24 Apr 2016

Memahami Hakekat Pemasaran Untuk Produk atau Jasa

Hakekat Pemasaran Untuk Produk atau Jasa

Pasar merupakan tempat dimana para pelaku bisnis melakukan transaksi antara konsumen maupun produsen sehinggga terjadi sebuah kesepakatan yang saling menguntungkan. Pelaku bisnis harus bisa melihat dengan jelas dan fokus sasaran mana yang mereka anggap adalah peluang. Walaupun kualitasa produk yang ditawarkan sudah diatas rata-rata, lokasi usaha sudah bagus dan harga sudah bersaing maka jelas produk atau jasa ini bisa menarik konsumen sebagaimana mestinya.

Di tengah-tengah banyaknya penawaran jika anda ingin melayani seluruh lapisan masyarakat anda harus konsisten dengan pelayanan yang terbaik sehingga konsumen anda tidak beralih pada produk lain. Memahami siapa sasaran yang di tuju adalah awal yang penting untuk merumuskan strategi. Di sebutkan faktor-faktor marketing yang harus di perhatikan agar cocok dengan segmen pasar yang dituju sehingga dapat memuaskan dan menguntungkan yaitu Produk, Price, Place, Promotion atau disebut dengan 4P dan untuk menyempurnakannya maka ditambah dengan "Plus" yaitu faktor-faktor pasar bauran (marketing mix).

Dalam memahami hakekat pemasaran seorang pelaku usaha harus mempunyai penawaran yang powerful dan kepercayaan dari pelanggan sehingga timbal balik ini akan terjadi win-win solution. Pada dasrnya para konsumen yang mereka takutkan adalah uang yang mereka bayarkan tidak sesuai dengan produk atau jasa yang di berikan. Dari sini perusahaan perlu mengumpulkan informasi tentang strategi, sasaran, kekuatan/kelemahan serta pola reaksi pesaing.

Hakekat Pemasaran Produk atau Jasa

Ada beberapa strategi dalam membangun merek yang kuat :
  • Definisi merek
  • Kategori merek
  • Ekuitas merek
Definisi merek merupakan setiap perusahaan harus mengembangkan sendiri kebijakan-kebijakan mengenai merek bagi mata produk dalam lini yang sama. Merek merupakan kombinasi dari nama, simbol juga desain yang memberi arti atau identitas produk.

Kategori produk yaitu terdiri dari merek private (private brand/store brand/distributor brand/private label), merek spesifikasi/individu (spesific/individual brand), merek lini/keluarga (line/famili brand), merek perusahaan (corporate brand), merek kombinasi ( combination brand).

Ekuitas merek berdasarkan perspektif konsumen adalah pengenalan konsumen terhadap merek tersebut dan menyimpannya dala memori mereka beserta asosiasi merek yang mendukung, kuat dan unik, Ekuitas merek berdasarkan perspektif konsumen terdiri dari kesadaran merek (brand awareness) dan citra merk ( brand image)

Baca juga: 4 Strategi Produk Dan Cara Menciptakan Peluang Produk

Untuk menjadikan sebuah produk menjadi TOP BRAND maka perusahaan perlu memperhatikan segmentasi pasar, strategi harga dan strategi promosi serta dibutuhkan cara mengimplementasikan strategi ini. 

Demikian pembahasan kaili ini tentang Memahami Hakekat Pemasaran. jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau berbagi informasi yang bermanfaat untuk pengunjung yang lain silahkan berkomentar dibawah ini Terima kasih semoga bermanfaat salam SUKSES.

3 komentar

Bagaimana caranya agar konsumen tetap ke produk kita pak?

Terima kasih pertanyaan yang bagus sekali dari sodara Ramdhan.
Menurut saya perusahaan harus menetapkan harga dekat dengan pesaing, jika pesaing itu merupakan pesaing utama. Jika kualitas penawaran lebih tinggi dari pesaing maka disitulah kekuatan dari produk yang di tawarkan yang perlu diperhatikan adalah seberapa powerfulnya penawaran produk tersebut. Meskpun tidak menutup kemungkinan pesaing mengubah harganya sebagai tanggapan mereka, nah peran penawaran dan pelayannan sangat penting. Terima kasih

Tapi bagaimana jika pesaing menetapkan harga dibawah produksi dari perusahaan kami pak, jika kami mengikuti harga pesaing maka kami hanya akan mendapat untung sedikit?

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF