19 Apr 2016

Cara Menentukan Strategi Riset Pemasaran Yang Unggul

Menentukan Strategi Riset Pemasaran

Apa itu Rist marketing atau riset pemasaran yaitu suatu upaya pencarian untuk memperoleh informasi yang relevan Secara teknis, riset marketing merupakan proses formal dan objektif agar dengan sistematik dapat memperoleh menganalisis, dan menafsirkan data yang ditujukan untuk menyediakan informasi yang berguna untuk pembuatan keputusan dalam marketing.

Strategi Riset Pemasaran Yang Unggul
Perusahaan harus mempertimbangkan berapa besar proporsi penjualan di pasar asing terhadap sasaran total penjualannya, apakah apakah perusahaan melakukan bisnis di beberapa negara saja atau di banyak negara dan negara seperti apa yang akan dimasuki.

Artikel terkait:  Pengertian Strategi Internet Marketing Untuk Bisnis

Selanjutnya memutuskan pasar-pasar mana saja yang akan dimasuki, karena ini mengharuskan penilaian besarnya laba atas investasi yang mungkin di bandingkan dengan tingkat risiko yang dihadapi. Dengan adanya keuntungan atau risiko dari pemasaran internasional, perusahaan membutuhkan cara yang sistematis untuk mengambil keputusan menenai pemasaran internasional.

Untuk itu perusahaan harus meninjau atau memperhatikan produk apa yang sekiranya layak untuk di pasarkan di pasar domestik maupun internasional. Produk merupakan bauran pasar yang paling mendasar. Produk tidak hanya obyek fisik akan tetapi produk merupakan seperangkat manfaat atau nilai yang dapat memuaskan kebutuhan pelanggan. Produk meliputi kualitas, keistimewaan, desain, gaya, keanekaragaman, bentuk merek, kemasan, ukuran, pelayananm jaminan, pengembalian.

Dari segi kualitas di definisikan oleh pelanggan apakah layak produk tersebut dan seberapa baik sebuah produk sesuai dengan kebutuhan yang di inginkan pelanggan. Kualitas sendiri meliputi kualitas kinerja, kualitas kesesuaian, daya tahan dan keandalan.

Dari segi keistimewaan adalah karakteristik yang melengkapi fungsi dasar produk. Pokok utama yaitu memperkenalkan apa keistimewaan produk yang ditawarkan sehingga mampu bersaing dengan cara yang efektif.

Dari segi desain merupakan totalitas keistimewaan yang mempengaruhi fungsi produk sehingga pelanggan dapat mengerti apa maksud dan tujuan yang ditawarkan sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

Dari gaya menggambarkan penampilan dan perasaan itu bagi pelanggan. Gaya disini memproyeksikan agar pelanggan dapat tahu apa yang mereka butuhkan

Dari segi kemasan produk fisik atau berwujud membutuhkan kemasan agar tercipta manfaat-manfaat tertentu seperti misalnya perlindungan, kemudahan, manfaat ekonomi dan juga promosi. Para pemasar harus mengembangkan konseppengemasan dan kemudian mengujinya dari segi fungsi dan psikologi agar tercapai tujuan yang diraih, serta tidak melanggar undang-undang dan kebijakan pemerintah. Kemasan harus mempunyai informasi yang relevan dari segi produk, manfaat, dan informasi lainnya sehingga konsumen tidak merasa tertipu dan mendorong konsumen untuk mencoba membelinya.

Dari segi pelayanan Perusahaan harus menyusun, mengembangkan dan memberikan produk, jasa, atau pelayanan yang memang diinginkan oleh para pelanggannya. Jasa pelayanan ini harus efektif dalam memenangkan persaingan. Kunci dari keberhasilan dalam persaingan adalah adanya penambahan pelayanan yang berkualitas dan memiliki nilai tambah. Pembeda pelayanan terletak pada kemudahan yang dilakukan pemesanan, pengiriman, pemasangan, pelatihan pelanggan, keluhan dan penyesuaian, masa kredit, pemeliharaan, bantuan teknis dan informasi bagi konsumen.

Baca juga: Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar

Setelah perusahaan menentukan produk sebagaimana mestinya maka pembidikan pasar harus dilakukan. Untuk melakukanya pemasar harus terlebih dahulu menevaluasi potensi laba masing-masing segmen pasar. Ini adalah fungsi dari ukuran dan pertumbuhan segmen.

Demikian arikel ini tentang riset pemasaran semoga yang sedikit ini bisa memberikan manfaat untuk Anda jiaka ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan ingin menambahi, berpendapat atau berbagi denganpengunjung lain silahkan komentar dibawah ini Terimakasih. 

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF