17 Jan 2018

9 Tips Optimasi SEO Blog Mendapat Ranking Pertama Google

Mendapat Ranking Pertama Google

Penting sebuah blog atau website untuk mendapatkan peringkat Google karena memang akan berpengaruh pada berbagai aspek dan kelangsungan hidup sebuah situs. Sebagai blogger tentu banyak upaya yang dilakukan agar website tampil dihalaman pertama Google ini dari memaksimalkan konten yang berkualitas, menerapkan teknik-teknik SEO, promosi dan lain sebagainya alasanya adalah hanya satu yaitu meningkatkan traffic pengunjung mereka. Tidak hanya itu saja ketika halaman kita berada pada tempat terbaik yaitu halaman pertama maka akan menjadi penentu paling utama bagi kesuksesan bisnis Anda secara online.

Optimasi SEO Blog Mendapat Ranking Pertama Google

Saat ini persaingan sangat ketat karena memang kita sebagai blogger akan bersaing dengan ribuan pakar SEO yang ada bahkan mereka tak segan untuk menyewa jasa ini. Saking pentingnya mendapatkan peringkat banyak yang berlomba-lomba mencari celah untuk bisa menembus ke rangking satu ini. Tak jarang ada juga yang menggunakan cara yang negative seperti black SEO dan lain sebagainya, pasti ini  akan buruk pada kelangsungan hidup situs tersebut.

Bayangkan saja saking padatnya persaingan ribuan konten segar setiap hari bermunculan dengan berbagai niche dan topik berbeda-beda pastilah akan memadati jagad internet namun jangan kawatir database Goolge sangat besar untuk menampung semua itu. Lalu apakah mungkin kita sebagai pemula website atau blog kita bisa berada di urutan teratas google? Tentu saja bisa tidak ada yang tidak mungkin asal kita konsisten pasti akan bisa berhasil. Walaupun sebagai pemula dengan berjalannya waktu pasti akan berhasil juga. Karena membangun blog itu bukan perkara mudah dan cepat, butuh tenaga pikiran dan waktu luang yang kita sisihkan untuk mengurus blog ini.

Artikel terkait: 8 Cara Meningkatkan Peringkat Google Website Anda (SEO)

Di artikel sebelumnya saya telah banyak membahas tentang seluk-beluk SEO ini walau belum mancangkup semua materi SEO, saya kira sudah memberikan informasi yang cukup mengenai dasar-dasarnya. Lalu apa sih rahasia untuk bisa mendapatkan halaman pertama Google ini?. Nah disini saya akan berbagi teknik dan seting SEO secara terperinci namun akan disampaikan secara Global, berikut Tipsnya:
  • Gunakan Server Terbaik
Faktor yang cukup berpengaruh adalah server yang digunakan saat Anda mendaftarkan dan membeli domain dan hosting maka cobalah cek kualitas yang dimiliki biasaya server international kebanyakan berkualitas usahakan membelinya dari luar. Dengan performa yang berkualitas juga memiliki kecepatan super fast loading dan dukungan security terbaik maka Anda tidak perlu kawatir untuk kualitasnya yang stabil. Jika Anda memang serius ingin terjun di dunia online dan ingin membangun sebuah blog atau website maka pertama perhatikanlah kualitas kinerja server yang akan di gunakan. Karena jika loading saat di akses oleh pengunjung dan ternyata lambat maka bukan tidak mungkin visitor Anda akan DOWN juga. Google secara sermi memberikan rangking SEO untuk website yang speed nya dibawah 1 detik. Recomendasi : Gunakan server jenis VPS / Cloud.
  • Pilih Platform website
Perhatikan platform CMS apa yang akan Anda gunakan saat ini banyak yang bisa digunakan seperti WordPress, Joomla, Drupal dan lain sebagainya. Usahakan yang memang suport dengan SEO karena memang penting untuk pengaturan dan mengoptimasi situs yang Anda miliki, salah satu yang menurut saya mudah dan familiar saat ini dan didukung dengan plugin-plugin SEO friendly dan mudah untuk digunakan adalah WordPress.
  • Pakailah Theme
Tampilan sebuah website juga cukup berpengaruh karena akan menampilkan profesionalitas situs tersebut. Usahakan mencari tamplate yang memang mendukung SEO friendly, simple, code bersih dan Fast Loading, responsive. Karena jika template yang buruk akan berpengaruh pada kecepatan akses ke situs Anda jadi memilih yang terbaik adalah pilihan yang tepat.
  • Install Plugin SEO 
Jika Anda menggunakan WordPress maka penting untuk menginstal plugin pendukung, karena dari plugin inilah Anda bisa memaksimalkan dan mengoptimalkan website Anda. Banyak penyedia plugin ini baik yang premium berbayar maupun yang gratis: All In ONE SEO
  • Buatlah Navigasi yang Mudah
Dengan kelengkapan Navigasi pada website Anda maka akan mempermudah pengunjung Anda. biasanya Navigasi akan sangat di butuhkan ketika pengunjung ingin mencari konten yang di inginkan agar mudah menemukannya. Misalnya sitemap atau daftar isi yaitu situs xml yang berfungsi menampilkan seluruh isi artikel yang dimikili dengan pengaturan sedemikian rupa, disamping itu sitmap ini akan mempermudah supaya Robots Google lebih mudah merayapi situs jika ada perubahan / update konten terbaru.
  • Pastikan Konten Bernilai
Hal paling utama dari sebuah website adalah konten. Ya konten merupakan bagian terpenting banyak yang bilang konten adalah raja. Jadi kita sebagi webmaster harus membuat konten yang memiliki kualitas dan keunikan yang membedakan situs kita dengan situs yang lain, inilah yang akan memberikan nilai tambah pada website Anda. Google juga lebih suka konten yang berkualitas dan juga unik [bukan copy_paste].
  • Tuliskan Keywords (Kata Kunci / Pencarian) 
Untuk memaksimalkan konten memang dibutuhkan optimasi kata kunci yang akan digunakan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan meriset keywords yang akan di targetkan yang relevan dengan artikel atau konten Anda. Meriset kata kunci ini juga bagian teknik SEO yang perlu dilakukan pemilik situs untuk memaksimalkan kontennya. Dalam penerapanya Anda bisa menambahakan pada bagian : Judul, meta deskripsi, awal konten, tengah konten , alt gambar, sub heading [h2/h4] dan akhir konten.
  • Daftarkan Blog 
Kemudian mendaftarkan di berbagai webmaster tool seperti Google, Bing dan lain sebagainya. Hal ini agar mempermudah peng-index-an website Anda. Selain itu didalam webmaster tool ini memiliki fungsi yang banyak yang bisa kita gunakan dan manfaatkan untuk mengontrol website yang dikelola.
  • Jangan Buat Spam 
Membuat spam adalah hal negative untuk website kita selain tidak di sukai Google, Spaming tidak ada nilai tambah pada situs kita malah akan merugikan. Misal saat kita membangun backlink perhatikan peringkat situs yang akan Anda gunakan sebagai Backlink, Jika ingin membeli maka pertimbangkan dulu jangan menyebarkan link secara masal karena ini akan sangat berpengaruh negative usahakan misal 5-10 backlink berkualitas dengan peringkat terbaik ini akan memberikan solusi yang terbaik di bandingkan menyebar 100-1000 backlink perhari. Atau share ke sosial media secara masal / acak. Paling tebaik adalah pencarian organik karena memang berkualitas.

Baca juga: Cara Mencari Backlink Berkualitas & Gratis Dengan Linksearching
Jika Anda ingin terjun di dunia bisnis online maka sebaiknya menggunakan WordPress selain dukungan berbagai macam plugin SEO WordPress sangat mudah digunakan untuk mendapatkan peringkat pertama Google. WordPress adalah cms SEO terbaik saat ini.
Bagaimana sudah ada gambaran tentang Optimasi SEO saya harap demikian. Nah, jika sudah mendapatkan tipsnya, Anda bisa menerapkan kepada bisnis yang saat ini sedang Anda jalani. Anda juga bisa menerapkan untuk website bisnis yang sedang Anda bangun. Selain itu Andapun bisa menggunakan beberapa teknologi untuk memaksimalkan website Anda, mulai dari kecepatan dan keamanan website. Web Accelerrator akan membantu Anda mendapatkan website yang bisa diakses 10x lebih cepat.

Sekian pembahasan kali ini tentang Permasalahan Usaha Kecil Dan Menengah yang mungkin di jumpai oleh pengusaha. Semoga tips SEO ini bisa membantu kamu yang lagi cari tau tenteng cara SEO yang aman sehingga bisa menjadikan website bisnis semakin mantap secara SEO, Anda sebagai blogger, pemilik perusahaan, jualan online pasti akan mencari cara bagaimana agar blog berada di urutan teratas google. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

1 komentar

Website Development is among the fastest and simplest tools to create an operational website within a matter of minutes. All one needs to do is install WordPress that is, in reality, a free blogging platform and start customizing its look to suit your requirements. If exploited in the right form, it plays a crucial role in your internet marketing effectiveness and your overall business growth. Best website development

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF