23 Nov 2017

Cara Membuat Meta Tag SEO Friendly Blog Untuk Pemula

Membuat Meta Tag SEO Friendly Blog

SEO merupakan cara yang di gunakan webmaster untuk mengoptimalkan mesin pencari dengan kata lain kita bisa memaksimalkan traffic dari pencarian melalui google, bing, yahoo dan lain sebagainya. Maka dengan menggunakan cara inilah kita bisa mengarahkan lalulintas atau trafik ke halaman atau website yang dimiliki. Pada dasarnya mesin pencari tidak hanya merayapi dari artikel atau konten yang di buat saja namun bisa merayapi sampai ke struktur kode yang di buat, baik itu dari navigasi, label, atau alamat url yang mengandung kata kunci tertentu.

Membuat Meta Tag SEO Friendly Blog
Nah pada pembahasan kali ini bagaimana memaksimalkan blog kita dengan menggunakan meta teg yang yang di terapkan di blog. Meta teg disini juga berpengaruh dan juga salah satu penunjang untuk hasil yang lebih maksimal di SERP pencarian tentunya dengan menggunakan meta tag yang seo friendly. Lalu bagaimanakah meta tag seo friendly yang baik untuk sebuah blog yang kita miliki? Penasaran bukan yuk simak yang berikut ini cara membuat meta tag seo friendly untuk sebuah blog di blogspot atau website.

Karena meta tag  juga memiliki peranan yang penting agar mampu mendapat index dari search engine. Maka banyak blogger juga telah menerapkan hal ini dengan menambahkan keyword atu kata kunci ertentu yang akan di rayapi oleh mesin pencari terhadap blog maupun artikelnya di SERP. Google sendiri pun menyarankan agar menggunakan meta tag agar lebih mudah untuk mengindex sebuah web atau blog.

Artikel terkait: Bagaimana Menambahkan Meta Tag Keywords SEO di Html Blog

Dalam penerapannya sangat mudah dan siapa saja bisa mencobanya Berikut ini adalah penerapan untuk cara membuat meta tag seo friendly:

1). Meletakan pada Title/Judul

Judul merupakan identitas dari artikel atau konten yang dibuat dan biasanya dari judul inilah mesin pencari akan menemukan apa yang dicari pengunjung. Coba perhatikan jika kita di posisi pengunjung ketika mengetikan sesuatu di pencarian maka yang di dilihat pertama kali oleh pengunjung adalah judulnya maka kita bisa memodifikasinya agar menjadi seo friendly di setiap postingan di search engine.

Cari kode:   <title><data:blog.pageTitle/></title>

Kalau sudah ketemu lalu ganti dengan kode berikut:

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/><title><data:blog.pageTitle/></title>
</b:if>

atau dengan kode

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>

jika anda ingin menembak keyword, gunakan tag title ini:

<b:if cond='data:blog.pageType ==
"index"'>
<title><data:blog.pageTitle/> | keyword1 | keyword2 | dst</title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></
title>
</b:if>

2). Menambahakan Deskripsi

Sobat dalam meta tag deskripsi ini berfungsi untuk menjelaskan tentang blog yang Anda kelola. Meta tag ini akan menjelaskan secara spesifik dari isi konten atau artikel yang dibuat. Tak jarang pada mesin pencara dari sinilah mengambil informasi yang di butuhkan dan ditampilkan oleh mesin pencari.

<meta content='Deskripsi web atau blog sobat' name='description'/>

Berikut ini contoh penerapannya pada blog sobat:

<meta content='Blog SEO | Tutorial Blogspot | Belajar SEO Blogspot - Panduan praktis dan tutorial belajar seo lengkap serta membuat blog yang mudah di blogspot' name='description'/>

Perlu diperhatikan dalam menuliskan deskripsi ini karena memang ada batasan dalam penulisannya yaitu 100 caracter/huruf agar bisa disebut friendly.

3). Menggunakan keywodr/kata kunci

Kata kunci merupakan hal yang dibutuhkan dalam mengelola blog atau website karena memang jika tidak menggunakan kata kunci ini pasti tidak akan bisa menemukan konten kita bahkan bisa jadi berada pada peringkat sekian-sekian-sekian. Karena itulah Meta yang satu ini yang akan mengarahkan lalu lintas pada nlog yang kita kelola. Dengan menggunakan keyword inilah yang dapat membantu Anda dalam optimasi SEO di mesin pencari agar bisan ter deteksi. Nah untuk menggunakannya tentu harus sesuai dengan niche atau topik yang ada jangan sampai kita membuat topik makanan malah di buat topik teknologi jadi usahakan keyword yang anda masukkan sesuai persis dengan informasi yang terdapat pada blog Anda.

<meta content='Kata kunci blog atau web name='keywords'/>

Berikut ini contoh bagaimana menerapakannya pada blog:

<meta content='Tutorial Blogspot, Belajar SEO Blogspot, Tips SEO, Belajar SEO Frienly Mudah' name='keywords'/>

Namun jangan terlalu banyak menggunakan kata kunci ini karena bisa dianggap spam oleh mesin pencari alhasil malah tidak terindex atau tidak mendapatkan peringkat cukup beberapa saja namun mewakili seluruh isi informasi yang Anda berikan.

Saya dulu juga menggunakan bom kata kunci dalam artian memasukkan terlalu banyak malah tidak terindex sama sekali hal inilah yang harus di perhatikan dalam menerapkan kata kuci ini.

Baca juga: 3 Hal Bagaimana Meningkatkan CTR Di Hasil Pencarian Google

Memang dalam membagun blog tentu butuh proses dan ketekunan yang terpenting itu adalah konten yang berkualitas yang kita buat karena google menyukainya. Bayangkan berapa ribu konten segar setiap hari yang terus bermunculan nah dari konten inilah kita bisa memaksimalkannya. Juga karena meta tag seo friendly adalah sebagai pendukung bukan inti dari blog itu sendiri dalam menentukan hasil blog atau web anda di search engine. Jika Anda baru mulai ngeblog pesan saya adalah buatlah artikel yang banyak dan teratur maka Anda akan mendapatkan tempat dan nama di mesin pencari.

Demikian pembahasan yang cukup menarik kali ini Membuat Meta Tag SEO Friendly Blog. Sya berharap semoga artikel yang sedikit ini cukup memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi informasi yang bermanfaat juga dengan pengujung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses utnuk kita semua.

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF