30 Jan 2018

Top 3 Tips Meningkatkan SEO Bisnis Online Anda

Tips Meningkatkan SEO untuk Bisnis Online

Search Engine Optimization (SEO) memang berkaitan tentang pemasaran online atau internet marketing. Jika profesi Anda adalah seorang blogger dan internet marketer pasti sudah mengenal dan mengetahui tentang apa itu SEO (Search Engine Optimization) karena dengan menggunakan teknik dan cara inilah mereka dapat meningkatkan kualitas pengunjung/visitor ke website yang dimiliki. Tujuan utama dari menerapkan teknik ini adalah untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website baik itu toko onine maupun website bisnis atau perusahaan. Internet marketing adalah salah satu cara strategi pemasaran yang digunakan seorang pebisnis untuk mendapatkan konsumen potensial. Oleh karena itu penting sebuah perusahaan atau bisnis untuk menerapkan SEO pada bisnisnya. Dengan begitu maka akan bisa mengarahkan pengunjung atau pemirsa agar lebih mengenal perusahaan atau bisnis yang dimiliki.

Tips Meningkatkan SEO Bisnis Online

Internet memiliki peluang yang sangat besar untuk semua orang baik itu bisnis dengan sekala besar maupun bisnis dengan sekala kecil atau UMKM untuk menjangkau target pelanggan mereka sebesar-besarnya. Untuk mendapatkan pelanggan ini memang bagian utama atau bisa dikatakan nyawa dari bisnis tersebut, alasannya jika pelanggan banyak dan meningkat itu adalah gambaran kesuksesan bisnis yang dimiliki dan sebaliknya jika pelanggan atau konsumen tidak ada maka bisnis tersebut akan gagal. Untuk mendapatkan pelanggan atau konsumen potensial perusahaan bahkan rela mengeluarkan jutaan sampai ratusan juta untuk menayangkan iklan baik itu melalui media konvensional maupun online.

Namun ada media yang sangat terjangkau bahkan lebih efektif untuk mendapatkan konsumen yaitu dengan menggunakan iklan online. Pemasaran online yang satu ini menjadi pilihan kebanyakan perusahaan karena memang dari segi biaya sangat terjangkau. Sebagai alasan mengapa peluang ini bisa begitu menarik adalah karena jika dilakukan dengan benar maka perusahaan akan mendapatkan ROI jauh lebih baik dan banyak lalu lintas yang mengarah ke bisnis online yang dimilikinya.

SEO adalah mengoptimalkan konten online Anda agar sesuai dengan apa yang dicari oleh mesin pencari. Semakin Anda mengoptimalkan konten online Anda, semakin baik kesempatan Anda untuk muncul di halaman pencarian Google dan mesin pencari lainnya dalam istilah pencarian yang relevan dengan bisnis Anda.

Artikel terkait: 7 Tips Mendapatkan Trafik Pengunjung Toko Online Dengan Cepat

Jika Anda terjun di bisnis online ini hal yang perlu dilakukan adalah memaksimalkan konten yang dimiliki untuk memperbaiki promosi SEO Anda bisa melakukan langkah beikut ini:

1). Tambahkan / Perbarui konten yang berkualitas

Saat Anda memiliki sebuah situs maka yang perlu diperhatikan adalah pada bagian konten yang dimiliki. Karena memang setiap saat robot perayapan mesin pencari ini akan datang secara berkala untuk mengunjungi situs yang Anda miliki. Saat mesin pencari seperti Google merayapi situs dan membaca situs Anda, mereka ingin tahu persis apa yang Anda tawarkan konten apa yang terbaru. Pastikan konten di situs Anda menjelaskan apa yang Anda jual, dan bagaimana Anda menjualnya.

Kemudian untuk mendapatkan peringkat atas halaman pencarian Anda perlu mengupdate atau menambahkan konten yang berkualitas dengan berkala atau teratur supaya mesin pencari menganggap bahwa situs tersebut aktif. Semakin banyak konten asli yang bisa Anda tambahkan ke situs Anda semakin baik peringkat pencarian yang akan didapatkan. Inilah sebabnya mengapa kami mendorong perusahaan untuk memulai membuat website dengan memanfaatkan sebuah blog. Blog adalah alat yang fantastis yang bisa digunakan untuk strategi pemasaran. Mereka tidak hanya melibatkan pelanggan Anda, tapi juga membuat situs web Anda tetap segar dan profesional. Saat ini telah banyak website penyedia blog gratis terbaik yang bisa Anda gunakan misalnya WordPress.com, Blogger.com, Weebly.com, Tumblr.com dan masih banyak lagi Dan Anda bisa dengan mudah untuk membuat website perusahaan Anda sendiri dengan gratis.

2). Penjangkauan

Aspek yang paling penting dari SEO adalah link building. Dengan membangun link yang berkualitas akan memberikan dampak yang signifikan pada website yang Anda miliki. Membangun link ini memiliki cara dan teknik yang berbeda-beda dengan menerapkan SEO on-page dan of-page. Semakin banyak link berkualitas yang mengarah ke website Anda semakin tinggi peringkat Anda di search engine.

Penjangkauan ini sehubungan dengan membangun tautan balik ke situs yang Anda miliki. Kegiatan membangun backlink ini adalah proses di mana akan mencari tautan online dari situs web lain yang sejenis namun memiliki peringkat mesin pencari yang baik juga. Tempat terbaik untuk memulai mendapatkan backlink ini adalah dengan situs bisnis, organisasi dan klien yang memiliki situs web yang relevan dan memiliki hubungan dengan bisnis yang Anda miliki. Cara yang bisa digunakan adalah bertukar link, blogwalking, dan promosi di blog yang memiliki topik sama namun juga perhatikan kualitas situs tersebut. Misal Anda memberikan komentar di blog orang lain yang harus dilakukan adalah melihat peringkat situs kemudian berkomentar dengan menembahkan link atau tautan website Anda namun harus membuat komentar yang berkualitas juga agar tidak di anggap spaming oleh mesin pencari. Biasanya banyak orang/pengunjung yang lebih antusias pada komentar orang lain disinilah peluang yang bisa Anda dapatkan dengan memberikan promosi atau menjalankan kontes dan hadiah di situs lain.

3). Membangun Google+ Local Page

Google adalah mesin pencari terbesar dan paling banyak digunakan di dunia dan tentunya memiliki populeritas yang sangat tinggi bahkan semua orang mengenalnya. Untuk alasan ini, penting untuk memastikan Anda memiliki laman Google+ Lokal untuk bisnis Anda. Memiliki halaman Google+ akan memastikan bahwa Anda ada di Google Maps dan juga merupakan halaman arahan bagi pengunjung yang mencari informasi perusahaan Anda termasuk nomor telepon dan e-mail. Pastikan semua informasi Anda benar di Google+ Lokal dan dorong pelanggan untuk mengirimkan ulasan bisnis Anda secara langsung ke laman Google+ Lokal Anda. Hal ini adalah cara Anda mengenalkan bisnis yang dimiliki kepada kalayak luas dengan jangkauan yang luas juga pastinya. Biasanya Google akan memberikan rekomendasi pada pemirsanya jika Anda memiliki konten yang berkualitas dan relevan dengan apa yang dicari oleh pengunjung dan Google akan memberikan peringkat atas website Anda jika menurut mereka konten tersebut sesuai dengan apa yang sedang dicari.

Baca juga:  Rahasia Mengelola Bisnis Toko Online Sukses Untuk Pemula
Semoga tips diatas bisa membantu bisnis anda mengadopsi strategi SEO. Banyak hal yang mempengaruhi SEO cukup sederhana namun detailnya berorientasi. Oleh karena itu jika dilakukan dengan benar, hasilnya bisa jadi tak tertandingi oleh media periklanan lainnya.
Sekian pembahasan kali ini tentang  Meningkatkan SEO Bisnis Online. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF