21 Nov 2017

Cara Membuat Anti Copas untuk Blog Melindungi Konten

Cara Membuat Anti Copas untuk Blog

Pasti kita sebagai blogger ingin blog kita terjaga dan melindingi isinya dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab bukan. Nah kebetulan saya baru saja memasangnya di blog ini karena tek jarang ada orang yang mengambil dan tidak menyertakan sumber penulisnya dan juga sering saya ketika menjelajahi internet untuk mencari informasi tertentu ternyata ada tulisan ku disana dan yang saya heran sudah dipasang i iklan Adsense yang menguntungkan sebelah pihak. Nah  dari sini saya akan berbagi cara membuat nya anti copas tersebut.

Membuat Anti Copas untuk Blog Melindungi Konten

Anti copas ini fungsinya untuk melindungi artikel yang berkualitas Anda. Cara kerjanya adalah mengunakan script anti copas yang disini akan mematikan fungsi klik kanan mouse (disable right click), juga mematikan fungsi Ctrl+C, disable select text, bahkan bisa disable Ctrl+P.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk membuatnya berikut ini beberapa kode yang bisa dipasang di template blog untuk melindungi tulisan artikel yang Anda tulis ada 3 kode yang bisa di gunakan untuk menerapkan fungsi ini.

Sehebat-hebatnya kode pastiada kekurangannya yang mungkin masih tetap bisa diakalin. Memang aman sih kalau sudah pasang kode ini namun menurut saya embua artikel memang untuk berbagi informasi untuk orang lain. Menurut banyak orang, mematikan fungsi klik kanan dan Ctrl+C (Copy) sudah menjadi teknik lama malah justru sekarang ini banyak blogger yang melepas kode tersebut. Kini zamannya sedekah dan berbagi manfaat untuk orang lain. Hitung-hitung berbagi informasi yang bermanfaat dapat pahala.

Saya baca-baca artikel sih katanya ini juga mepengaruhi kualitas SEO kita loh. Masih menurut beberapa blogger/pakar SEO Blog, dengan mematikan fungsi klik kanan atau memasang kode anti-copas, ini bisa jadi malah membuat blog kita mengalami penurunan pengunjung setia kita. Alasanya mereka tidak bisa mengambil informasi yang kita bagikan dan menjadikan sebagai referensi mereka yang akan membuat user merasa kecaewa dan tidak mau lagi membuka blog kita. Nah dari sini ada potensi penurunan pengunjung karena biasanya tak jarang pengunjung akan mengingat alamat blog kita.

Artikel terkait: 5 Hal Yang Perlu di Lakukan Untuk Memperbaiki Konten Anda

Tapi jika sudah Anda pertimbangkan untuk menambahkannya berikut saya bagikan semoga menjadi referensi yang bermanfaat. Maka ini dia kode-kode untuk mematikan fungsi klik kanan, anti-copas, anti Ctrl+C (Copy), anti Ctrl+P (Print), anti Ctrl+U (View Source Code). Intinya, blog Anda cuma bisa dibaca saja dan tak lagi bisa di copy.

1) Dengan memasang kode berikut maka akan memunculkan pesan anda

<script> var message="Jika mau copy cantumkan sumber Ya!";
///////////////////////////////////
function clickIE4(){if (event.button==2){alert(message);return false;}} function clickNS4(e){if (document.layers||document.getElementById&&!document.all){if (e.which==2||e.which==3){alert(message);return false;}}} if (document.layers){document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS4;} else if (document.all&&!document.getElementById){document.onmousedown=clickIE4;} document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false")</script>

Cara memasangnya adalah:

1. Klik "Add Gadget" (posisi widget bebas, di mana saja)
2. Pilih "Javascript/HTML"
3. Copy + Paste kode berikut ini di kotak yang tersedia:
4. Save

Pada kalimat yang saya bold bisa Anda ganti sesuai keinginan. Fungsinya untuk mengingatkan kalau mau copas cantumkan sumbernya.

2). Kode berikut ini untuk perlindungan total dari klik kanan maupun print

<body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;'>

Dari kode diatas akan menonaktifkan semua fungsi untuk copy paste tulisan dimatikan, baik klik kanan maupun Ctrl+C, Ctrl+U, dan CTRL+P.

Cara memasangnya adalah:

1. Klik "Edit HTML"
2. Cari kode <body> (Biar mudah tekan ctrl+f) Lalu tuliskan <body>
3. Ganti kode <body> dengan kode yang tadi kemudian simpan

3). Jika kode no. 3 tadi untuk anti copas total maka kode berikut untuk postingan tertentu

<body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;'/>

Nah jika Anda ingin memasang di postingan artikel tertentu yang menurut Anda untuk menjaga hak original artikel Anda maka kode berikut sangat cocok karena memang bisa di terapkan di artikel tertentu.

Cara memasangnya adalah:

1. Saat menulis artikel dan selesai maka masuk lah pada menu HTML
2. Klik mode "HTML"
3. Coy kode di atas dan tempatkan di bawah postingan/paling bawah.
4. Publish!

Baca juga: Ingin Menjadi Blogger Pemula Sukses Hindari Kebiasaan Buruk Ini

Perlu diperhatikan dalam menerapkan kode ini tentunya ada manfaat dan juga ada kekurangannya. Jika benar-benar Anda tidak ingin konten di copy orang lain maka cara ini sangat cocok untuk blog yang Anda kelola, namun jika tujuannya blog yang Anda kelola untuk berbagi dengan ikhlas maka tidak perlu untuk memasangnya. Risikonya, pengunjung bisa berkurang karena mereka malas balik lagi, juga fungsi Kotak Pencarian akan mati. Usahakan di pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memasangnya.

Demikian artikel ini tentang Membuat Anti Copas untuk Blog semoga yang sedikit ini memberikan manfaat bagi pembaca yang budiman. Mohon maaf jika ada kekurangan dalam tata bahasa atau yang lain, jika mau menambahi untuk berbagi pada pengunjung lainnya silahkan berkomentar dibawah ini Terimakasih.

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF