6 Apr 2018

4 Rahasia Cara Mendapatkan Uang Dengan Menjadi Seorang Penulis!

Cara Menghasilkan Uang dari Jasa Penulis Artikel

Setiap orang yang menjalankan sebuah blog ataupun sebuah website ataupun lainnya yang berhubungan dengan menulis tentu mempunyai hobi menjadi seorang penulis. Tentunya mereka sudah sangat terbiasa menulis dan itulah hobi mereka, tetapi bagi sebagian orang yang mempunyai hobi menulis belum tahu bahwa dengan menulis ia bisa menghasilkan uang.

Banyak yang telah berhasil dan sukses dan menghasilkan jutaan hingga puluhan juta dari hobi menulis ini. Sekarang ini banyak media yang bisa kita jadikan hobi menulis itu menjadi penghasilan tambahan bahkan malah jadi profesi yang sangat menjanjikan. Internet saat ini memiliki peran yang sangat bersar dalam segala hal salah satunya dengan menjadi penulis ini. Dengan adanya internet inilah seorang bisa menghasilkan uang dari blog, berjualan artikel atau menyediakan jasa pembuat artikel, kerjasama dengan media berita seperti UC news, Babe dan masih banyak lagi.

Cara Mendapatkan Uang Dengan Menjadi Seorang Penulis

Dari segi pendapatan mereka jangan salah perbulan bahakan ada yang bisa mereup keuntungan yang besar hingga puluhan juta dari hobi menulis ini. Jadi, apakah kalian penasaran bagaimana cara agar hobi kalian tersebut menghasilkan sebuah penghasilan yang akan membantu ekonomi yang kalian jalankan? Nah, sekarang inilah 4 rahasia cara mendapatkan uang dengan menjadi seorang penulis. Penasaran? yuk cek dibawah ini.

Artikel terkait: Cara Jitu Menjadi Penulis Artikel Freelance di Vebma Hasilkan Uang

4 Rahasia Cara Mendapatkan Uang Dengan Menjadi Seorang Penulis!

1). Menjadi Penulis Bayaran

Cara pertama adalah dengan Menjadi seorang penulis bayaran. Kalian pasti tahu bahwa ini bukanlah pekerjaan yang sangat sulit untuk kamu yang hobi menulis. Tentu saja kamu bisa menawarkan bakat menulis kamu kepada para blogger yang sedang mencari content writer. Selain itu kamu bisa join di grup-grup seperti blogger Indonesia di Facebook dan menawarkan jasa menulis kamu. Biasanya per artikel dibayar 10rb untuk 500 kata. Namun beda orang beda bayaran juga. Dan menjadi kontributor sebuah aplikasi berita yang memberikan bayaran untuk setiap artikel yang kita tulis.

2). Menjadi Penulis Bisnis Start'up

Menjadi penulis di startup adalah cara terbaik untuk kamu agar mendapatkan uang dari menulis. Kerja yang kamu lakukan adalah menulis sebuah artikel dan mempromosikannya di media sosial. Apabila mendapatkan pengunjung, kamu akan mendapat point. Nah, point tersebut bisa kamu tukar jadi uang. Bisa jadi hal ini bisa bermanfaat untukmu dalam menulis konten yang menarik dan viral.

3). Menjadi Penulis Sesuai Selera

Kamu bisa menulis mengenai tulisan-tulisan yang merupakan karakter kamu. Dari berita yang hits/trend maupun berita terbaru. Tentu cara menulis kamu harus dengan sesusai dengan selera yang kamu sukai, tentu ini akan membuat kamu lebih mudah untuk mendapatkan uang. Terlebih lagi pada zaman sekarang semua orang menggunakan media sosial, kamu bisa memanfaatkan hal itu untuk mempromosikan tulisan kamu.

4). Menjadi Publisher Google Adsense

Sebenarnya banyak sekali media periklanan-periklanan yang bisa kamu gunakan, namun kami lebih rekomendasikan Google Adsense, karena lebih aman dan tentunya terpercaya. Hal yang harus kamu punya dulu adalah sebuah blogger yang cukup umur alias 6 bulanan dan memiliki konten yang berkualitas. Jika kamu sudah memenuhi syarat untuk mengiklan blog mu, nah saat itulah kamu bisa menghasilkan uang dari Google Adsense. Apakah kalian tahu, dengan menulis sudah banyak sekali yang sudah menjadi Jutawan dan sukses dalam Google Adsense ini. Ini sangat cocok sekali untuk hobi menulismu. Jadi hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membangun sebuah blog.

Baca juga: Peluang Bisnis Tanpa Modal Namun Bisa Untung Besar

Nah itulah 4 cara mendapatkan uang dengan menjadi seorang penulis, dari 4 deretan diatas, manakah cara yang paling menarik untuk kamu coba? tentu semua cara diatas sudah terbukti bisa menghasilkan uang jika kamu memang benar - benar untuk melakukannya.

Apa saja sih keuntungan Menjadi Penulis Artikel freelancer itu?

Setelah kita mengetahui beberapa cara bagaimana mendapatkan uang dari internet kemudian kita akan membahas strategi dan cara menghasilkan uang dari tulisan yang telah Anda buat nantinya, untuk itu saya akan menguraikan dahulu keuntungannya agar lebih mudah untuk di pahami. Dari yang saya tahu beberapa artikel mungkin juga telah membahasanya untuk itu saya akan menjabarkan beberapa saja sebagai berikut:

1). Waktu yang lebih fleksibel

Bagi semua orang pasti ingin mendapatkan passive income namun dengan waktu yang bisa kapan saja dan dimana saja. Nah menjadi penulis ini tentu kita memiliki waktu untuk mengerjakannya secara leluasa atau fleksibel. Berbeda dengan kita bekerja di sebuah perusahaan pasti waktu akan tercurahkan sepenuhnya di perusahaan tersebut. Namun berbeda dengan menjadi penulis lepas ini kita bisa mengerjakan kapan saja, mungkin jika kita pelajar menulis setelah pulang sekolah, pegawai misal saat setelah bekerja, atau biasanya ibu rumah tangga mungkin bisa juga dikerjakan sore, malam atau di hari libur yang pastinya akan lebih mudah dah santai.Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa menjadi seorang penulis ini bisa dilakukan dan disesuaikan dengan waktu yang bisa gunakan tanpa mengikat atau bisa dikatakan bebas lah.

Meski terlihat bebas dan santai namun tidak boleh seenaknya saja misal dapat orderan sekian namun pengerjaanya tidak sesuai dengan kesepakatan dengan pelanggan. Mestinya harus sesuai dengan waktu dan pengerjaan yang telah ditetapkan agar kedua belah pihak bisa mendapat keuntungan terutama kepuasan pelanggan. Jadi perlu meluangkan waktu untuk bisa mengerjakannya.

2). Bisa dikerjakan dimana saja atau tempat yang lebih fleksibel

Berikutnya kita bisa mengerjakan dimana saja tentu asalkan membawa gadget atau laptop untuk menulis, dengan menjadi penulis lepas ini kita bisa menulis dimana saja bahkan dengan memanfaatkan smartphone yang kita miliki yang pasti lebih mudah. Kemudian Anda pun bisa mengerjakanya dimana saja mungkin di kafe, kampus, dirumah, perpustakaan, ruang terbukan, hotel, dalam perjalanan (naik bus) dan lain sebagainya.

Untuk menulis ini kan kita butuh ide sesuai dengan apa yang ingin ditulis oleh karena itu lebih baik di sesuaikan dengan suasana yang pas dan cocok untuk menulis.

3. Bisa kenal dengan banyak blogger atau pemilik website yang sudah terkenal

Di dunia bisnis online khususnya yang bergerak dibidang penulis artikel atau blog, maka dengan menjadi penulis lepas ini Anda akan menjumpai banyak orang yang telah berkecimpung di dunia blogger atau pengelola website yternama. Dengan demikian Anda pun bisa belajar dari mereka misalnya saja bagaimana mereka bisa mengelola bisnisnya dengan tepat, mengatur waktu, mengelola bisnis-nya atau bisa jadi di ajak kerjasama dengan mereka. Nah dengan demikian Anda akan mendapatkan manfaat dan niali tambah dari segi ilmu, solusi dalam dunia bisnis online yang satu ini.

4). Potensi pendapatan yang lebih besar

Menulis itu adalah pekerjaan yang sangat dibutuhkan saat ini dan memang salah satu keahlian yang cukup mahal apalagi jika sudah menerapkan teknik-teknik SEO pasti akan sangat dibutuhkan. Dengan penerapan SEO dan artikel yang berkualitas maka harganya pun juga sangat tinggi dengan peminat yang banyak bahkan mereka (konsumen) berani membayar mahal untuk satu artikel yang berkualitas ini. Dari segi harga standart satu artikel saja kisaran Rp 3.000 s.d Rp 6.000 per 100 kata. Kebanyakan pemesan artikel ini mereka memilih untuk membeli artikel yang 300 kata. Bayangkan saja orang order itu tidak cuman satu atau dua mereka akan order bahkan hingga ratusan artikel sekaligus. Saya pun sebagai blogger juga sering berbelanja artikel ini sekali order saya mengeluarkan setidaknya 500 ribu lebih. Tentu saja ini akan sangat potensial jika telah banyak yang order tinggal dikalikan saja.

Namun perlu di ingat menulis itu tidak semuadah yang di bayangkan perlu adanya minat, niat, dan ide jangan sampai malas dan tidak menyelesaikan orderan yang ada. Sebaiknya sesuaikan kemampuan kita dalam menulis misalnya seminggu mengerjakan untuk satu orang atau konsumen, jangan sampai sudah menampung banyak orderan namun akhirnya kita kualahan sendiri, namun berbeda jika kita sudah memiliki tim yang bisa mengerjakan artikel sekian-sekian akan lebih mudah untuk menanganinya.

5). Bisa dijadikan pekerjaan sambilan dan tidak perlu keluar dari Profesi utama

Seperti yang telah saya bahas pada poin no 1 dan 2 di atas maka dengan menjadi penulis lepas ini Anda tidak pelu sampai keluar dari pekerjaan atau profesi yang telah Anda jalani saat ini misalnya Anda adalah seorang pegawai kantor atau PNS maka Anda bisa mengerjakannya selepas atau sesudah pekerjaan selesai bisa malam atau subuh sesuai dengan kemampuan kita. Yang pasti bisa membagi waktu pekerjaan jangan sampai melupakan keluarga demi mencari uang.

6). Menjadi orang yang lebih kreatif

Pada dasarnya menulis itu membutuhkan ide dan kreatifitas yang cukup tinggi bahkan wawasan juga penting dalam hal menulis ini. Oleh karena itu dengan Anda menulis maka secara sadar dan tidak sada Anda akan bisa meningkatkan daya kreatifitas dalam diri Anda dan juga akan meningkatkan keterampilan menulis Anda. Dari sinilah bisa jadi Anda telah menggali potensi diri sebagai penulis profesional nantinya. Selain itu dengan menulis secara tekun maka otak akan terus bekerja, terlatih dan juga terasah dengan mengingat hal-hal baru yang telah dipelajari hal inilah yang akan membantu bahkan menunda kepikunan.

7). Mendapatkan popularitas


Banyak yang telah terkenal dengan menjadi seorang penulis ini misalnya And pasti kenal dengan "Raditya Dika" Dika Angkasaputra Moerwani atau lebih dikenal dengan Raditya Dika adalah seorang penulis, komedian, sutradara & aktor. Buku pertamanya berjudul Kambing Jantan masuk kategori best seller. Wikipedia. Awalnya dia adalah seorang penulis di blog pribadinya hingga menjadi terkenal seperti sekarang ini. Atau jika Anda seorang Muslim tau dan mendengar yang namanya Imam Al-Ghazali bukan? Nah mengapa beliau bisa tenar dan terkenal hingga saat ini bahkan tak lekang oleh waktu? Karena memang bilau adalah seorang penulis yang hebat luar biasa keilmuannya.

Oleh karena itu bukan tidak mungkin jika Anda menekuni dunia penulis ini dari penulis lepas dengan karya-karya yang berkualitas dan terus dikembangkan bukan tidak mungkin Anda pun bisa menjadi terkenal dan ternama nantinya.

Nah itulah beberapa keuntungan dan manfaat menjadi penulis lepas dari 7 poin diatas hanya beberapa saja yang pasti akan lebih banyak manfaatnya. Nah berikutnya bagaimana sih langkah-langkah menjadi penulis lepas itu? berikut ulasanya:

Panduan Bagaimana Menjadi Penulis Artikel Lepas

Dari pembahasan di atas tentu kita sudah tahu tentang penulis itu seperti apa dan bagaimana peluang dan keuntungan penulis lepas itu yang memang menjanjikan. Oleh karena itu ada bainya kita juga mengetahui bagaimana cara menjadi seorang penulis artikel yang bisa menghasilkan uang itu sperti apa untuk itu simak poin-poin langkah berikut ini:

1. Miliki jiwa dasar menulis

Dengan memiliki daras yang baik dalam menulis maka nantinya akan baik juga dari berbagai aspek mungkin dari penulisan, tata bahasa dan lain sebagainya. Kemudian untuk mendukung penulisan yang baik dan berkualitas tentu kita perlu membaca dan memahami apa yang akan kita tulis nantinya. Dari membaca inilah yang akan bisa membentuk karakter dan gaya bahasa dari karya-karya tulis yang kita buat. Selain itu dengan kita membaca maka akan memerdalam wawasan kita juga yang akan mempengaruhi kualitas tulisan kita.

Saya memang belum masih dalam menulis namun dari contoh artikel ini membuktikan bahwa saya pun bisa menulis dengan banyak kata yang terkandung didalamnya hal ini mengalir saja apa yang saya pikirkan saya tulis disisni. Saya rasa ini adalah hasil dari kegiatan membaca yang ternyata bisa menambah wawasan dari apa yang telah saya baca.

2. Tingkatkan, kembangkan, dan Asah Keterampilan Menulis Anda

Menjadi penulis profesional tentunya tidak jadi begitu saja pasti akan ada proses yang akan dilalui tahap demi tahap sampai menjadi profesional. Memang menjadi penulis itu kita butuh membaca namun hal ini tidaklah cukup sampai disitu saja namun harus di sinergikan dengan keterampilan menulis juga. Untuk itu dalam mengasah kemampuan menulis caranya dengan menulis itu sendiri jika ini dilakukan dengan konsisten maka sedikit demi sedikit akan membagun keterampilan menulis Anda kedepannya.

Semakin banyak karya tulis Anda maka akan semakin bertambah pula ilmu menulis yang akan Anda dapatkan. Dalam kegiatan menulis ini ada baiknya untuk menemukan topik-topik yang dirasa cacok dengan apa yang kita sukai sehingga akan mempermudah dalam mendalami dan juga menguasai materi-materi yang akan Anda tulis nantinya. Jika Anda ingin tahu bagaimana car amenulis yang baik dan benar maka perlu untuk mencari artikel yang berhubungan dengan cara menulis yang baik, benar, dan berkualitas.

3. Mintalah pendapat atau penilaian orang lain

Pendapat orang lain itu juga sangat penting hal ini akan menjadi acuan Anda untuk menulis artikel yang berkualitas mendatang. Untuk itu jika Anda ingin terjun di bidang penulis ini maka mintalah pendapat terlebih dahulu mungkin dari teman kerabat atau langsung dari konsumen pertama Anda dengan meminyta testimoninya. Jika ada penilaian yang kurang baik maka Anda bisa memanfaatkannya sebagai pembelajaran untuk meningkatkan kualitas tulisan Anda, disamping itu jangan sampai minder ataupun patah semangat namun jadikan motivasi Anda untuk membuat karya yang lebih baik kedepannya. Kemudian perlu juga untuk meminta pendapat kurangnya dimana agar segera memperbaikinya.

4. Gunakan blog untuk memulai tuisan Anda

Blog adalah tempat yang sangat cocok untuk menjadi penulis profesional bahkan siapa saja bisa menggunakanya karena memang gratis untuk membuatnya. Dari blog ini Anda juga bisa mempromosikan atau menawarkan jasa Anda kepada khalayak luas. Promosi ini sangat penting karena dengan promosi ini produk atau jasa yang Anda miliki akan dikenal banyak orang. Oleh karena itu ada baiknya Anda membuat blog pribadi Anda yang nantinya juga akan bisa digunakan sebagai promosi dari jasa penulis lepas Anda. Lalu apa sih kegunaan blog ini bagi Anda?

Sebagai konsumen tentu ingin melihat tulisan-tulisan yang telah kita buat untuk memastikan bahwa tulisan yang kita buat ini memang berkualitas dan layak untuk di beli. Oleh karena itu blog ini sebagain contoh jika ada konsumen atau calon kustomer yang ingin tahu tulisan yang kita buat. Biasanya pembeli akan menanyakan terlebih dahulu contoh artikel dari penyedia jara arikel ini. Jika sudah dirasa cocok maka pembeli akan segera memilih jasa yang Anda tawarkan.

Untuk membuat blog ini sangat mudah bahkan yang belum tahu blog ini dengan membaca artikel sepintas saja pasti sudah paham. Ada banyak platform yang bisa digunakan dari Blogger, Wordpress dan masih banyak lagi yang bisa Anda gunakan.

5. Promosikan jasa atau artikel Anda

Selanjutnya adalah bagaimana jasa penulis artikel yang kita sediakan dapat menarin banyak pelanggan. Hal ini juga berkaitan dengan poin 4 tadi. Untuk bisa mempromosikan jasa penulis artikel ini yang memang cukup ampuh untuk menarik pembeli adalah sebagai berikut:
  • FJB Kaskus
  • Media sosial ( facebook, twitter, instagram) dll.
  • Sribulancer
  • co.id
  • com (melalui signature)
  • Blog
  • dll
Untuk lebih menarik pembeli ada baiknya untuk membuat portofolio yang menarik dan terlihat profesional agar pembeli lebih percaya dengan jasa yang Anda tawarkan.

6. Buat daftar orderan pembeli

Daftar ini berguna jika Anda sudah memiliki banyak pembeli yang mengantri untuk menggunakan jasa Anda. Karena konsumen ini adalah raja maka perlakukan dengan sebaik mungkin. Biasanya pengalaman saya ketika memesan artikel maka akan di informasikan beberapa hal dari antrian, nama pemesan, kata kunci (keyword), jumlah pesanan yang masuk, waktu atau jadwal selesai. Hal ini akan memudahkan Anda dalam pengerjaan dan tentunya Anda tidak akan kualahan dalam mengurus pesanan karena sudah ada antriannya. Selain itu pelanggan akan lebih memaklumi jika memang pesanan yang masuk banyak.

7. Kualitasdan Keaslian Tulisan adalah prioritas utama

Arikel yang baik tentuk harus mengutamakan keaslian dan kualitas dari tulisan inilah yang paling utama dan sering di cari oleh pembeli. Meskipun orderan yang masuk banyak maka jangan sampai memberikan artikel yang sama sekali tidak berkualitas bahkan buruk artikel copy paste. Perlu di ingat jika konsumen sudah tidak percaya jangan harap mereka mau membeli dan memilih jasa Anda. Maka sekali Anda berbuat kecurangan, taruhannya adalah kredibilitas Anda bisa turun drastis.

Saya juga pernah mengalami hal ini sebagai pembeli artikel, ada penyedia jasa penulis artikel namun memberikan artikel copas/copy passte langsung saya kecewa dan tidak akan lagi membeli disana. Bayangkan saja apa jadinya ketika itu saya telah pesan 35 artikel dan ternyata sangat mengecewakan.

8. Minta testimoni dari pembeli

Testimoni ini sangat penting untuk menunjang bisnis Anda. Oleh karenanya jangan sungkan untuk meminyta kepada pembeli testimoni terlebih dahulu. Testimoni ini nantinya bisa Anda gunakan unutk strategi pemasaran Anda dan termasuk ampuh untuk memberikan kepercayaan kepada calon pembeli baru yang ingin menggunakan jasa artikel Anda.

9. Pahami dasar-dasar SEO (Search engine optimization)

Sebuah artikel tidak ada artinya di mesin pencari jika tidak memiliki kualitas SEO yang baik. Hal in karena memang Anda menawarkan jasa penulis artikel maka kebanyakan pembeli adalah para pemilik blog atau website. MOleh karena itu ada baiknya Anda memahami dan mengerti tentang SEO ini. Untuk penerapanya sebenarnya Anda tidak perlu mempelajarinya sampai detail teknik-teknik yang memang SEO ini sangat luas bahkan cukup rumit untuk orang awam, untuk itu cukup mengerti dasarnya saja sudah bisa mewakili kualitas artikel Anda. Misalnya saja dengan menerapkan atau menggunakan riset kata kunci, optimasi onpage dan lain-lain.

Baca juga: 3 Faktor Penting Dalam SEO Sebuah Website Yang Harus Ada

10. Tepat waktu sesuai kesepakatan dengan pembeli


Pembeli itu mereka membeli artikel agar bisa update dan terus memposting artikel-artikelnya. Oleh karena itu mereka sangat membutuhkan artikel tersebut agar bisa konsisten dan rutin untuk memposting artikelnya. Dlam hal ini sebagai penyedia jasa penulis artikel harus bisa memenuhi keinginan pembeli tersebut denga tepat waktu. Mengirim artikel denga tidak tepat waktu dengan tanpa kejelasan pada pembeli pasti akan sangat merugikan nantinya dan bahkan hal ini harus dihindari untuk menjaga kepuasan konsumen. Untuk itu buatlah kesepakatan dengan pembeli mungkin dengan mengirim 1 artikel setiap hari atau dengan menyelesaikan keseluruhan dengan berjangka waktu mialnya satu minggu untuk 30 artikel dan sebagainya. Ini akan lebih membuat nyaman pembeli.

Dalam pengerjaannya bisa jadi akan ada hambatan yang tidak terduga bukan yang bisa membuat telat pengiriman misalnya ada bencana, sakit, atau kepentingan lain yang tidak bisa di tinggalkan, maka hal ini sebaiknya untuk di informasikan terlebih dahulu kepada pembeli Anda agar mereka memaklumi yang sedang terjadi. Jika mereka tidak suka maka ada baiknya Anda mengembalikan sisa uang yang ada. Kenapa demikian karena ini akan menjaga profesionalisme dari jasa yang Anda miliki.
Memang menjadi penulis itu susah susah gampang namun jika kita menekuninya maka akann menjadi kegiatan yang menghasilkan ratusan bahkan jutaan rupiah dari kegiatan menulis ini. Untuk menjadi penulis lepas ini menurut saya adalah salah satu strategi bisnis online yang cukup menjanjikan dan tentunya dengan waktu yang fleksibel bisa dikerjakan kapan saja dimana saja tanpa harus mengganggu pekerjaan atau profesi utama Anda. Menjadi penulis lepas ini memang terlihat sederhana namun perlu adanya kerja keras langkah demi langkah yang bisa Anda pelajari dari uraian diatas.Saya yakin jika pekerjaan ini sangat potensial mengingat permintaan pasar akan jasa penulis artikel ini sangat besar.
Sekian pembahasan kali ini tentang Rahasia Cara Mendapatkan Uang dari Hobi Menulis. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

2 komentar

Sama-sama semoga bermanfaat dan memberikan nilai tambah untuk Anda.

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF