21 Sep 2018

Cara Mengatasi Kekurangan Peralatan Ngeblog, Tidak Punya Laptop Bukan Halangan

Tidak Punya Laptop Bukan Halangan Untuk Ngeblog

Kalau alasan Anda belum jua memulai ngeblog karena keterbatasan alat, maka begitu lemah sekali Anda. Alat bukanlah segalanya, bukan penentu apakah Anda akan sukses atau tidak. Alat cuma menempati posisi kedua, sementara usaha menempati posisi pertama. Jangan manja! Cuma karena kekurangan alat, atau tak punya laptop, jadinya Anda malas ngeblog. Cara mengatasi kekurangan peralatan ngeblog bisa Anda tentukan sesuai apa alat yang kurang tersebut. Tapi yakinlah, kekurangan alat bukanlah alasan yang tepat untuk Anda berhenti atau menunda kegiatan ngeblog kalian.

Cara Mengatasi Kekurangan Peralatan Ngeblog


Selagi Anda mempunyai HP Android, kegiatan ngeblog tetap bisa berjalan. Laptop bukanlah hal yang wajib, Anda dapat ngeblog dengan android. Dari mulai mendaftar di blog, mengganti template, mengatur tata letak, posting artikel, menulis artikel, melihat statistik pengunjung, mendaftar adsense, memasang iklan, melihat penghasilan adsense Anda, memantau apapun kegiatan blog hanya lewat genggaman.

Artikel terkait:  Kenapa Ngeblog? Beberapa Alasan yang Mungkin Bisa Mengispirasi Kalian

Jangan menjadi manja hanya karena alasan ngeblog lewat HP itu ribet. Apalagi kalau dibuat ngetik, keyboardnya yang kecil, membuat Anda sering typo.

Berikut beberapa tips ngeblog menggunakan HP.

  • Bukalah blog Anda lewat Chrome, atau kalau tak bisa menggunakan Chrome, gunakan saja UC Browser mini. Tapi lebih direkomendasikan Chrome karena browser tersebut sangat mendukung kegiatan ngeblog lewat HP.
  • Unduh aplikasi platform Anda mendaftarkan blog. Misal jika Anda mendaftar di WordPress, maka unduh WordPress, tapi kalau di Blogspot, maka unduh Blogspot. Aplikasi ini berguna untuk kegiatan posting artikel menjadi lebih mudah. Karena kalau menulis di browser, tampilannya untuk ponsel tidak enak. Yang di browser hanya cocok digunakan untuk menulis artikel lewat laptop.
  • Setting keyboard HP Anda. Ada beberapa hal yang perlu Anda setting, misalnya menghidupkan teks prediksi: nantinya kegiatan mengetik akan menjadi cepat dan mudah. Jadi di atas keypad Anda nanti akan muncul teks prediksi yang memudahkan Anda dalam mengetik, jadinya tak perlu memakan waktu lama saat mengetik. Anda pun bisa menghidupkan fasilitas ganti otomatis untuk setiap kata dengan ejaan salah, menghindari typo. Atau menghidupkan kapitalisasi otomatis. Gunanya agar setiap awal kata, bisa menjadi kapital secara otomatis. Di pengaturan keyboard, Anda pula dapat mengatur ukuran keyboard Anda. Jadi selagi ada menu pengaturan, maka manfaatkan dengan sebaik-baiknya.
  • Agar lebih aman saat mengetik, unduhlah aplikasi note pad. Bisa menggunakan Google Doc, Keep, atau aplikasi lainnya. Karena menurut pengalaman pribadi, langsung menulis di aplikasi platform blog itu tidak aman, saya beberapa kali mengalami masalah seperti tulisan yang hilang secara tiba-tiba karena tak sengaja menutup aplikasi tersebut. Jadi Anda cukup menulis di note kalian, setelah jadi, maka salin dan tempel.

Cara mengatasi kekurangan peralatan ngeblog tak berhenti sampai di situ saja.

Pertanyaannya, bagaimana kalau kalian tidak punya laptop, tak punya hp Android.

Tenang saja, masih tetap ada pemecahan masalah dari keterbatasan perangkat Anda. Yang penting di sini HP Anda sudah bisa disaluri internet. Karena kalau HP Anda masih HP yang sangat jadul seperti dulu, ini benar-benar tidak bisa. Minimalnya adalah HP Anda itu Java atau Symbian.

Ada beberapa platform blog yang bisa dijalankan lewat HP semacam itu. Bahkan dulu, HP saya dengan merk Nokia 220 yang ujurannya cuma kira-kira dengan lebar 6 cm dan panjang 13 cm dan keyboard masih papan tombol 3x4 saja dulu bisa.

Saya tidak bohong. Memang, kekurangannya nanti akan terletak di jumlah karakter Anda menulis. Tapi untuk pengguna Java dan Symbian, menurut teman-teman saya dulu sudah bisa digunakan untuk menulis kurang lebih 1000 kata.

Dulu saya pertama kali mendaftar di platform blog ponsel bernama mywapblog.com
Tapi, oleh suatu sebab, blog tersebut dihapus. Padahal blog itu sangat ramai oleh pengguna, serta dari sana lah saya bisa menemukan teman-teman ngeblog.

Namun jangan khawatir, tak lama kemudian muncul blog baru bernama nextwapblog.com
Blog itu didirikan oleh orang Indonesia.

Anda bisa mengaksesnya secara gratis, dan yang paling utaman tentunya bisa dijalankan lewat ponsel. Kendati ponsel Anda bukanlah Android.

Baca juga:  Intip Blogger Dunia dengan Penghasilan Besar yang Membuatnya Kaya Raya

Lalu bagaimana bila ada yang ingin ngeblog tapi tidak punya laptop, HP Android, java atau Symbian?

Ingat! Masih ada warnet! Anda bisa bermain di sana dengan harga murah tiap jam Anda menyewanya. Banyak blogger sukses yang memulai karirnya dengan mengakses blog lewat warnet itu. Awalnya mereka pun juga tidak punya perangkat yang mendukung.

Ingatlah, kekurangan peralatan bukanlah hal yang harus dikhawatirkann, tapi kekurangan ide lah yang patut Anda khawatirkan.

Cara mengatasi kekurangan peralatan ngeblog ini semoga membuka lebar pikiran Anda kalau alat bukanlah segalanya, tapi kemauan dan usaha!
Semangat!

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF