24 Agu 2018

Mengenal Fungsi Widget Pada Blogspot dan Menentukan Mana Widget yang Wajib dipasang

Mengenal Apa Saja Fungsi Widget Pada Blogspot

Keberadaan widget membantu sebuah blog tampil lebih lengkap. Widget berguna untuk pengunjung maupun blogger sendiri. Sebab beberapa widget membantu pengunjung bisa lebih mengeksplor isi blog dan blogger yang lebih bisa memperlihatkan isi blog kepada pengunjung. Namun tidak semua widget yang ada di blog itu berguna. Ada yang lebih baik tidak dipasang daripada memasangnya. Widget yang wajib dipasang adalah widget yang memiliki peran penting untuk blog juga pengunjung.

Fungsi Widget Pada Blogspot

Seolah-olah jika tanpa widget itu, pengunjung merasa ada yang kurang. Sementara widget yang tidak wajib dipasang, adalah widget yang tidak dipedulikan pengunjung akan keberadaannya. Ada atau tidak pengunjung tidak terlalu perduli.

Artikel terkait:  9 Tips Ngeblog untuk Blogger Pemula yang ini Jarang diperhatikan

Berikut ini daftar widget-widget yang ada di blogspot. Mana yang wajib dipasang dan tidak dipasang, bisa Anda lihat berikut ini.
  • Adsense
Widget ini hanya berlaku jika Anda sudah diterima oleh Adsense. Kalau Anda belum bekerja sama dengan Adsense, widget ini tidak bisa Anda gunakan. Tapi sebenarnya lebih baik untuk memasnag iklan lewat widget java script yang bisa ditempeli iklan dengan membuat unit iklan terlebih dahulu di akun Adsense Anda.
  • Featured Post
Adalah widget yang berguna untuk menampilkan sebuah postingan dalam waktu tertentu. Namun kekurangannya widget ini hanya bisa digunakan untuk menampilkan satu postingan. Jadi tidak terlalu disarankan untuk memasang widget satu ini.
  • Blog Search
Seperti namanya, widget ini berguna untuk melakukan pencarian dalam sebuah blog. Biasanya dalam template blog, sudah disediakan menu ini. Jadi tidak mesti harus dipasang.
  • HTML / Java Script
Sangat direkomendasikan untuk dipasang. Widget HTML / Java Script biasa digunakan untuk memasang url html yang berguna untuk blogger. Misalnya scripr iklan adsense, script iklan lain, atau beberapa script yang menurut Anda penting.
  • Profil
Kalau Anda ingin dikenal oleh pengunjung, maka widget profil patut Anda pasang. Akan tetapi, misal Anda adalah jenis orang yang tak ingin narsis, boleh tidak menggunakan widget tersebut.
  • Blog Archive
Beberapa orang mewajibkan memasang arsip di blognya. Tapi sadarkah kalian, blog-blog terkenal tidak pernah menaruh arsip di blognya. Yang penting ada menu pencarian, arsip tidak terlalu diperlukan.
  • Page Header
Widget yang wajib dipasang berikutnya adalah header halaman. Ini wajib dipasang sebab Anda dapat mengatur tampilan kepala blog dari sini. Di sini Anda dapat mengatur nama blog, deskripsi, bahkan menambahkan gambar untuk header.
  • Pengikut
Dan fungsinya menampilkan orang yang mengikuti Anda dari Google+
  • Gambar
Fungsinya untuk memposting gambar. Di gambar tersebut bisa dikasih judul dan deskripsi. Menurut saya tidak terlalu penting.
  • Label
Adalah widget yang menampakkan kategori blog Anda. Semua kategori akan tampil di sana, yang ada sangkut pautnya dengan artikel blog Anda. Kalau kategori hanya ada satu di blog, maka lebih baik tidak usah ditampilkan widget label tersebut.
  • Halaman
Widget halaman berhubungan dengan halaman yang Anda buat di blog. Ingat, di dashboar artikel ada bagian postingan dan halaman. Postingan dan halaman tentu berbeda, halaman lebih khusus, sementara postingan lebih umum karena yang dituju pembaca adalah postingan. Biasanya halaman ini digunakan untuk menulis about us, contact us, privacy dan policy atau disclaimer.
  • Teks
Kebanyakan orang yang menggunakan widget ini untuk memuat hal-hal pribadi. Bisa dibilang juga orang-orang menggunakannya untuk memuat profil mereka. Jadi lebih khsusu dibanding profil yang ditampilkan Google.
  • Postingan Populer
Ini wajib sekali dipasang. Widget ini akan membantu kalian mengenalkan artikel populer pada pembaca. Agar pembaca tahu ada postingan yang menjadi andalan Anda saat itu.
  • Ikuti Lewat Email
Untuk mengikat pengunjung, para Blogger memasang widget ini untuk memberikan pemberitahuan kalau ada postingan baru yang dikirim pemberitahuannya lewat email.

Baca juga:  Kumpulan Platform Gratis untuk Ngeblog Serta Cara Membuatnya
  • Statistik Blog
Nah, yang ini bagus untuk Anda pasang kalau blog Anda banyak pengunjungnya. Bisa digunakan untuk ajang pamer, tapi bisa pula untuk meyakinkan pembaca kalau blog Anda telah dikunjungi banyak orang jadi bagus untuk dibaca isinya.
  • Terjemahan
Menyediakan translate untuk pengunjung blog yang bukan orang dari negara yang sama dari Anda. Ini memudahkan pengunjung asing membaca blog Anda tanpa dihalangi bahasa yang berbeda.
  • Atribusi
Bukti kalau yang memberdayakan blog Anda adalah milik blogspot. Tidak terlalu penting sebenarnya. Jadi tak usah dipasang.

Percayalah, blog dengan banyak widget itu tidak keren. Bukannya disukai pengunjung, bisa saja malah dijadikan sebagai hal mengganggu untuk pengunjung. Itulah beberapa widget yang wajib dipasang di blog Anda. Semoga bermanfaat.

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF