17 Jun 2018

22 Tips Yang Akan Membawa Blog Anda ke Tingkat Selanjutnya

Kiat sukses Membuat Blog Ke Level Selanjutnya

Hallo sobat blogger dimanapun Anda berada pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips dan indormasi yang berkaitan dengan mengoptimalkan Blog agar bisa maju ke tingkat berikutnya dan unggul dalam persaingan. Berbicara mengenai Blog ini pada awal-awal munculnya, blog pada waktu itu sebagian besar berisi tentang jurnal atau lebih berfokus untuk berbagi pengalaman dan opini penulis dengan berbagai topik yang sedang di bahas si penulis tersebut, berbeda dengan kegiatan blogging saat ini hampir semua pengguna blog memanfaatkan sebagai media promosi dan bisnis online mereka. Selain itu dari kebanyakan situs web yang ada saat ini memang membahas berbagai banyak hal dari teknologi, bisnis, marketing, hobi, kesehatan, masakan dan masih banyak lagi namun sebagian besar memang artikel yang di terbitkan yudah ada atau pengembangan saja bukan ide dari si penulis tersebut. Berbeda dengan awal mula blog hadir dengan topik yang terus diperbarui secara berkala dan menarik yang berisi tentang topik yang bervariasi dari info produk dan layanan baru hingga konten yang membangun otoritas umum.

Tips Yang Akan Membawa Blog Anda ke Tingkat Selanjutnya


Pada saat ini Blog memang begitu besar peminatnya sehingga semakin kesini perkembangannya pun semakin besar pula hal ini berpengaruh dalam ekosistem blog yang mengakibatkan ledakan situs web yang terus berkembang. Alasanya karena memang layanan blog ini disediakan secara  gratis yang memungkinkan siapa saja membuat blog mereka dengan sesuka hati tanpa batasan tertentu. Pada tahun 2015 saja sudah ada lebih dari 180 juta blog online dengan lebih dari 2 juta artikel diunggah SETIAP HARI! ini memang luar biasa besar ledakan penggunanya, itu baru tahun 2015 sedangkan sekarang sudah 2018 bayangkan saja berapa juta konten terbit setiap harinya.

Artikel terkait: 8 Cara Meningkatkan Peringkat Google Website Anda (SEO)

Bagi blog-blog yang sudah berumur tua tentu saja mereka sudah nyaman di pencarian Google tapi bagaimana dengan blog-blog pemula tentu saja sangat sulit untuk bersaing untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari kecuali memang konten yang di terbitkan berkualitas dan unik. Selain itu dengan banyaknya konten yang ditayangkan setiap hari, semakin sulit pula bagi blog dan penulis untuk mendapatkan trafik atau lalulintas pengunjung yang datang ke situs kita. Untuk itu kita harus membuat konten yang tidak biasa (unik), menarik untuk dibaca, edukatif dan informatif dengan berbagai optimasi SEO yang diperlukan. Nah dari sini mari kita bahas kiat apa saja yang bisa membuat blog Anda menonjol dan membawanya ke tingkat berikutnya di mesin pencari dan yang terpenting adalah mampu bersaing dengan blog-blog yang sudah mapan. Berikut ulasanya:

#Kiat 1: Fokus pada optimasi SEO

Bagi blogger/webmaster kita harus tau benar bahwa Blogging dan SEO berjalan seiring dan tidak bisa dipisahkan karena hal ini sangat berpengaruh pada hasil di mesin pencari yang akan membantu menghasilkan dan mengarahkan lalu lintas ke blog yang merupakan kunci keberhasilan dari blog yang kita bangun dan kelola. Jika Anda tidak terlalu paham dengan SEO, tidak masalah. Krena telah banyak artikel yang membahas tentang SEO ini kita bisa mempelajarinya secara berkala dari dasar hingga mahir nantinya. Atau mungkin jika blog Anda diperuntunkan untuk meningkatkan bisnis Anda maka banyak penyedia jasa SEO yang terpercaya dalam maupun luarnegri yang dapat membantu Anda menargetkan kata kunci yang tepat sesuai bisnis Anda, membuat struktur blog yang tepat dan sebagainya. Namun tentu saja Anda harus menyisihkan uang untuk menggunakan jasa tersebut

#Kiat 2: Fokus pada Konten yang berkualitas:

Tidak ada yang lebih penting dari konten yang dimiliki sebuah website. Jelas, konten itu penting, tetapi konten harus disajikan dengan cara yang menarik bagi pembaca. Tentu saja konten yang berkualitas ini faktor utama dari keberhasilan blog/website yang kita miliki. Bagaimana konten yang berkualitas itu dibuat? Konten berkualitas artinya sesuai dengan kebutuhan pemirsa atau pembaca yang setelah membaca mereka akan mendapatkan nilai tambah dan manfaat dari artikel tersebut. Untuk konten berkualitas sendiri seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, yaitu konten yang informatif, mendidik, dan memecahkan masalah si pembaca. Untuk itu perlu membuat konten dalam kuantitas dan kualitas. Jika Anda mengelola blog sendiri tentu membutuhkan waktu untuk membuat konten tersebut sehingga berkualilas, Namun jika website atau blog Anda adalah blog bisnis yang cukup besar maka Anda dapat mempekerjakan beberapa penulis part time atau penulis lepas yang mampu memberikan konten profesional dengan harga terjangkau.

#Kiat 3: Fokus pada Elemen Visual

Dalam artikel yang baik dan komunikatif dengan pembaca maka diperlukan elemen visual seperti infografis, video, gambar, gif dan lain sebagainya. Ini adalah cara yang cukup baik dalam membuat artikel kita menjadi menarik dan interaktif. Tentu saja bagi pembaca jika sebuah artikel hanya berupa tulisan panjang jika dilihat dari sudut pandang pembaca akan sangat membosankan yang tampak seperti teks yang tidak ada akhirnya. Oleh karena itu perlu adanya elemen visual tersebut.

#Kiat 4: Perbarui konten secara teratur

Tahukah Anda membuat konten secara teratur adalah termasuk dalam teknik dan taktik SEO yang terbilang sangat berpengaruh?. Saya telah membuktikannya ketika membuat artikel secara rutin maka peringkat saya di mesin pencari sangat bagus bahkan terus meningkat dari waktu ke waktu, namun ketika saya berhenti untuk mengisi konten selama kurang dari satu bulan maka sangat berpengaruh pada peringkat Google dan juga dampaknya pada lalu lintas pengunjung yang turun sangat derastis. Ini menunjukan bahwa mesin pencari juga memperhatikan bahwa konten memiliki otoritas yang tinggi. Selain itu didukung dengan pembaruan algoritma Google search enggin yang semakin baik untuk menyajikan konten berkualitas bagi pembacanya.

Selain bermanfaat dalam segi SEO, pembaruan secara rutin juga akan menjaga konten tetap sinkron dengan citra blog atau website Anda dimata pengunjung. Terakhir, manfaat dari konten yang diperbarui secara teratur merupakan cara yang baik untuk kembali melibatkan interaksi pengguna atau pembaca setia blog Anda karena memberi mereka alasan untuk membaca ulang konten yang Anda sajikan untuk mereka dan mereka akan lebih tertarik untuk mempelajari apa yang baru dari tulisan-tulisan yang Anda sampaikan.

#Kiat 5: Lakukan penelitian terhadap minat pembaca

Pembaca adalah prioritas utama yang perlu Anda perhatikan. Untuk itu pastikan Anda tahu benar  sudut pandang pemirsa Anda dengan melakukan riset tentang topik yang sesuai dengan kebutuhan pembaca setia Anda tentu saja dengan topik yang terkini dan relevan, karena memiliki dampak yang luar biasa pada cara pengguna melihat situs Anda secara umum. Kemudian karena memang banyak topik di pencarian itu memiliki kemiripan dengan blog Anda maka perlu adanya riset trend yang ada karena dengan deikian Anda akan mengetahui ceruk spesifik dari topik yang Anda bahas sehingga dapat mengikuti tren paling populer saat ini.

#Kiat 6: Perhatikan bagian pada Meta ( baik itu judul / deskripsi, dll ...)

Unutk mengotimalkan konten yang Anda buat maka meta ini juga berpengaruh pada SEO semakin baik penerapannya maka semakin maksimal juga teknik SEO yang Anda terapkan. Dalam hal ini Anda perlu memperhatikan dan memastikan judul Anda tidak terlalu panjang karena mesin telusur biasanya akan memotong judul menjadi pendek jika melebihi batas karakter tertentu. Kemudian pastikan Anda menggunakan headline yang menarik dalam batas tersebut sehingga akan lebih optimal dimata mesin pencari dan di mata pengguna browsing.

#Kiat 7: Kelola Blog secara teratur

Hal ini berkaitan pada poin ke empat tadi yaitu perbarui konten secara teratur. Jika Anda misalnya tidak membuat konten misalnya katakanlah 1 bulan hal ini akan sangat berdampak bada blog Anda. Kalau saya sendiri biasanya membuat artikel sesuai minat dan niat saya karena memang artikel yang saya buat adalah sendiri tentu membutuhkan tenaga, pikiran, dan waktu juga, jadi saya membuat sehari 3 kali, tidak kuat sehari 1 kali, tidak kuat 3 kali seminggu jika sudah jenih maka seminggu sekali saya baru update artikel tapi jangan sampai lebih dari seminggu tidak membuat artikel karena sangat berdampak pada blog kita.

Sebenarnya akan lebih baik jika kita membuat jadwal sendiri dalam mebuat artikel ini sehingga akan lebih teratur. Kemudian pastikan konsistensi untuk menjaga pembaca Anda agar dapat terus bisa datang dan datang lagi ke blog yang kita miliki. Sekali lagi dengan pengeposan yang jarang dapat memengaruhi hubungan Anda dengan pembaca Anda. Jangan sampai membuat Anda kehilangan kepercayaan dari pembaca Anda.

#Kiat 8: Gunakan Social Bookmark

Media sosial adalah tempat yang paling baik untuk dimanfaatkan dalam berbagai hal termasuk mempromosikan blog atau website yang kita miliki. Oleh karena itu gunakan plug-in social bookmark di entri blog Anda sehingga orang-orang yang tertarik dan menyukainya mereka akan lebih mudah untuk membagikan artikel yang yang dibacanya dan dibagikan ke berbagai media soslial yang ada, ini akan memudahkan pembaca untuk berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang lain. Selain itu ini merupakan salah satu cara untuk mempromosikan blog kepada khalayak luas sehingga akan membantu meningkatkan lalu lintas yang mengarah ke situs Anda. Semakin banyak pembaca berbagi posting blog Anda maka tentu saja akan semakin besar pula yang tertarik untuk berkunjung juga dan akan menjadi pusat perhatian pengguna sosial media.

#Kiat 9: Fokus pada Peluang Konversi

Ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seseorang dapat memulai percakapan tentang topik yang relevan saat mendidik, memberi tahu dan mendorong mereka untuk bertindak atau menjadi kreatif & inventif untuk membangkitkan keingintahuan di dalam pembaca.

#Kiat 10: Keep it Real (jadilah manusia)

Ketika kita membuat sebuah artikel tentu ditunjukan kepada manusia. Oleh karena itu selalu pastikan untuk menjaga "faktor manusia" di dalam blog Anda. Dalam pembuata artikel tentu akan lebih baik memberikan informasi yang bermanfaat dan mampu dipahami pemirsa apa-apa yang yang Anda sampaikan kepada pembaca, ketika artikel itu bisa disampaikan kepada pembaca dengan baik maka maka potensi untuk menjadi pelanggan potensial akan semakin besar pula. Kuncinya adalah untuk membangun ikatan yang baik dengan pembaca untuk meningkatkan jumlah lalu lintas Anda.

# Tip 11: Perhatikan Struktur Situs Penting

Struktur yang kompleks dapat menyebabkan pembaca menjadi bingung dan tidak bisa mengambil informasi yang diperlukan. Orang harus memastikan bahwa blog memiliki setiap halaman yang dapat diindeks, memiliki halaman arsip dan sitemap yang memudahkan mesin pencari untuk menemukan konten Anda dengan mudah. Tataletak yang baik juga akan mempermudah pengunjung dalam menjelajahi situs Anda. Ini berarti bahwa ketika pembaca dimudahkan dengan navigasi yang baik.

#Tip 12: Dukungan berbagai bahasa

Anda selalu dapat menerjemahkan blog Anda ke dalam beberapa bahasa untuk memastikan bahwa pengunjung akan paham dengan artikel atau konten yang Anda miliki, ketika Anda memiliki konten dengan dukungan berbagai bahasa maka peluang mendapatkan pengunjung global akan semakin besar pula. Inilah pentingnya visibilitas di kalangan pembaca.

#Kiat 13: Fokus pada Interkoneksi Internal

Internal linking merupakan bagian integral dari halaman SEO Anda, dan tautan berkualitas baik akan memengaruhi peringkat blog Anda. Anda selalu perlu memastikan bahwa Anda memberikan tautan yang relevan sesuai dengan isi blog. Selain  itu ini merupakan salah satu bagian dari teknik SEO on-page yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

#Kiat 14: Cobalah Menjadi Blog Tamu (guest blogger)  untuk Pemasaran

Guest blogger merupakan cara yang produktif untuk mendapatkan lalu lintas yang penting karena menyediakan lebih banyak eksposur ke blog Anda.Blog tamu (guest blogger) memiliki jangkauan jauh lebih besar dapat menjadi nilai tambah bagi blog Anda.

#Kiat 15: Menggunakan Analytics

Rahasia kesuksesan blogging terletak pada identifikasi apa saja yang telah berhasil untuk blog Anda dan menganalisis konten mana yang bekerja dengan baik. Menganalisis jenis konten yang mendapat lebih banyak interaksi dari pembaca dapat membantu Anda dalam melacak titik-titik kunci yang mengarah pada peningkatan peringkat blog Anda.

#Kiat 16: Pertimbangkan untuk membuat Aplikasi

Buat aplikasi untuk blog Anda sambil mempromosikannya di antara pembaca Anda mendorong mereka untuk mengunduh dan mendapatkan akses ke fitur & konten eksklusif. Semakin banyak unduhan yang didapat aplikasi Anda, semakin banyak tampilan yang didapat dan meningkatkan lalu lintas ke situs Anda. Sebenarnya banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan baik secara online maupun ofline dan tentu saja gratis.

# Tip 17: Jaga kecepatan Loading Halaman

Pastikan bahwa situs web Anda cepat dalam hal akses situs Anda. Biasanya, sebuah situs dapat kehilangan setidaknya 40% dari pengunjungnya karena situs lama dalam membuka halaman. Anda pasti pernah mengalaminya bukan? Saat dimana ingin mencari informasi dan mengunjungi sebuah situs dan ternyata sangat lama membukanya, disini apa yang akan Anda lakukan pasti akan segera menutup halaman situs tersebuyt. Oleh karena itu optimalkan kecepatan akses situs Anda.

#Tip 18: Minta bantuan

Manfaatkan group-group sosial media disana Anda akan menjumpai berbagai macam blogger baik yang masih pemula maupun yang sudah profesional. Disni jangan sungkan untuk meminta bantuan dari mereka yang sudah ahli untuk memberi Anda saran tentang artikel / kontenyang baik itu seperti apa.

#Tip 19: Awasi persaingan Anda

Dalam dunia bisnis apapun persaingan ini pasti akan dijumpai oleh siapa saja. Dalam perjalanan Anda untuk mendapatkan perhatian dan lalu lintas blog Anda, pastikan untuk terus mengawasi blog lain di dalam ekosistem Anda. Analisis mereka untuk SEO, Konten, Keterlibatan dengan pembaca dan sebagainya. Replikasikan kesuksesan mereka dan hindari kesalahan mereka.

#Kiat 20: Buat Konten HERO

Secara berkala, buat panduan intensif tentang topik apa pun yang menarik bagi pembaca Anda yang tentunya konten yang memberikan nilai tambah pada pembaca. Aset dari konten terbaik biasanya memiliki jumlah kisaran dari 1000 hingga 5000 kata dengan memberikan konten yang memberikan banyak informasi atau informasi informatif kepada pembaca. Aset konten terbaik ini juga memiliki potensi tertinggi untuk menjadi viral.

#Tip 21: Buat konten populer Anda ke SlideShare

Anda selalu dapat menggunakan SlideShare untuk mempublikasikan artikel Anda dalam bentuk slide. Karena SlideShare telah diunduh dan dibagikan oleh jutaan profesional untuk digunakan dan itulah mengapa bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan pembaca baru yang pada gilirannya dapat meningkatkan lalu lintas ke blog Anda.

#Kiat 22: Pikirkan tentang Konten

Sekali lagi konten adalah raja, Anda juga dapat mensponsori kontes blogging karena dapat menghasilkan lalu lintas yang bagus dan backlink berkualitas baik untuk blog Anda sendiri. Selalu perhatikan kegiatan-kegiatan semacam itu dan cobalah mencari cara untuk melakukannya atau berpartisipasi di dalamnya.

Baca juga: 9 Perkembangan Pembaruan Algoritma Google Search Engine

Beberapa poin kiat diatas adalah hanya sebagian kecil dalam upaya meningkatkan kualitas blog atau website kita yang tujuannya tidak lain untuk meningkatkan lalu lintas dan peringkat yang diinginkan untuk blog Anda. Tips ini mungkin tidak menghasilkan kesuksesan dalam waktu sehari semalam tetapi dapat membantu Anda tumbuh dalam jangka panjang dan membawa blog Anda ke tingkat berikutnya seperti yang diinginkan oleh setiap blogger.

 Sekian pembahasan kali ini tentang Tips Yang Akan Membawa Blog Anda ke Tingkat Selanjutnya. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF