4 Sep 2018

Cara Melakukan Blogwalking yang Baik dan Benar

Cara Blogwalking yang Baik dan Benar

Blogwalking biasanya dijadikan sebagai salah satu strategi agar blog memiliki banyak pengunjung. Blogwalking sendiri memiliki pengertian berkunjung ke blog orang lain lalu meninggalkan komentar di blog seseorang itu untuk meninggalkan jejak kalau kalian baru saja berkunjung dari sana. Cara melakukan blogwalking berikut ini sangat efektif untuk Anda lakukan dalam meningkatkan pengunjung blog kalian.

Cara Blogwalking yang Baik dan Benar

Yang jelas, hal yang harus diingat, berkunjung itu harus dengan berperilaku sopan. Sama halnya saat Anda berkunjung ke rumah orang. Agar pemilik rumah senang dengan kunjungan Anda, kemudian mengunjungi rumah Anda balik, maka perhatikan cara blogwalking yang baik dan benar berikut ini:
  • Gunakan url blog kalian di profil
Gunanya agar apa? Supaya saat orang-orang mengeklik profil yang Anda gunakan untuk berkomentar bisa langsung terhubung ke blog kalian. Masalahnya kebanyakan saat akan mengunjungi blog, yang kita klik malah menuju ke profil Google+

Jika seperti itu adanya, demikian dapat membuat orang yang berniat mengunjungi blog Anda merasa malas. Pun memasang url aktif di komentar blog seseorang tidaklah baik karena dapat memengaruhi rank blog Anda di Google.

Gunakan openID atau url blog di name profil Anda. Mudahkan mereka yang ingin berkunjung dengan melakukan satu klik yang sederhana.
  • Pahami artikel yang kalian baca
Selanjutnya saat berkomentar, cobalah mengangkat pembicaraan yang ada hubungannya dengan artikel yang dibahas. Hal yang paling diharapkan penulis adalah pembacanya paham dengan apa yang dia tuliskan, dan yang disukai juga adalah pembacanya benar-benar membaca tulisannya. Jangan bertindak seolah-olah Anda cuma menjadi pengunjung yang sama sekali tidak membaca artikel mereka. Ingat! Karma itu hidup. Anda pasti tak ingin pengunjung Anda cuma datang dan pergi tanpa menikmati hidangan yang kalian sajikan kan?

Dan, berkomentar yang sesuai dengan isi artikel, membuat penulis lebih merasa dihargai. Jadi besar kemungkinan mereka akan kembali mengunjungi blog Anda.
  • Membuat daftar blog yang ingin kalian kunjungi
Cara melakukan blogwalking berikutnya dengan menulis daftar. Siapa saja blog yang aktif update, yang aktif balik mengunjungi blog kalian, blog yang berpotensi menyukai konten kalian, dan lainnya, catatlah dalam lembaran kertas.

Lalu kunjungi mereka dan komentar tiap kali update artikel. Jangan mengunjungi atau blogwalking di blog yang sudah mati atau jarang update. Itu akan menyulitkan kalian mendapatkan kunjungan balik. Mungkin juga mereka tidak hanya mengunjungi balik, membaca komentar Anda saja tidak. Maka dari itu, kunjungilah blog-blog yang aktif. Entah itu aktif update, aktif silaturahmi dan lain-lain. Satu hal lagi yang harus Anda perhatikan, jadilah orang pertama yang komentar di artikel seseorang. Tidak hanya bangga, kalian akan lebih banyak dilirik bila komentar Anda menempati posisi pertama.

Baca juga:  Cara Memanfaatkan Blog Zombie dengan Baik dan Benar
  • Membuat diri Anda terlihat menarik
Hal menarik bisa diperlihatkan dari sisi mana saja. Jika dalam hal berkomentar, yang bisa Anda perhatikan adalah panjang dari komentar tersebut, isi komentar, bahasa yang digunakan, dan foto avatar. Panjang komentar jelas memengaruhi menarik atau tidaknya keberadaan kalian di komentar blog orang. Tapi panjang dari komentar isinya haruslah berguna, bermanfaat, dan harus sopan. Jangan hanya karena ingin tampak panjang, isinya malah tidak berfaedah. Bisa saja itu membuat Anda terlihat seperti seseorang yang cerewet.

Foto avatar pun memengaruhi menarik atau tidaknya kalian sebagai pengunjung di blog orang lain. Pasanglah avatar paling menarik, yang Anda sukai, yang mereka sukai, pokoknya semua orang tertarik untuk mengeklik avatar Anda.

Agar lebih lengkap, Anda pun juga harus memerhatikan orang yang berkomentar di blog kalian. Jangan hanya fokus ke blog orang lain untuk dikunjungi, tapi juga orang yang berkomentar di blog Anda.

Kunjungi juga mereka. Berikan komentar terbaik kalian.

Agar lebih mudah pasanglah widget recent coment di blog kalian. Atau cek secara manual di dashboar untuk melihat komentar-komentar baru dari blog Anda.

Tunjukkan pada mereka kehebatan Anda melakukan blogwalking. Buat siapa yang Anda kunjungi tertarik untuk mengunjungi blog kalian tanpa perlu meminta untuk dikunjungi.

Itulah cara melakukan blogwalking yang baik dan benar. Tetap sopan, jaga tutur bahasa, cerdas, menghargai tulisan penulis dan jangan lupa untuk membuat Anda tetap tampak menarik di mata tuan rumah.

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF