1 Jun 2018

Langkah-Langkah Dasar untuk Membuat Situs Web atau Blog

Bagaimana Memulai Membuat Situs Web atau Blog?

Website atau blog merupakan  media yang memiliki manfaat dan keuntungan yang banyak dari segi bisnis, marketing, personal branding dan masih banyak lagi yang akan Anda dapatkan ketika memiliki situs web atau blog. Dalam kegiatan bisnis ini website sangat dibutuhkan untuk menunjang bisnisnya. Dalam dunia pemasaran atau marketing biasanya digunakan untuk meningkatkan jangkauan konsumen dan pelanggan potensial sehingga akan meningkatkan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan. Tentunya masih banyak lagi fungsi yang bisa Anda dapatkan jiaka Anda memilikinya.

Langkah-Langkah Dasar untuk Membuat Situs Web atau Blog

Membuat sebuah situs web saat ini sangatlah mudah bahkan jika Anda tidak memahami dunia pemrograman/coding jangan khawatir karena saat ini telah ada media yang bisa Anda gunakan untuk membuat website dengan mudah dan bahkan gratis salah satunya dengan menggunakan CMS. Layanan penyedianya pun juga banyak tergantung minat Anda. Ada banyak sebenarnya yang bisa Anda gunakan dari Wordpress, Blogspot dan tentunya masih banyak lagi yang juga menawarkan keunggulan masing-masing. Dalam penerapannya pun sangat mudah Anda cukup mendaftar dan membuat konten yang dibutuhkan.

Artikel terkait: Top 8 Tips Bagaimana Membangun Situs Web yang Baik

Untuk membuat situs web atau blog yang berkualitas memang membutuhakn ketlatenan dan proses waktu yang cukup lama karena untuk menghasilkan suatu website yang berkualitas tersebut harus memiliki berbagai kriteria yang akan mengoptimalkan website yang Anda miliki, dari segi kualitas konten, umur website, kecepatan akses/loading, SEO dan tentu masih banyak lagi. Namun dalam prosesnya memang membutuhkan waktu tidak langsung jadi begitu saja. Nah berikut ini Petunjuk Langkah demi Langkah dasar untuk membuat sebuah situs web atau blog yang bisa Anda terapkan.

# 1). Dapatkan nama domain yang unik

Nama domain unik adalah hal yang perlu Anda perhatikan karena memang inilah yang akan mudah di ingat oleh pengunjung situs Anda. Dala pembuatan website atau blog biasanya yang dimulai dengan menentukan dan memilij nama domain yang baik dan unik sesuai dengan website yang Anda miliki. Misalnya saja website Anda bergerak di bidang kesehatan maka alangkah baiknya dengan mengandung kata kunci kesehatan juga, jangan sampai membuat website kesehatan namun malah dikasih nama otomotive ini tentu tidak akan memberikan nilai tambah pada pada website tersebut. Kriteria nama domain yang baik adalah domain mudah di ingat, relevan dengan pembaca atau audiens target Anda.

# 2). Dapatkan Tema Responsif

Tema merupakan aset yang perlu Anda perhatikan selanjutnya. Apa yang pertama kali pengunjung lihat saat mereka mengunjungi situs Anda? Pastinya tampilan website tersebut mereka akan merasa nyaman ketika mengunjugi website yang mudah dijelajahi dengan tataletak yang baik tetap bersih dan responsif.

Apa itu responsif? Tema responsif adala tema yang dapat menyesuaikan dengan perangkat pengguna/user sehingga datap diakses dengan mudah menggunakan berbagi perangkat yang ada. Oleh karena itu para pengguna dapat berselancar kapan saja di mana saja. Kemudian dari tata letak yang responsif menunjukan bahwa website Anda memang mendukung berbagai perangkat si pengguna. Dengan kata lain, Anda telah memberikan pengalaman yang baik kepada pengunjung dengan kemudahan bernavigasi secara optimal dengan ukuran yang pas, panning dan scrolling baik, dari monitor komputer desktop ke ponsel.

Mengapa website perlu tema responsif?

Semakin majunya teknologi yang ada saat ini jumlah perangkat, platform, dan browser yang terus berkembang dan tumbuh memungkinkanpengguna memiliki pilihan yang mereka inginkan untuk mengkakses sebuah informasi dari perangkat yang mereka miliki. Sebagian besar pengakses internet saat ini telah menggunakan perangkat seluler yang memungkinkan mereka dapat mengakses darimana saja dan kapanpun dalam mencari informasi yang mereka butuhkan. Bayangka jika sebuah website itu tidak responsif yang awalnya di peruntukan untuk desktop kemudian di akses oleh perangkat seluler maka tampilan akan tidak nyaman bahkan acak-acakan. Oleh karena itu penting untuk memiliki tema yang responsif untuk website Anda. Itulah mengapa penting untuk memiliki tema responsif untuk situs web Anda!

Baca juag: Top 8 Plugin WordPress Terbaik yang Anda Butuhkan dan Instal

# 3) Siapkan Konten Anda

Banyak yang mengatakan bahwa konten adalah raja. Memnag benar konten adalah komponen utama dari website Anda. Tidak peduli seberapa indah website Anda, namun konten yang disediakan justru tidak berkualitas. Konten sendiri memiliki dampak pada mesin pencari dan kepada pengunjung itu sendiri. Bagi mesin pencari konten yang berkualitas ini sebagai indikator kualitas website yang Anda miliki. Karena mesin pencari lebih suka konten yang berkualitas sehingga akan mendapakan peringkat yang baik di hasil pencarian Google dan mesin pencari lainnya. Kemudian jika untuk pengunjung sendiri jika konten yang Anda berikan berkualitas maka mereka akan terus mengunjingi website Anda. Mereka akan merasa senang dengan apa yang Anda sajikan dan mendapatkan informasi yang di inginkan. Apalagi mereka juga membagikan kepada orang lain maka disini Anda akan mendapatkan nilai tambah dari mereka.

Selain itu, konten adalah untuk memberikan informasi kepada audiens Anda. Jika Anda tidak memiliki konten yang bagus, pengunjugn website Anda mungkin tidak memahami pesan yang Anda coba sampaikan kepada mereka.

Konten juga membantu Anda menambahkan nilai ke situs web Anda dan menarik lebih banyak pemirsa. Dengan kata lain, lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda, lebih banyak tayangan dan lebih cepat, lebih banyak konversi untuk bisnis Anda!

Sekian pembahasan kali ini tentang Langkah-Langkah Dasar untuk Membuat Situs Web atau Blog. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF