menjanjikan. Hanya saja usaha bidang pertanian rata-rata membutuhkan modal yang cukup besar.

8. Usaha Sesuai Hobi, Bakat, Keberuntungan dan Lain Sebagainya

Terkadang memulai suatu usaha bisa lewat beberapa hal yang kita sukai atau kita kuasai. Selain itu keberuntungan juga bisa mengarahkan kita ke dalam usaha yang tepat. Contohnya usaha yang di jalankan sesuai dengan hobi kita adalah kolam pemacingan.

Baca juga: Permasalahan Usaha Kecil Dan Menengah (UKM)

Itulah 8 contoh usaha di desa yang bisa di jalankan dengan modal kecil. Selain 8 contoh di atas tentu saja masih banyak contoh lainnya. Jangan sampai anda patah arang dalam meraih kesuksesan. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca Contoh Usaha kecil menengah yang menguntungkan di Desa Menjanjikan.

Sekian pembahasan kali ini tentang Usaha Kecil Menengah Penggerak Ekonomi. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF