9 Jul 2018

Kenali 7 Jenis Asuransi Utama untuk Perlindungan Diri dan Aset Anda

Asuransi Perlindungan Diri dan Aset Anda

Asuransi merupakan alternatif investasi yang sekaligus dapat memperkecil risiko pada kejadian yang tidak terduga. Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi adalah perjanjian antara penyedia jasa layanan asuransi sebagai penanggung dan masyarakat sebagai pemegang polis.

Dalam hal ini pemegang polis menjadi tertanggung yang wajib membayar premi untuk penggantian risiko kerugian, kerusakan, kematian, dan kehilangan keuntungan yang diharapkan karena peristiwa yang tak terduga. Beberapa jenis asuransi di Indonesia harus Anda ketahui sebelum menentukan mana yang penting untuk Anda.

Asuransi Perlindungan Diri dan Aset Anda


Pilihan yang terbaik adalah hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih penyedia layanan asuransi terbaik saat ini. Alasanya karena dengan memilih yang terbaik inilah Anda akan merasa nyaman dan semakin percaya dengan apa yang diberikan oleh perusahaan jasa asuransi tersebut. Sebenarnya jenis-jenis asuransi ini ada beberapa macam yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Artikel terkait:  Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan Sinar Mas Terbaru

Nah untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasannya berikut ini:

1). Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang menangani masalah terkait kesehatan tertanggung beserta biaya proses perawatannya. Sakit yang ditanggung oleh perusahaan asuransi umumnya meliputi cedera, sakit, cacat, atau kematian akibat kecelakaan. Jenis asuransi ini dapat dibeli untuk kepentingan tertanggung atau orang ketiga.

Perusahaan asuransi swasta seperti AIA, Manulife, Allianz, dan Prudential menyediakan beragam asuransi termasuk asuransi kesehatan. Bahkan pemerintah juga mengimbau masyarakat untuk memiliki asuransi kesehatan dengan menyertai BPJS.

Asuransi kesehatan di Indonesia mempunyai jenis yang berbeda. Di antaranya sistem cashless dengan kartu, menggunakan uang tunai dengan kartu, dan tanpa kartu tetapi dapat diklaim bersama asuransi yang lain.

2). Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa memiliki manfaat berupa perlindungan atau ganti rugi finansial ketika tertanggung meninggal dunia. Biaya membeli manfaat asuransi jiwa relatif lebih murah dari jenis asuransi yang lain. Pasalnya uang pertanggungan hanya akan diberikan ketika tertanggung meninggal dunia. Asuransi jiwa sangat penting dimiliki oleh kepala keluarga atau tulang punggung ekonomi dalam keluarga. Sehingga ketika mereka meninggal dunia, kehidupan keluarga masih mendapat ditanggung.

Ada berbagai cara pembayaran untuk asuransi ini. Sebagian perusahaan yang melakukan pembayaran setelah tertanggung meninggal. Ada pula yang dapat membayarkan klaim sebelum kematian.

Sebagian orang beranggapan bahwa asuransi jiwa sama saja dengan menilai manusia dengan uang. Anggapan ini tidak benar, karena asuransi hanya memberikan perlindungan terhadap risiko setelah tertanggung meninggal. Dengan asuransi jiwa, keluarga tertanggung masih dapat menjalankan kehidupan (dengan finansial yang diterima) meski tertanggung telah tiada.

3). Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan memberikan tanggungan terhadap cedera atau kerusakan kendaraan orang lain disebabkan oleh tertanggung. Selain itu, asuransi kendaraan dapat membayar kehilangan atau kerusakan kendaraan tertanggung.

Jenis asuransi ini terbagi atas asuransi kehilangan saja (total loss) atau semua risiko (all-risk). Asuransi untuk sepeda motor biasanya hanya total loss, sementara untuk mobil tersedia keduanya. Pada mobil bahkan tersedia asuransi tambahan yaitu asuransi pihak ketiga.

4). Asuransi Pendidikan

Biaya pendidikan anak akan semakin naik dari waktu ke waktu. Tak heran jika orang tua bisa dibuat pusing dengan masalah ini. Asuransi pendidikan merupakan salah satu alternatif untuk menjadikan pendidikan anak terjamin. Premi yang dibayarkan berbeda tergantung tingkatan pendidikan yang ingin didapatkan nantinya. Dengan demikian, asuransi pendidikan termasuk salah satu jenis asuransi yang harus Anda utamakan.

5). Asuransi Perjalanan


Secara umum, asuransi perjalanan tak jauh berbeda dengan asuransi biasa. Asuransi ini memberikan proteksi kepada nasabah pada jangka pendek, selama tertanggung melakukan perjalanan hingga kembali pulang. Manfaat dari asuransi ini, tertanggung akan mendapat proteksi dan penanggungan jika terjadi kecelakaan. Asuransi juga termasuk biaya pengobatan darurat, evakuasi medis, dan pemulangan jenazah. Asuransi perjalanan juga mencakup perlindungan terhadap barang-barang bawaan yang berisiko rusak atau hilang.

6). Asuransi bisnis

Jika Anda mempunyai usaha, jenis asuransi ini wajib diprioritaskan. Asuransi bisnis mencakup perlindungan terhadap kerusakan, kerugian besar, dan kehilangan yang mungkin terjadi pada sektor usaha. Penggantian yang diberikan oleh penanggung meliputi kerusakan akibat kebakaran, ledakan, bencana alam, dan kerusuhan. Perusahaan asuransi umumnya menawarkan berbagai manfaat, antara lain perlindungan terhadap karyawan dan perlindungan investasi.

7). Asuransi Rumah


Asuransi rumah merupakan asuransi yang memberikan proteksi atau ganti rugi terhadap risiko kebakaran, kerusakan, dan kebanjiran yang menimpa properti rumah. Ganti rugi yang diberikan berupa uang pertanggungan untuk membangun rumah kembali jika risiko terjadi. Besarnya uang pertanggungan akan disesuaikan dengan jenis risiko dan berapa besar rumah yang diasuransikan.

Baca juga:  4 Asuransi Pendidikan Terbaik di Indonesia

Nah, dengan pengenalan mengenai jenis asuransi tersebut, semoga dapat menjadi pertimbangan awal sebelum menentukan asuransi mana yang harus Anda prioritaskan.


Sekian pembahasan kali ini tentang Asuransi Perlindungan Diri dan Aset. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF