21 Apr 2016

Cara Membuat Strategi Pemasaran Menembus Pasar Global

Strategi Pemasaran Menembus Pasar Global

Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Dalam pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan yang ketat mampu unggul dalam tren pemasaran.

Strategi pemasaran dalam bisnis bisa dikatakan penentu dari keberhasilan atau gagalnya sebuah bisnis yang dijalankan oleh perusahaan atau pun perorangan. Apa saja yang sesuai untuk perusahaan akan bergantung pada apakah perusahaan meeupakan pemimpin, penantang, pengikut atau penggarap ceruk di pasar. Terdapat tiga tantangan yang dihadapi pemimpin pasar : mengembangkan pasar, melindungi pangsa pasar dan mengembangkan pangsa pasarnya.

Strategi Pemasaran Menembus Pasar Global

Perusahaan pemimpin pasar harus memiliki kemampuan dalam memasarkan produk atau jasa merupakan hal terpenting sebenarnya dari sebuah produk itu sendiri namun tidak boleh juga mengabaikan dari kualitas sebuah produk yang kita tawarkan.

Strategi pemasaran merupakan pendukung kelancaran berlanjutnya bisnis anda. Memiliki strategi pemsaran yang efektif menjadikan bisnis anda akan mampu bersaing di pasar lokal maupun pasar global.

Pada masa sekarang ini perusahaan tidak dapat lagi hanya memusatkan perhatian pada pasar domestik mereka, betapa pun besarnya ini. Banyak industri yang merupakan industri dunia, dan perusahaan yang ber operasi secara global akan mempunyai tingkat biaya yang lebih randah serta kemasyuran mereka yang lebih luas.

Artikel terkait: Menentukan Target Pasar Untuk Menjangkau Pelanggan Potensial

Tindakan-tindakan proteksi hanya mampu memperlambat masuknya produk-produk unggul cara bertahan terbaik adalah dengan menyerbu seluruh dunia atau pasar global. Sekaligus, pemasaran global mengandung risiko besar karena flutuasi mata uang pemerintah yang tidak stabil, hambatan kaum proteksionis, biaya adaptasi produk dan komunikasi yang tinggi serta beberapa faktor lain.

Namun demikian daur hidup produk internasional memberikan dukungan terhadap gagasan bahwa keunggulan komparatif di banyak industri akan berpindah dari negara biaya tinggi ke negara yang biaya rendah, dan karananya perusahaan tidak dapat sekedar bertahan di pasar domestik dan berharap dapat mempertahankan pasar mereka. Dengan adanya keuntungan maupun risiko dari pemasaran internasional, perusahaan membutuhkan cara yang sistematis untuk mengambil keputusan mengenai pemasaran internasional mereka.

1). Langkah pertama 

Memahami lingkungan pemasaran internasional, khususnya sistem perdagangan internasionoal. Dalam mempertimbangkan pasar asing tertentu, karakteristik ekonomi, hukum politik serta budayanya harus diperhitungkan.

2). Kedua 

Perusahaan harus mempertimbangkan berapa besar proporsi penjualan di pasar asing terhadap sasaran total penjualannya, apakah perusahaan akan melakukan bisnis di beberapa negara saja atau di banyak negara dan negara seperti apa yang aka dimasuki. 

3). Ketiga

memutuskan pasar-pasar mana yang akan dimasuki, dan ini mengharuskan penilaian atas besarnya laba atas investasi yang mungkin dibandingkan dengan tingkat risiko yang dihadapi.

4). Keempat 

Perusahaan harus memutuskan cara memasuki pasar-pasar tadi. Banyak perusahaan yang memulai sebagai pengeksport tak langsung atau langsung dan kemudian beranjak ke cara berikutnya, yaitu lisensi, membetuk usaha patungan dan akhirnya melakukan investasi langsung. Evolusi ini dinamakan proses internasionalisasi.

Selanjutnya, perusahaan harus memutuskan sejauh mana produk , promosi, harga dan distribusi merek mereka perlu disesuaikan dengan pasa-pasar asing secara individu.

Akhirnya perusahaan harus membagun organisasi yang efektif untuk menyelenggarakan pemasaraninternasional. Kebanyaka perusahaan mulai dengan sebuah departemen ekspor dan sampai pada suatu divisi internasional. Ini merupakan langkah maju organisasi global yang berarti bahwa manajemen puncak memikirkan dan merencanakan sautu strategi global untuk perusahaan.

Baca juga: Pengertian Modal Asing Dan Modal Sendiri Sebagai Pendanaan Perusahaan

PT. Sorin Corporation, untuk dapat bersaing secara global, paling harus menyadari empat hal.
  1. Penguasaan teknologi yang memungkinkan menghasilkan produk yang berkualitas. 
  2. Inovasi baik mulai dari kemasan, logistik dan transportasi. 
  3. Melakukan perbaikan terus-menerus dalam berproduksi. 
  4. Keandalan dalam menangani pelanggan sehingga dapat dipercaya.
Demikian pembahasan kali ini semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan pembaca. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan ingin menambahi atau ingin berbagi informasi dengan pengunjung lainnya silahkan berkomentar dibawah ini Terimakasih salam sukses.

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF