1 Apr 2018

Cara Menghadapi Konsumen yang Marah terhadap Bisnis Anda

Menghadapi Konsumen yang Marah

Ada banyak faktor yang mempengaruhi sukses tidaknya suatu bisnis. Tentu saja bukan hanya modal saja yang berpengaruh, akan tetapi masih banyak kendala lain yang mungkin akan di jumpai oleh pelaku usaha baik itu dari dari internal maupun dari eksternal yang sering dihadapi oleh pebisnis tersebut. Berisnis memang selalu begitu ada kalanya dipuncak ada juga yang terjun bebasa mendekati kegagalan. Namun perlu di ingat bahwa pada dasarnya konsep kegagalan itu tidaklah ada yang ada belajar atau sukses. Kendala-kendala inilah yang sebenarnya bisa dipelajari dan dimanfaatkan sebagai kekuatan oleh perusahaan.

Bagaimana Menangani Konsumen yang Marah

Setiap bisnis hal yang paling penting adalah konsumsn atau pelanggan. Ya benar pelanggan adalah faktor yang akan menentukan sukses tidaknya sebuah bisnis. Semakin banyak konsumen yang menggunakan produk atau jasa yang perusahaan Anda miliki tentunya semakin sukses dan besar bisnis yang Anda miliki. Tentu saja dari produk atau jasa yang Anda beruikan kepada pelanggan akan selalu ada yang puas dan juga ada yang kurang puas bahkan tidak puas terhadap produk atau jasa yang Anda berikan tadi. Semakin puas pelanggan atau konsumen yang Anda layani maka bukan tidak mungin mereka akan terus menggunakan bahkan akan menjadi pelanggan yang loyal terhadap bisnis Anda.

Artikel terkait: Pengertian Service Excellence Dan Mengapa Penting Bagi Perusahaan

Namun bagaimana jika sebaliknya yaitu pelanggan yang tidak puas dan bahkan marah terhadap bisnis Anda. Ketidak puasan pelanggan atau konsumen inilah yang juga sering menjadi kendala bagi perusahaan Anda dan memang akan memberikan dampak yang cukup besar jika tidak ditangani dengan sebaik mungkin juga segera. Nah yang paling ditakuti oleh perusahaan-perusahaan adalah ketidak nyamanan konsumen kemudian mereka menyebarkannya ke khalayak banyak tentu saja akan berdampak yang sangat masive terhadap kelangsungan bisnis Anda, Apalagi jika sudah tersebar di internet dan atau keluhannya sudah tersebar di media sosial pasti ini sangat merugikan.

Oleh sebab itu jangan pernah meremehkan bahkan mengabaikan keluhan pelanggan atau konsumen yang Anda miliki. Bahkan jika perlu saat Anda atau karyawan Anda mengetahui ada pelanggan yang merasa tidak puas terhadap pelayanan yang perusahaan Anda berikan, maka sebaiknya untuk segera memberikan solusi yang tepat. Bahkan jika sampai terlalu tinggi intensitas ketidak puasan pleanggan maka jangan sungkan untuk memberikan bunga atau voucher sebagai bentuk antusias Anda terhadap pelanggan sebagai permohonan maaf. Apalagi jika Anda sendiri yang mengantarkannya tentu saja pelanggan akan terkejut, bahagia, dan bahkan mengapresiasi bentuk layanan Anda, ini adalah tanggapan yang luar biasa dari sang pemilik bisnis.

Dari sini kita dapat mengambil poin bahwa pelayanan prima terhadap konsumen sebagai prioritas perusahaan Anda. Pernah mendengar istilah tentang konsumen adalah raja, benar sekali saking pentingnya konsumen ini sampai-sampai di ibaratkan sebagai raja yang perusahaan harus memberi pelayanan terbaik dan menyediakan terbaik pula kepada pembeli atau konsumen, alasanya karena merekalah yang akan menentukan hidup mati suatu perusahaan. Nah untuk memberikan pelayanan prima ini  berikut hal sederhana namun efektif yang dapat dilakukan untuk mengatasi komplain kunsumen terhadap produk atau jasa yang Anda berikan:

1). Sesegera mungkin untuk tanggap pada respons negatif

Pada dasarnya memang setiap pengusaha atau perusahaan tidak akan lepas dari yang namanya melakukan kesalahan pada pelanggan. Untuk itu respon yang cepat untuk tanggap inilah yang membedakan perusahaan satu dengan yang lain, karena tak jarang juga perusahaan mengabaikan hal-hal kecil yang di anggap sepele. Maka dari itu dengan memberikan tanggapan yang cepat ini akan menunjukan bahwa perusahaan telah menunjukkan tanggungjawabnya terhadap kekecewaan yang dialami konsumen tersebut.

Apalagi jika memberikan pelayanan yang terbaik maka konsumen akan merasa mereka dihargai dan mereka para konsumen akan memaklumi kesalahan yang terjadi dan dengan cepat mereka akan memaafkan Anda. Yang perlu di ingat bahwa semakin cepat penangananya maka semakin baik pula kualitas layanan yang perusahaan Anda berikan. Jangan sampai mereka melampiaskan dan mencurahkan kekesalanya ke media sosial yang sangat cepat penyebarannya yang akan sangat merugikan.

Baca juga:  Definisi Dan Pengertian Loyalitas pelanggan

2). Tetap ramah dan santun pada pelanggan

Disini kesan pertama sangatlah diperlukan jadi sebisa mungkin untuk menunjukkan antusias perusahaan Anda untuk memberikan solusi yang terbaik kepada konsumen. Dengan cara inilah yang akan memberikan kesan bahwa perusahaan Anda adalah perusahaan yang profesional dan tentunya dapat dipercaya oleh konsumen. Gunakan bahasa formal tapi ramah saat merespons tanggapan negatif dari konsumen sehingga mereka akan merasa nyaman dan tenang.

Jika Anda ingin membangun bisnis dan bertahan lama yang pelanggan atau konsumen Anda tidak meninggalkan dan memilih perusahaan yang lain, maka Anda harus bisa mengubah ketidakpuasan konsumen yang Anda menjadi pengalaman yang menyenangkan. Fokuslah untuk memberi layanan  terbaik bahkan bisa disebut pelayanan prima.

Kemudian juga yang tak kalah penting adalah bagaimana perusahaan Anda bisa memenangkan hati konsumen. Hal ini memang tidak akan mendatangkan untung besar dalam waktu sekejap untuk perusahaan yang Anda miliki. Akan tapi itu dapat menjaga bisnis Anda tetap berjalan dalam jangka panjang dan bahkan mereka (pelanggan) tidak akan meninggalkan perusahaan Anda.

Sekian pembahasan kali ini tentang Tips dan Trik Menghadapi Konsumen yang Marah. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)
EmoticonEmoticon

IBX5B3511E25E8EF