15 Jul 2018

Tips Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor Terbaik

Asuransi Kendaraan Bermotor Terbaik

Meski harganya tidak semahal mobil, namun memiliki kendaraan motor juga penting untuk diasuransikan. Sebagai kendaraan yang dipakai untuk bepergian, motor tidak lepas dari berbagai resiko, seperti pencurian atau kerusakan. Namun untuk memilih asuransi terbaik bagi motor Anda, tentu ada hal-hal yang tidak boleh luput dari perhatian Anda. Berikut beberapa tips untuk memilih asuransi kendaraan bermotor terbaik untuk Anda.

Asuransi Kendaraan Bermotor Terbaik

Artikel terkait:  Inilah yang Perlu Anda Ketahui Tentang Asuransi Mobil Sinarmas

1). Mengenali Jenis Asuransi

Ada dua jenis asuransi kendaraan motor, yakni asuransi motor Total Lost Only (TLO) dan asuransi motor All Risk.

Pada asuransi motor TLO, ganti rugi akan diberikan jika motor mengalami kerusakan parah, atau kehilangan. Biasanya premi dari asuransi motor jenis ini berada pada rentang 0,80% – 2,11% dari perkiraan harga kendaraan. Karena premi yang relatif terjangkau, maka ssuransi ini cocok untuk Anda budgetnya terbatas, terlebih bila masih memiliki cicilan motor.

Selanjutnya ada asuransi All Risk. Asuransi ini dikenal juga dengan sebutan asuransi comprehensive. Sesuai dengan namanya, ranah perlindungan menggunakan asuransi jenis ini cukup luas cakupannya. Cakupan tersebut, seperti kehilangan karena penggelapan, cacat produksi, rusak karena kecelakaan, termasuk lecet pada kendaraan motor. Karena perlindungan lebih lengkap, biaya premi pun lebih tinggi. Biasanya antara 2,11% – 2,50% dari harga kendaraan.

2). Menyesuaikan dengan Kebutuhan

Sebagai pemilik kendaraan, Anda harus mengetahui secara pasti kondisi kendaraan Anda. Kondisi kendaraan tersebut dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan bagi jenis asuransi yang hendak Anda pilih. Jenis asuransi kendaraan motor terbaik yang dapat Anda pilih adalah All Risk atau TLO yang sudah kami jelaskan pada poin 1.

3). Melakukan Riset untuk Mendapatkan yang Terbaik

Untuk bisa menemukan layanan asuransi kendaraan bermotor terbaik, tentu Anda harus melakukan riset kecil-kecilan. Riset tersebut dapat dilakukan dengan membandingkan produk yang sama namun dari perusahaan berbeda. Anda bisa mendatangi langsung perusahaan asuransi terkait atau mengunjungi situs resmi perusahaan di internet.

4). Pertimbangkan Juga Perusahaan Asuransinya

Semakin banyak perusahaan asuransi yang berdiri, artinya semakin pilihan di tangan Anda untuk mengasuransikan motor Anda. Untuk memilih perusahaan terbaik, Anda mempertimbangkan beberapa hal berikut:
  • Kredibilitas Perusahaan
Kepercayaan pelanggan tentunya sangat penting bagi sebuah perusahaan. Pilihlah perusahaan yang reputasinya baik. Anda dapat menelusuri testimoni dari pelanggannya, atau bertanya langsung pada orang yang pernah menggunakan jasa asuransi dari perusahaan tersebut.
  • Bengkel Mitra Perusahaan
Selain kredibilitas perusahaan, penting juga bagi Anda untuk mempertimbangkan bengkel yang menjadi mitra perusahaan asuransi. Pilihlah perusahaan asuransi dengan bengkel mitranya yang selain dapat dipercaya, juga berjarak dekat dengan kantor atau rumah Anda.
  • Layanan Perusahaan
Semakin lengkap layanan perusahaan, maka semakin baik perusahaan itu untuk dipilih. Kelengkapan fitur tersebut tentu membuat Anda semakin nyaman dalam berasuransi.
  • Prosedur Klaim
Pertimbangan selanjutnya adalah rumit atau tidaknya prosedur klaim dari perusahaan tersebut. Anda bisa juga mencari tahu banyaknya klaim yang diterima perusahaan tersebut melalui forum-forum online atau website resmi perusahaan.

5). Jangan Lupa Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

Tidak bisa dimungkiri bahwa besaran premi akan mempengaruhi perlindungan kendaraan motor Anda. Siapapun tentunya ingin mendapatkan perlindungan terbaik, namun jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. Jangan sampai Anda terjebak pada premi yang tinggi namun ternyata di luar jangkauan Anda. Hal-hal semacam ini hanya akan menyulitkan Anda.

6). Pahami Isi Polisnya dengan Benar

Agar terhindar dari penyesalan di kemudian hari, Anda harus membaca dan memahami isi polis asuransi dengan benar. Hal-hal seperti ini dapat menghindarkan Anda dari kerugian di kemudian hari. Anda juga dapat memperoleh manfaat maksimal dari layanan asuransi yang Anda gunakan.

7). Tidak Ada Salahnya Mempertimbangkan Rekomendasi Dealer.

Meski tidak mutlak, namun tidak ada salahnya juga mempertimbangkan rekomendasi perusahaan asuransi dari dealer. Tentunya pihak dealer memberikan rekomendasi perusahaan asuransi yang telah dipercaya oleh mereka, bukan? Namun jika Anda merasa kurang cocok dengan rekomendasi tersebut, Anda juga bisa mencari perusahaan lain yang paling tepat untuk Anda.

Baca juga:  Memahami Hal-hal Dasar dalam Polis Asuransi Mobil

Itu dia beberapa tips memilih asuransi kendaraan bermotor terbaik yang dapat Anda coba. Kejelian dan kehati-hatian sebagai pengguna tentu mutlak diperlukan dalam memilih perusahaan asuransi terbaik. Jangan sampai karena hanya tergiur oleh nama besar dari perusahaan, lantas Anda mengabaikan pertimbangan-pertimbangan lain. Anda tentu tidak ingin menyesal di kemudian hari, bukan? Selamat memilih!

2 komentar

Wow blog yang sangat menarik. Makasih infonya! Tips terbaik dan menginspirasi. Ini akan sangat berguna. netpolis.nl

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF